Sunday, March 14, 2021

Perjalanan Edukasi Keluarga di Taman Safari Prigen

ayah ugi parenting
Ayahugi mendorong adik Balqis menuju wahana bermain

Saat melakukan perjalanan selalu meninggalkan kesan indah bagi setiap yang melakukannya. Selalu saja ada hal khusus yang dirasakan. Baik objek yang dikunjungi, fasilitas yang ditawarkan, atau juga kulinernya.

Sebelum pandemi saya bersama teman-teman dan keluarga berkesempatan mengunjungi destinasi wisata Taman Safari Prigen yang berada di Pasuruan, Jawa Timur.

Perjalanan dimulai dengan berkumpul di meeting point pada waktu yang sudah ditentukan. Satu persatu setiap keluarga datang. Suasana yang semula sepi berangsur menjadi ramai. Suasana dingin pun menjadi hangat dengan perbincangan dari masing-masing orang

Canda tawa terdengar memecah keheningan malam. Sesekali terlihat para ibu menenangkan anaknya yang sedang tertidur di gendongan. Lantas mereka lanjutkan kembali perbincangan mereka.

Dilain tempat peserta lelaki terlihat sibuk mengangkat tas bawaan keluarga. Memasukkannya ke dalam bagasi bis yang sudah disewa bersama.

Semua sudah siap, seluruh penumpang sudah berada di dalam bis. Sebelum berangkat, satu persatu di panggil untuk memastikan semua sudah di dalam. 

Setelah semua dipastikan siap, driver bis melajukan bis menuju lokasi yang dituju. Selama perjalanan satu persatu mulai tertidur. Semua bangun ketika berhenti di salah satu masjid untuk menunaikan dholat subuh. Kemudian beberapa kilometer setelahnya berhenti di rumah makan untuk sarapan pagi.

Saya dan rombongan tiba di Taman Safari pada pagi hari. Kendaraan langsung menuju area parkir. Sambil menunggu proses pembelian tiket, semua bersantai sejenak. Semua keluar dari bis. Menikmati udara segar pagi. Melihat hijaunya tanaman yang ada di sekitar area parkir.

Paket Tiket Masuk

Saat berkunjung ke Taman Safari sebaiknya direncanakan sejak dari rumah terkait wahana apa yang akan dikunjungi. Disini tersedia tiga jenis tiket yaitu:

1. Tiket Badak

    Wahana yang ddapat dinkmati dengan membeli tiket badak yaitu Safari Adventure, Baby Zoo, Aquatik Land, All Education Shows, 22 Wahana Permainan dan Safari Water World.

2. Tiket Gajah

    Paket ini memberikan pengalaman untuk menikmati wahana Safari Adventure, 6 Education Shows, 22 Wahana Permainan, Safari Water World dan sinema 6D 2 Film.

3. Tiket Rusa

    Wahana yang dapat dinkmati dengan membeli tiket rusa yaitu Safari Adventure, Baby Zoo, 6 Education Shows,dan 2 Shows pilihan.
.
Disini saya dan rombongan memilih membeli tiket gajah. Tiket sudah didapatkan, kini semua kembali masuk ke dalam bis. Bis mulai melaju memasuki area. Anak-anak terlihat begitu riang. Semua melihat ke arah luar kaca. Pun dengan para orang tua, tak kalah antusias mendampingi anak-anaknya. Termasuk saya. Bagi yang sudah menjadi orang tua dan memiliki anak pasti akan tahu bagaimana reaksi anak-anak. Mereka terlihat girang, banyak bertanya tentang yang ditemukan dan dilihat selama perjalanan.

ayah ugi parenting
Potret salah satu satwa di Taman Safari Prigen


Safari Adventure World

Safari Adventure World bagian yang paling berkesan bagi saya dan keluarga. Tempat rekreasi sekaligus konservasi satwa ini memberikan kesan tersendiri. Menikmati berbagai jenis satwa yang ada di dalamnya. Bersaman keluarga mengeksplorasi segala yang ada di wahana. Melihat dan mengenalkan jenis-jenis hewan yang ditemui yang hidup lepas di alam bebas.

Destinasi yang berada di Lereng Gunung Arjuna ini memang memberikan pengalaman yang berharga. Pengalaman yang tak terlupakan. Dapat melihat begitu beraneka jenis satwa. Lebih dari 40 jenis satwa terdapat disini seperti Lamia, Bison, Kalkun, Beruang, Harimau, Singa, Gajah, Jerapah, dan lain sebagainya.

Bagi saya, hal yang sangat berkesan adalah dapat melihat kegembiraan yang ada di wajah anak-anak. Rasa ingin tahu mereka yang tinggi, menjadikan saya sebagai orang tua harus  mendampingi dan memberikan penjelasan tentang hewan-hewan yang ditemukan dari satu tempat ke tempat lain yang ada.

parent
Salah satu wahana bermain untuk anak


Wahana Permainan

Taman Safari Prigen memiliki banyak sekali wahana permainan yang cocok untuk keluarga. Pengunjung bisa memilih sendiri jenis wahana yang ingin dicoba. Banyak sekali yang ingin saya coba sensainya saat berada di waha permainan. Berhubung bersama anak-anak yang masig kecil akhirnya harus puas untuk menikmati beberapa wahana saja seperti Roller Coaster, Sepeda Layang, dan beberapa wahana yang cocok untuk keluarga.

parenting
Kak Adeeva saat bermain di kolam anak

Setelah puas bermain, saya dan keluarga menaiki tangga menuju ke area wahana lainnya yang ada di atas. Wahana bermain air. Disini menemani anak untuk berenang. Kali ini memang semua harus mengalah karena anak-anak masih kecil. Jadi fokus pertama adalah menyenangkan, membahagiakan anak.  Menghabiskan waktu dari pagi hingga sore untuk mengeksplorasi setiap wahana yang disediakan dan menikmati aneka kuliner yang ada disini. 

Kenapa perjalanan ini begitu terkesan bagi saya? Ini dia beberapa hal yang membuat saya begitu terkesan karena
1. Dapat menemani langsung anak-anak melihat dan mengenal bebagai jenis hewan yang ada di dunia.
2. Dapat membersamai anak bermain menikmati wahana permainan yang tidak dimiliki dirumah.
3. Membangun kedekatan emosional dengan anak.
4. Menambah kedekatan hubungan dalam keluarga.
5. Dapat mengajak anak bersosialisasi dengan dunia luar, dan dengan orang banyak.

9 comments:

  1. Senang ya kak bisa bawa keluarga jalan jalan. Apalagi ke tempat wisata alam sangat membantu anak untuk mengenali lingkungannya. Nice info kak, tempatnya juga menarik 👍

    ReplyDelete
  2. Senang sekali melihat kebersamaan kayak gini. Apalagi bisa ramai-ramai seperti itu. Nice info kak.,tempatnya asri juga.

    ReplyDelete
  3. Senangnya di Jawa Timur cukup banyak ya sarana rekreasi untuk keluarga seperti jatim park dan taman safari ini, di tempat saya malah jarang rekreasi kebun binatang seperti ini

    ReplyDelete
  4. Baru kali ini baca tentang Taman Safari Prigen. Senang bisa tahu mengenainya.

    Cuma harga tiket dan alamat detailnya tidak dijelaskan, bikin penasaran apakah mahal dan jauh.

    Orang kebanyakan tahu yang di Bogor, nah, di Prigen itu kebayang pasti asyik. Lereng Gunung Arjuna itu tempatnya sejuk.

    Saya setuju biasanya orang tua mengalah pada kesenangan anak jika di tempat wisata, ini kayak sudah lumrah atau kebiasaan wajar bagi orang tua mana pun yang peduli anak. Yang penting anak bahagia saja, he he.

    Wisata ramai-ramai gini bikin anak tahu ada kehidupan di luar dunianya, bisa kenal teman-teman orang tua berikut keluarga mereka. Pastinya tambah sayang orang tua.

    ReplyDelete
  5. Berarti ini perjalanannya sebelum pandemi ya, Kak? Taman Safari Prigen memang mengasyikkan ya. Saya juga udah pernah ke sana bersama keluarga. Menyenangkan mengetahui aneka satwa. Seru banget. Di sana juga ada aneka permainan. Saya sempat nyoba permainan paint ball yang perang-perangan itu.

    ReplyDelete
  6. Wah bahagia sekali melihatnya...
    Ini bisa dijadikan rekomendasi banget buat wisata keluarga. Anak happy orang tua gembira

    ReplyDelete
  7. Acara seperti ini membentuk bonding dengan anak ya, Ayah Ugi.
    Harga tiketnya gimana? Murah atau mahalkah?

    ReplyDelete
  8. waah jadi pengen jalan-jalan kesana, belum sempat malah udh kadung pandemi nih hehehe

    ReplyDelete
  9. Taman safari Prigen itu memang menarik pak. Selain banyak satwa juga ada hiburan permainan untuk anak-anak. Memang pandemi membatasi kita untuk bepergian tapi selama menjalankan prokes insha allah aman

    ReplyDelete