Sunday, January 10, 2021

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Pergi ke Luar Kota di Era Normal Baru

Apakah kamu suka keluar kota baik untuk bisnis atau travelling? Pastinya ada banyak hal yang dilakukan diluar sana. Bertemu rekan, teman, sahabat atau sekedar menikmati destinasi wisata. Bagaimana agar tetap aman, bisa mencegah penularan dan penyebaran virus saat keluar kota?. Lima hal ini wajib kamu lakukan saat pergi ke luar kota di era normal baru: 

1. Memakai masker 
travelling
Foto oleh Rosivan Morais dari Pexels
Memakai masker sudah menjadi hal wajib bagi semua orang, apalagi yang sering perjalanan ke luar kota. Pastikan masker yang dipakai menutup hidung dan mulut. Buang segera ke tempat sampah kalau sudah dipakai. Bawa maskernya yang banyak ya, jangan cuma satu lembar. 

2. Sering mencuci tangan (bawa hand sanitizer
new normal
Foto oleh Omotayo Tajudeen dari Pexels
Mencuci tangan dengan air mengalir menjadi hal wajib saat ini. Ini adalah salah upaya mencegah penularan virus. Jika tidak ada air, bisa meggunakan hand sanitizer yang saat ini kemasannya mudah untuk dibawa kemana-mana. 

3. Hindari menyentuh wajah 
ayah ugi parenting
Foto oleh Mental Health America (MHA) dari Pexels
Virus ada dimana-mana, dan tidak bisa dipastikan tempatnya. Kalau sudah begini harus lebih berhati-hati. Pastikan tangan sudah bersih sebelum menyentuh wajah. Godaan banget nih bagi yang suka iseng dengan wajah. 

4. Menjaga jarak dengan orang lain 
belajar
Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels
Social distancing dan physical distancing, harus diterapkan saat bertemu dengan orang di luar sana. Entah teman, saudara atau rekan bisnis tetap jaga jarak dan jauhi kerumunan. Tidak usah berjabat tangan, pelukan, apalagi cupika - cupiki. Tujuannya untuk saling menjaga agar tidak menularkan atau tertular virus. Tetap ingat pesan ibu, jauhi kerumunan, dan jaga jarak aman. 

5. Membersihkan diri dan mengganti pakaian 
bersih
Foto oleh Sam Lion dari Pexels
Pakaian ganti dan perlengkapan kebersihan lainnya wajib dibawa saat ke luar kota. Jika memang urusan sudah selesai, segera kembali ke penginapan. Bersihkan diri dan ganti pakaian. Ingat, virus itu mudah sekali menempel pada pakaian terlebih saat selesai beraktivitas di luar. Pakaian kotornya segera dicuci ya. 

Nah, selama pandemi ini, pemerintah sudah menganjurkan untuk di rumah saja. Kalau tidak ada pilihan lain, dan harus ke luar kota, tetap terapkan lima hal di atas untuk mencegah dan menjaga diri dari penyebaran dan penularan virus.

6 comments:

  1. Luar biasanya... Mungkin kesannya repot tapi semua demi keselamatan dan kemaslahatan bersama 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repot tapi bermanfaat kak. Harus diperjuangkan untuk mentaatinya.

      Delete
  2. Tema ini relevan banget sama saya.

    Sebab saya nanti insyaa Allah bepergian ke luar kota, tepatnya di Trenggalek.

    Terus semangat menulis Ayah Ugi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, fii amanillah kak.Semoga selalu dalam lindunganNya

      Delete
  3. Ya Allah kangen banget ke luar kota dengan nyaman, semoga virus segera hilang. Tipsnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Langkah2 yang bener2 efektif dan wajib kita terapin nih di era new normal kayak gini.

    ReplyDelete