Sunday, October 11, 2020

Dari Ayah Anak Belajar

Dari ayah anak belajar

Dari ayah anak belajar keberanian, memimpin keluarga, mengendalikan diri, dan kuat. Ayah
 mungkin tak pernah kita sadari bahwa setiap tingkah polah, gerak, perilaku kita diperhatikan dan diamati oleh anggota keluarga.


Saat kita salah, istri akan menegur kita. Kenapa demikian? Karena istri tahu kita salah. Kok bisa? Bisa lah... Karena selama ini istri selalu memperhatikan, mengawasi, bahkan menvoba mengerti setiap oerilaku suami. Ketika ada yang salah, istri akan sadar ada yang berubah dari sosok suami yang selalu bersamanya. Sehingga dia mengingatkan kita, para suami ketika salah.


Lantas apa hubungannya dengan ayah dan anak? Hubungannya sangat erat, bahkan seringkali tidak kita sadari. Kita marah di depan anak-anak kita, yang itu bisa berpengaruh pada perkembangan dan pembentukan karakter anak itu. Anak kita bisa jadi menjadi anak pemarah, anak yang tidak terkontrol. Bukan karena apa, tapi karena terlalu seringnya mereka melihat kejadian tidak baik terjadi di depan mereka. Ini baru satu hal yang terjadi, bagaimana dengan hal tidak baik lainnya yang teramati atau terlihat oleh anak-anak.


Sehingga, dengan demikian tak ada pilihan dalam keluarga selain terus berbuat baik, berperilaku sebagaimana mestinya. Misal dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk sholat berjamaah, sosok ayah tetap berani ketika terjadi pemadaman listrik, bisa menahan amarah dan meredamnya. Intinya bagaimana ayah menjadi teladan bagi anak-anak, menjadi buku berjalan bagi mereka. ayah ugi

No comments:

Post a Comment