Friday, October 16, 2020

Kelas Blog Online dengan Mentor Prita HW


Punya blog? Bingung mau optimasi? Bingung cara meningkatkan traffic page yang kita buat? Kelas Blog Online dengan mentor Prita HW menjadi solusi untuk kita. Seperti di preview blogging class ini. Semua bermula dari rasa penasaran bercampur bingung, jadinya bias. Ya,  sudah agak lama  mencurahkan ide, ataupun aktivitas ke blog sederhana (standar bawaan).

 

Kemudian banyak muncul pertanyaan dalam diri, yang membuat saya berpikir, bagaimana bisa meningkatkan traffic ketika nanti sudah membuat blog? Apa saja yang harus dilakukan biar bisa menjadi blogger pro, bagaimana caranya dan yang PALING saya khawatirkan SIAPA yang mau jadi MENTOR? Ini dia rasa penasaran campur bingung. Satu sisi ingin exist sebagai pro blogger dan menebar manfaat dengan tulisan sebagai blogger, sisi lain tak ada pengalaman untuk kesana.


Waktu berselang, di salah satu group WA ada flyer Preview Blogging Class Batch 2. Tak hanya itu, preview Kelas Blog Online juga free. Wow...menarik. Siapa yang tidak tertarik coba? Preview Kelas Blog Online selama 2 jam lebih diberikan gratis. Sayapun segera mendaftarkan diri untuk mengikuti kelas preview ini. 


Apa Tujuan Kita Nge-blog?

Kelas Blog Online


Saat menunggu waktu sempat bertanya-tanya siapa sih Prita HW. Meskipun disana tertulis pro blogger. Sambil menunggu kelas yang masih beberapa hari lagi, semakin hari semakin bertambah rasa penasaran, dan rasa ingin tahu siapa sih dia sebenarnya. Muncul Big Question "Who is she?".


H-1 muncul group baru di whatsapp group, yang tak lain, tak bukan adalah group Preview Blogging Class Batch #2 yang DIBERIKAN GRATIS, saya ulangi diberikan gratisi. Dan sangat bersyukur bisa masuk group Preview Blogging Class The Jannah Institute. Malam itu berharap segera mendapatkan jawaban atas rasa penasaran selama masa penantian. Masa dimana hati ini terombang-ambing, masa dimasa saya harus menebak sosok yang akan menjadi Nara Sumber dalam Preview Blogging Class.


Rabu, 30 September 2020, waktu yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Semua sudah stay tune di dalam kelas. Kelas dimulai dengan perkenalan oleh nara sumber, Prita HW yang merupakan Founder The Jannah Institute. Setelah sekilas memperkenalkan diri, kini secara bergantian, setiap peserta diminta untuk saling mengenalkan diri. Seperti biasa, dalam perkenalan kita memperkenalkan diri dengan menuliskan nama, domisili, akun instagram, dan juga blog (jika sudah memiliki). 


Pada malam itu, point yang paling berkesan dalam perkenalan ini adalah ketika setiap peserta Preview Class diminta untuk menuliskan goals mengikuti Preview Blogging Class.  Sempat bingung harus jawab apa, tapi setelah melihat kembali kenapa saya ikut kelas preview Blongging ini saya, segera saya tuliskan di dalam perkenalan itu. Mau tau apa goals saya mengikuti Preview Class Blogging yang diselenggarakan The Jannah Institute? Jawabannya sederhana,”Saya ingin optimalkan blog dan mengenal lebih tentang blog”. Terus terang ini dilakukan karena selama ini (beberapa tahun lalu.red) sudah pernah membuat blog. Namun kemudian terbengkalai. Dibiarkan begitu saja. Kenapa? Karena tidak tahu bagaimana mengoptimalkan. Tahunya hanya menulis, memposting, sesuai dengan panduan yang dibaca dari artikel. Sama sekali tidak tahu bagaimana seluk beluk optimasi blogging. Singkat cerita, acara perkenalanpun selesai.


Tepat Pukul 07:37 kelas inti dari Preview Blogging-pun dimulai. Dimulai dengan penampilan Profile The Jannah institute atau TJI sebagai sebuah learning center softskill di Kabupaten Jember, khususnya untuk public speaking, writing, photography. Setelah sekilas The Jannah Institute, dilanjutkan dengan Aturan Main Preview Blogging Class Batch 2, yang poin utamanya adalah SEMUA AKTIF. Ya, setiap peserta diarahkan untuk proaktif selama kelas berlangsung.


Masih dalam pembukaan, presentasi dilanjutkan dengan pengenalan siapa sebenarnya mentor malam itu. Apa aktivitasnya, apa saja yang sudah dilakukan, dan prestasi-prestasi. Saat disajikan profil sekilas perempuan kelahiran Jember ini saya dibuat  terkagum dengan pengalaman, prestasi, dan tentunya dengan kegigihannya dalam berproses menjadi seorang professional blogger. Pengalaman kerja sebagai manager di perusahaan multinasional, dan uga mengantongi sertifikasi fasilitator pendidikan dan pelatihan UMKM sejak 2019 dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Udah segitu aja? No..no..no.. Ternyata dia juga mengampu beberapa kelas komunikasi tertulis atau menulis story telling.

 

Pengalaman segudang, perjalanan penuh perjuangan juga  mengantarkannya sebagai profesional blogger. Diantaranya masuk 100 nominasi diary hijaber blog competition bersama blogger perempuan, 50 besar wardah blog competition 2016, Juara 3 Jakarta Night Journey Blog Competition 2016, Best blog post review Love and 02 2016, Dan beberapa nominasi lainnya hingga 2020. Terbaru 2020 masuk dalam nominasi 10 Blog terbaik Lomba Review Vitalis Body Wash. Banyak sekali bukan? Dan semua itu menjadikan saya semakin yakin sudah berada di jalan yang benar untuk mewujudkan mimpi sebagai pro blogger.


Preview Blogging Class Batch 02 

Preview Blogging Class Batch 02 bukan sekedar memberikan preview dan selesai, namun lebih dari itu peserta dibuat terlibat aktif di dalam kelas. Kelas preview tapi peserta seakan sudah menjadi peserta mentoring kelas blogging. Pada kelas ini peserta diarahkan kepada apa tujuan nge-blog, apa yang dihasilkan dari nge-blog?, Mengenal platform blogspot dan wordpress, Penjelasan tentang domain dan hosting, hingga alasan kenapa blog kita perlu di upgrade dengan domain khusus misal .com. Secara garis besar Preview Class mencakup materi-materi di atas yang disampaikan dengan atraktif dan menarik. Tidak hanya share text, tapi juga pictures, voice Notes, bahkan Video untuk memudahkan peserta memahami materi yang disampaikan. 


Tak cukup sampai disitu. Kelas preview ini juga memberikan peserta pengalaman bagaimana membuat sebuah blog dengan paltform blogger yang tentunya diikuti dengan penjelasan secara panjang lebar mengenai dashboard yang ada pada blogger. Mulai dari fitur comment, page, layout, theme, hingga setting. Yang jelas, yang bikin menarik di kelas preview ini Prita HW selaku Narsum tidak pelit informasi. Ketika peserta bertanya langsung diberikan jawaban yang merupakan solusi atas apa yang dipikirkan oleh para peserta selama ini. 


Saya sempat berpikir, ini kelas preview atau sudah masuk kelas mentoring yang berbayar? Secara preview yang diberikan betul-betul detail dan menyeluruh. Diakhir kelas preview setiap peserta diberikan tuga untuk membuat review dari kelas ini. Luar biasa kan? Mau perpisahan aja masih dikasih perhatian :D. Akhirnya sayapun memantapkan untuk mengikuti Blogging Class yang diselenggarakan The Jannah Institute dengan dimentori langsung oleh Prita HW dengan mengambil paket bundling untuk earlybird, dengan diskon khusus bagi yang mengikuti kelas preview. Tak hanya itu, mereka juga menyediakan giveaway, dengan  tambahan discount bagi peserta preview blogging class yang reviewnya terpilih oleh admin dan nara sumber.  Alhamdulillah, paket bundling yang saya ambil bisa sempurna. Completely cheap karena terpilih sebagai pemenang giveaway. Thanks ya Kelas Blog Online dan Prita HW akhirnya saya bisa membangun domain ini.

Kelas Blog Online

Basic Blogging Class Batch 02 

Episode Kelas Blog Online Basic diselenggarakan beberapa hari setelah kelas preview diberikan, tentunya tidak semua yang di kelas preview bergabung di Kelas Blog Online Basic ini. Hanya mereka yang mau dan berminat saja yang mengikuti kelas ini. Seperti biasa, kelas dimulai dengan perkenalan agar tidak ada kecanggungan interaksi selama kelas berlangsung. Pada kelas Basic ini, peserta kembali diajak untuk membangun personal branding karena berkaitan dengan tema yang akan dibangun pada blog masing-masing. Pada awal sesi, nara sumber kembali mengingatkan peserta untuk menyediakan alamat blog mereka. Bagi yang belum memiliki blog, mereka dipandu bagaimana memulai membuat akun blogger.com. Sebelum masuk kemateri inti, peserta juga diberikan materi tentang Mengenal Dunia Blogging dan Manfaatnya sebagai pemanasan bagi peserta untuk lebih memahami kembali arah blog yang akan dibuat.



Pada Kelas Blog Online Basic ini tak hanya dimentori Prita HW, namun juga didukung oleh rekan kerja sekaligus pasangan hidupnya, Nana W, seorang freelance, photographer dan graphic designer. Pada kelas ini peserta dipandu langsung bagaimana membuat blog, mengganti template design, mengganti header , memasang informasi dan atribut lain pada sidebar, cara mengganti link sosial media, serta menentukan menu-menu sesuai tema blog yang dibangun.

 

Bagian yang cukup menantang adalah dalam custome template yang dipilih oleh peserta sesuai dengan brand yanga akan dibangun. Disini membutuhkan ketelitian karena juga berhubungan dengan bahasa pemrograman/ coding. Proses yang membutuhkan waktu dan kesabaran termasuk, kedua nara sumber yang selalu setia membantu dan mendampingi para peserta yang mengalami kesulita dalam membangun blog mereka.  Hingga tahap ini (basic) peserta sudah bisa membangun blog, melakukan custom template dan tentunya mengisi dengan post-post sesuai tema pada menu yang dibangun. Bagi mereka yang ingin tahu dan memahamai bagaimana optimasi blog yang dimiliki maka disediakan kelas lanjutan untuk Kelas Blog Online Intermediate,

dengan mentor Prita HW

Intermediate Blogging Class Batch 02

Pada Kelas Blog Online Intermediate ini, kelasnya jauh lebih seru lagi. Kini semakin menjurus pada tahap penting dalam membangun dan menjalankan blog yang kita miliki. Kali ini Prita HW selaku Founder Kelas Blog Online berbicara tentang “Menulis konten blog yang mendatangkan traffic”. Sekilas dalam pemikiran saya hanya dilakukan dengan menulis tema-tema yang menarik untuk dibaca oleh para pembaca di luar sana. Namun yang saya pikirkan hanya sedikit benarnya, karena ternyaa ada banyak hal yang harus dicermati agar tulisan, blog kita bisa memiliki traffic yang baik.


Di kelas intermediate ini para peserta dijelaskan tentang Search Engine Optimization, atau umumnya dikenal dengan SEO. Mereka dikenalkan proses bagaimana membangun konten blog untuk google (SEO), mulai dari penetapan keyword yang tepat. Sebagai blogger kini tak hanya menulis saja, namun harus bisa mengoptimalkan banyak hal yang bisa digunakan untuk menunjang konten post kita. Seperti photography untuk mendukung tambilan blog, fitur video untuk memudahkan pembaca dalam memahami lebih. Yang paling menyenangkan juga, di kelas ini kita dibimbing bagaimana membuat Creative Content dengan contoh langsung dari konten-konten yang sudah dimiliki, dan pernah dibuat oleh mentor, dalam hal ini Prita HW. 


Banyak hal yang juga dibahas dalam kelas intermediate ini, tentunya ga bakalan selesai ditulis hanya dalam 1000 kata, bisa lebih, bahkan bisa jadi buku. Penasaran? Langsung kunjungi Kelas Blog Online atau Prita HW untuk tahu lebih atau untuk mendapatkan bimbingan langsung. Cerita ini hanya sekelumit review terkait kelas yang saya ikuti. Akan lebih menarik, lebih OKE kalau kalian ikutan langsung Kelas Blog Online yang diselenggarakan The JannahInstitute. Jangan menunda ya, kesempatan baik datangnya ga berkali-kali. Ayahugi

9 comments:

  1. Lengkao banget Ayah Ugi... Jago Story Telling nih. Sangat menginspirasi.

    Saling berkunjung ya...
    kulomaul.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mantap, iya betul story tellingnya berasa nih. Lumayan panjang ya, krn diceritain dr preview, basic, sampe intermediate 😁 terimakasih sdh memilih kelas blog TJI ya mas. Maju terus buat jadi pro blogger!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar dari coach Priya HW. Siap untuk bimbing terus ya ka

      Delete
  3. Naturally...terbawa arus baca artikel ini. Barakallah pak

    ReplyDelete
  4. Keren.. detail banget mas. Baca postingannya bikin aku makin nyesel jadinya ga ikut kelas basic.

    web nya juga udah pro banget ini mah.. keren.

    ReplyDelete
  5. Ayah Ugi tulisannya rapi dan story telling banget. Gak ada niat bikin buku, Mas? Hehehe. Sukses terus yaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana dah banyak...haha. tinggal realisasinya belum. Butuh research

      Delete