Tuesday, October 27, 2020

New Normal dan Hari Blogger Nasional

Apa Blog dan Manfaatnya?

Hari Blogger Nasional


Hari blogger nasional pertama kali diselenggarakan pada 27 Oktober 2007. Pertama kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Muhammad Nuh.Sebenarnya apa sih blog itu? Dalam Collins disebutkan pengertian blog sebagai berikut:

A blog is a website where someone regularly records their thoughts or experiences or talks about a subject (CollinsDictionary). 
Secara lepas dapat diartikan bahwa sebuah blog merupakan website dimana seseorang secara teratur merekam/menuangkan pikiran, pengalaman, mereka atau membicarakan tentang suatu hal.

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa blog berisi tulisan yang ditulis oleh seseorang baik membahas suatu hal atau topik, membagikan pengalaman, atau sebagai wadah untuk menuangkan pikiran.


Manfaat Blog

Blog yang dibangun oleh para blogger banyak menyediakan informasi bagi para pembaca. Tentunya informasi yang ada sangat memudahkan dan memberikan manfaat kepada pembaga. Misal saja, pembaca sedang kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang suatu lokasi wisata, bagaimana menuju lokasi, menginap dimana, dengan mengakses informasi secara daring pembaca bisa mendapatkan informasi dengan lengkap, tanpa banyak membuang waktu. Dengan adanya blog yang dibangun para blogger, pembaca tak perlu lagi mencoba-coba suatu hal untuk mendukung perjalanan mereka. Sebagai contoh, tak perlu buang uang untuk mencari makanan yang recomended ketika di suatu daerah. 


Blog, Blogging, dan Blogger 

Berbicara tentang blog, tentu juga berbicara tentang blogging dan blogger. Apalagi nih? Apa bedanya "Blog, Blogging dan Blogger". Agar tambah terlihat jelas perbedaan antara ketiganya akan dijelaskan dibawah.


1. Blog

A blog is a website where someone regularly records their thoughts or experiences or talks about a subject (Collins Dictionary) 

Pengertian blog diatas menjelaskan kepada kita bahwa blog merupakan website dimana seseorang secara teratur merekam/menuangkan pikiran, pengalaman, mereka atau membicarakan tentang suatu hal. Sesuai dengan pengertiannya blog tidak hanya menyediakan informasi tentang gaya hidup, pekerjaan, resep, pengalaman, bahkan panduan. 

Tak hanya itu, blog yang ada, juga banyak menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas keluarga, pendidikan ataupun pekerjaan di era new normal ini. Manfaat blog bagi keluarga diantaranya memudahkan para ayah, bunda, ataupun anggota keluarga untuk mengakses informasi yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sehari-harinya. Mulai dari urusan dapur, urusan kreasi di rumah, hingga urusan pendidikan anak. 

Keberadaan blog sangat membantu para orang tua dalam mendapingi anaknya untuk belajar di rumah secara online. Saat orang tua tidak memahami tentang suatu topik pembelajaran yang tentunya ini akan memudahkan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar. Begitu banyak informasi pendukung kegiatan pembelajaran yang bisa didapatkan orang tua saat menjadi tutor bagi anaknya dalam menyelesaikan tugasnya. 

Blog sendiri terbagi dalam beberapa jenis blog diantaranya blog pribadi yang isinya bebas tergantung pemiliknya mau menulis apa saja, misal aktivitas keluarga, perjalanan keluarga, dll. Blog profesional, sesuai namanya blog ini biasanya memiliki konten khusus yang menjadi spesialisasinya seperti hanya membahas tentang blogger, Digital Marketing, dll. Jenis berikutnya yaitu blog bisnis, blog yang dibangun untuk mendukung bisnis sebagai contoh ketika memiliki toko online pemilik toko membangun blog yang berisi informasi berkaitan dengan produk yang dimiliki seperti perawatan produk, mengetahui asli dan tidaknya produk, dll.


2. Blogging

Pada poin nomor 1 (satu) tentang blog sudah dibahas tentang blog, apa isi dan manfaatnya, dan jenis - jenis blog, pada poin 2 (dua) akan dibahas tentang blogging. Apa sih blogging? Blogging ditujukan kepada aktivitas untuk menunjang blog itu sendiri yang meliputi menulis, mengelola dan membagikan konten yang dibuat. 


3. Blogger

Blogger, kalau ada kata dengan akhiran "er" dibelakangnya dalam bahasa inggris biasanya menjelaskan tentang pelaku (doer). Blogger berarti orang yang melakukan aktivitas blogging untuk suatu blog. Bapak Blogger Nasional, Enda Nasution secara sederhana menuliskan blogger adalah editor dari sebuah blog. Buat pembaca yang ingin tahu lebih tentang blog, dan sejarahnya bisa memperdalamnya disini.

Mari jadikan momen Hari Blogger Nasional untuk saling menguatkan di era new normal. Manfaatkan informasi yang ada dengan bijak, serta untuk mendukung setiap aktivitas, baik aktivitas keluarga, sekolah, ataupun aktivitas kantor. ayah ugi

No comments:

Post a Comment