Tugas Ayah

Post a Comment


Tugas ayah dalam keluarga sangat penting kedudukannya. Ayah memiliki peran dan tugas yang tidak bisa dianggap sepele. Ayah bukan sekedar menjadi status, menjadi gelar yang diberikan ketika orang sudah menikah, dan memiliki anak.

Perjalanan menjadi seorang ayah sangat panjang. Membutuhkan ketekunan, membutuhkan kesabaran, membutuhkan keikhlasan, dan kesabaran dalam berproses untuk menjadi seorang ayah. Mengapa demikian? Karena seorang ayah bukanlah sosok yang jadi begitu saja. Ada waktu yang harus dilalui. Ada proses yang harus dijalani untuk menjadi seorang ayah,

Tugas Ayah

Ayah adalah sosok lelaki yang menyatakan bersedia dan siap untuk memikul beban dalam keluarga dengan pundaknya. Siap memikul tanggung jawab sebagai kepala keluarga. 

Ayah adalah seorang suami yang bertanggung jawab kepada istrinya. Ayah adalah orang tua yang memiliki tanggung jawab besar bagi anak-anaknya.

Apa saja tugas seorang ayah?

Setelah sekian lama menjalani kehidupan dalam keluarga yang utuh diawalai dari proses perkenalan, ijab qobul dalam pernikahan, memulai rumah tangga baru, menunggu kehadiran anak yang lucu, maka akan menjadi orang tua.

Apa saja tugas seorang ayah yang perlu diketahui oleh semua pasangan baik pasangan baru menikah atau yang sudah bertahun-tahun lamanya?

Ini dia tugas seorang ayah dalam rumah tangga yang perlu diketahui, dan dipahami semua orang.

1. Mencari nafkah

Mencari nafkah merupakan salah satu tugas dantanggung jawab seorang ayah. Mencari nafkah bukanlah perkara mudah, karena harus dipastikan sumbernya. Seorang ayah harus memastikan pekerjaan yang dijalaninya adalah pekerjaan halal dan baik. 

2.  Pelindung keluarga

Ayah adalah sosok lelaki. Sosok yang dikenal dengan maskulinitasnya. Sifat dan sikap sebagai orang lelaki selama ini sangat erat hubungannya dengan sosok yang mengayomi. Sosok yang senantiasa memberikan perlindungan kepada semua orang yang menjadi bagian dalam kehidupannya.

Untuk itu, tugas seorang ayah adalah menjadi pelindung keluarga. Melindungi anak-anak, istri, dan keluarga dari ancaman luar yang membahayakan.

3. Pemimpin keluarga

Laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan. Ini jelas, bahwasanya seorang ayah memiliki tugas menjadi pemimpin keluarga. Semua pasti tahu apa saja yang perlu dilakukan dan menjadi tugas seorang pemimpin.

Sebagai pemimpin keluarga, hal terpenting yang perlu dilakukan seorang ayah adalah membawa seluruh anggota keluarganya dalam jalan keselamatan. Jalan yang jauh dari keburukan. 

Pemimpin keluarga juga harus hadir pada saat yang tepat saat dibutuhkan keluarga. Saat anak sedih, pemimpin harus tahu apa yang menjadikan anak sedih, dan menghiburnya. Saat ada yang tidak baik, pemimpin harus bisa berkomunikasi dan menngarahkan anak, dan istri dalam kebaikan.

Apa tugas ibu dalam rumah tangga?

Ibu akan menjadi sosok yang memiliki perjuangan berat untuk mengandung dan menjalani kehamilan dengan segala godaannya. Mual, muntah, menahan pusing, menahan berat badan yang semakin hari semakin membesar. 

Saat tiba masa melahirkan, belum usai tugas itu. Seorang ibu masih harus rela bangun malam untuk menyusui anaknya. Membesarkan dan merawat anak dengan penuh kasih sayang.

Kesimpulan

Itulah sebagian tugas ayah yang harus diketahui dan dipahami oleh orang tua ataupun calon orang tua, sehingga terhindar dari sikap memberikan semua tugas kepada pasangan. Tidak memahami bahwa mendidik anak, menjalankan segala aktivitas rumah tangga adalah tugas bersama. 



Related Posts

Post a Comment