Thursday, March 4, 2021

Jadilah Orang yang Memiliki Visi dan Misi

pekerjaan impian
Training Persiapan UAN SMPN 11 JEMBER
Setiap orang memiliki impiannya masing-masing untuk masa depannya. Dalam kehidupan sehari-hari orang mengenalnya dengan cita-cita. Setiap orang berusaha keras untuk mencapai impiannya. Apapun yang mendukung kompetensi diri akan diikuti. Kapasitas akan terus dikembangkan agar dapat mempermudah jalan mewujudkan impian.

Saya termasuk salah satu orang yang berusaha untuk mengejar impian itu. Menjalankan setiap proses, dan menikmatinya, meskipun tidak mudah. Memiliki impian menjadi trainer for students dan sebagai entrepreneur adalah bagian dari visi hidup saya.

Saya sangat mengingat satu perkataan seseorang yang menjadi cambuk bagi saya. Saat itu, selepas SMK saya bersama beberapa teman berusaha untuk ikut berjuang dengan goresan pensil untuk bisa mewujudkan cita-cita. Beberapa hari setelah SMPTN semua terlihat lunglai melihat pengumuman yang ada. Semua gagal untuk masuk perguruan tinggi. Semua kembali ke rumah masing-masing. Saya bersama dua teman kembali ke masjid tempat biasa kami berkumpul.

Di masjid inilah saya dan teman-teman aktif dalam kajian keislaman, kegiatan pelatihan-pelatihan, AMT (Achievement Motivation Training,dan lain-lain. Tepat setelah selesai ujian, seseorang bertanya bagaimana hasil yang kami capai. Saya dan teman-teman pun menyampaikan apa adanya bahwa kami tidak lulus. Diluar dugaan, kata yang dikeluarkan orang itu sangat menampar. Bahkan menjadi cambuk bagi saya dan teman-teman. Inilah ucapan singkat yang kemudian menjadi penyemangat bagi saya untik berubah. "Gitu kalau orang-orang ga punya visi." ucapnya dihadapan beberapa orang.

Sejak saat itu, saya dan dua teman saya mendatangi orang itu. Meskipun sakit hati ini saat mendapaykan ungkapan itu. Namun kami berpikir, ada benarnya dari apa yang diucapkan orang itu. Saya dan teman-teman meminta untuk diarahkan membuat visi dan misi bersama-sama. 

Saya sangat ingat dimana tempat pertama kali saya menuliskan visi dan misi hidup. Tahun 2004 itu menjadi tahun perubahan bagi saya. Sejak saat itu saya mulai menjalankan misi untuk dapat mencapai visi. Memang tak mudah, butuh perjuangan.
 
AMT
AMT SMPN 11 Jember
Setelah beberapa tahun, tepatnya tahun 2011, Visi menjadi seorang trainer itu tercapai. Memberikan pelatihan leadership bagi pengurus OSIS di SMA Negeri 2 Jember bersama beberapa teman yang merupakan alumni ESQ Training. Kemampuan berbicara di depan publik (Public speaking terus ditingkatkan). Sejak saat itu, setiap malam kami bertemu, berdiskusi, saling memberikan masukan terhadap kekurangan masing-masing. Tak bisa bertemu malam hari, maka pagi atai siang hari harus bertemu.

Dari waktu ke waktu terus bertransformasi, hingga terbentuklah sebuah wadah yaitu YM (Youth Motivation), yang kemudian seiring bertambahnya materi training kembali bertransformasi dan berubah nama serta logo menjadi YES (Youth Empowerment Solution). Saya sangat bahagia bisa mencapai apa yang diimpikan sejak lama.

oksigen training
Peserta Training 1000 Mahasiswa
Puncaknya, dalam sehari saya dan kedua teman saya harus memberikan Training Motivasi bagi 1000 mahasiswa Universitas Abdurrahman Saleh, Situbondo dalam sehari. Sungguh pengalam baru bagi kami, sehari berbicara di depan 1000 mahasiswa/mahasiswi. 

Secara bergantian, saya dan teman menyampaikan materi dihadapan peserta yang dikemas menarik dan atraktif serta melibatkan seluruh peserta. Hingga Tahun 2020, lebih dari 5.000 pelajar, dan mahasiswa telah menjadi alumni dari YES (Youth Empowerment Solution), yang saat ini telah bertransformasi menjadi Oksigen Training & Consultant. Alumni tersebar di beberapa sekolah dari tingkat SMP, SMA/SMK/Sederajat,serta beberapa pergiruan tinggi di Kabupaten Jember. Tak hanya sekolah, training dari Oksigen Training Motivation juga dirasakan oleh para santri pondok pesantren.

Visi menjadi seorang Trainer dan Enterpreneur masih menjadi PR besar bagi saya. Utamanya dalam membangun dan menjalankan misi untuk dapat mencapai visi yang ditetapkan, yaitu menjadi seorang enterpreneur. 

Saya berharap, Visi jangka panjang sebagai seorang enterpreneur ni dapat terwujud segera agar dapat menjadi seorang enterpreneur dengan kepedulian sosial yang tinggi pada semua orang tanpa terkecuali.


14 comments:

  1. Tulisan yang sangat menginspirasi, Kak. Terkadang pujian justru bisa melenakan. Sebaliknya, perkataan pedaslah yang bisa menjadikan cambuk untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, meskipun di awal begitu terasa tidak nyaman, namun ketika direnungkan itu hal yang benar.

      Delete
  2. Benar banget, mustahik kita bisa berhasil tanpa misi sesederhana apapun misi itu. Misi membuat lebih fokus untuk mencapai tujuan. Sukses terus buat pak Ugi, mudah mudahan misi besarnya tercapai. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...terima kasih doa dan penyemangatnya

      Delete
  3. Inspiratif sekali kisahnya Pak. Memang visi diperlukan untuk mencapai tujuan. Tanpa visi hidup akan terombang-ambing tak tentu arah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mom, visi dan misi harus dibuat untuk menentukan langkah ke depan.

      Delete
  4. Visi begitu penting, bersyukur saat mendapatkan orang yang bisa menjadikan diri menjadi memiliki arah.

    ReplyDelete
  5. Hidup memang perlu menemukan tujuannya dalam bentuk visi misi. Supaya kita tidak menyia-nyiakan hidup yang sementara ini dan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak Nieke. Kalau tanpa tujuan seakan sudah mengisi hidup, ternyata ketika dilihat belum berbuat apa apa.

      Delete
  6. Wah setuju. Dengan visi misi yg jelas hiduo jd lebih terarah dan fokus sama tujuan kita jd gak usah bandingin dg pencapaian orang lain hihi

    ReplyDelete
  7. Salut dengan visi dan misi menjadi seorang trainer dan entrepreneur. Kalau semua generasi muda memiliki visi seperti ini, Insha Allah banyak mendatangkan energi positif ya kak

    ReplyDelete
  8. Luar biasa pencapaiannya Kak. Selamat ya sudah berhasil berjuang meraih visi, dan terus berinovasi ke arah yang lebih baik sesuai perkembangan zaman. Semoga makin keren, sukses dan berkah. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

    ReplyDelete
  9. Awal mula pencapaian pencapaian selanjutnya dalam hidup adalah karena mau menerima kritik saran dr luar ya pak ugi. Keren pak

    ReplyDelete
  10. setuju banget mba, kita memang harus jadi orang yang punya tujuan visi dan misi yang jelas, agar hidup kita lebih terarah

    ReplyDelete