Optimalisasi Manfaat Internet dan Dampak Positif Internet Bagi Anak Bersama IndiHome

7 comments
Konten [Tampil]
Berbicara internet dan pengasuhan berarti membicarakan orang tua. anak, dan internet. Sebagai orang tua saya menyadari segala sesuatu selalu memiliki dampak positif dan negatif. Optimalisasi manfaat internet dan dampak positif internet bagi anak perlu menjadi bahasan bagi orang tua.
internetnya Indonesia

Dampak positif internet bagi anak

Dampak negatif dari internet sebisa mungkin harus dijauhkan dari anak. Sebaliknya dampak positif internet bagi anak, sebisa mungkin harus bisa dioptimalkan oleh orang tua

Internet dengan segala manfaat dan dampaknya perlu disikapi dengan bijak oleh orang tua. Orang tua tidak bisa serta merta melarang anak untuk mengakses internet baik dengan gadget maupun personal komputer.

Memang selama ini dampak negatif internet bagi anak menjadi salah satu pembicaraan di tengah semakin berkembangnya teknologi internet. Jika hanya melihat dampak negatif semata, maka kita tidak akan pernah bisa mengikuti perkembangan teknologi dan eranya.

Maka hal terbaik adalah menjadi orang tua yang bijak. Orang tua yang tetap memberikan waktu dan kesempatan bagi anak untuk mengakses internet. Sehingga mereka bisa belajar dan mendapatkan informasi melalui internet yang diakses.

Sebagai orang tua saya juga terkadang berpikir tentang dampak negatif dari internet bagi anak. Pasalnya kita juga tidak selamanya menemani anak mengakses internet baik melalui gadget ataupun notebook.

Namun semua pemikiran itu saya buang jauh-jauh setelah mencoba berpikir tentang hal baik di balik internet. Di balik dampak negatif yang sering dibicarakan, ada pula dampak positif yang perlu digaungkan.

Segala sesuatu diciptakan atau diadakan karena adanya manfaat baik bagi banyak orang, termasuk internet. Ada manfaat internet yang bisa didapat, termasuk oleh anak-anak.

Manfaat Internet bagi anak-anak

Internet dalam setiap bidang kehidupan memiliki manfaatnya masing-masing. Jika dioptimalkan manfaat internet ini maka bisa menjadi bahan pengasuhan orang tua kepada anak di era digital atau pengasuhan digital. Diantara manfaatnya adalah

aktivitas tanpa batas

1. Komunikasi dengan keluarga jauh

Pasti semua orang mengalami manfaat internet yang satu ini. Terlebih saat pandemi. Saat mungkin orang tua bekerja di luar kota dna tidak bisa pulang, maka internet menjadi solusi. Membantu menyambungkan orang tua dengan anak. Sehingga anak-anak tetap terjaga hubungan dan komunikasi dengan orang tua.

2. Mencari materi pelajaran

Internet bisa digunakan untuk mencari materi pelajaran. Orang tua bisa membantu anak mencari materi pelajaran atau materi terkait pelajaran yang bisa menjadi bahan pengayaan bagi anak.

3. Menemukan materi edukasi bagi anak

Bagai anak-anak di usia balita, edukasi sangat dibutuhkan agar bisa menjadikan mereka terbiasa. Proses edukasi ini bisa diberikan oleh orang tua dengan mencari bahan edukasi di internet. Misal edukasi mencuci tangan yang benar, edukasi cara makan yang baik, edukasi untuk gemar makan buah, dan lain sebagainya.

4. Menemukan media stimulasi perkembangan saraf anak

Masa-masa stimulasi perkembangan saraf anak adalah masak yang perlu dipahami oleh tua. Sehingga orang tua juga perlu melakukan eksplorasi diri. Salah satunya dengan memanfaatkan internet.

Manfaat internet bagi stimulasi anak sangatlah bisa digunakan. Misal kita melakukan stimulasi saraf motorik anak dengan mencari lagu yang pas ataupun video tarian di youtube dan mengajak anak menari bersama diiringi musik yang ada.

Itulah beberapa manfaat internet yang bisa kita dapatkan dan gunakan untuk membantu proses pengasuhan digital anak oleh orang tua. Selama bisa mengarahkan dan memberikan penjelasan kepada anak, maka dampak positif internet akan banyak didapatkan anak.

Dampak positif internet bagi anak

Selain manfaat yang bisa diambil oleh orang tua berhubungan dengan keberadaan internet, jika diarahkan dengan baik juga akan menimbulkan dampak positif. Sehingga sebagai orang tua harus betul-betul memberikan arahan dan memantau anak saat mengakses internet. Akan lebih bagus jika orang tua mendampingi anak. Dampak positif internet bagi anak yang bisa dimunculkan yaitu
Telkom Indonesia

1. Anak lebih bersemangat dalam belajar

Sarana edukasi yang baik dapat memberikan dampak yang baik bagi anak. Dampak positif internet bagi anak yang bisa dirasakan adalah anak-anak menjadi lebih bersemangat untuk belajar.

Saat mengajari anak, saya biasanya mencari video singkat sebagai stimulus variasi bagi anak sebelum belajar. Tujuannya adalah untuk mengarahkan fokus anak dan membangun cara berpikirnya.

2. Anak bisa lebih percaya diri

Dampak positif internet bagi anak selanjutnya adalah anak bisa lebih percaya diri. Suatu waktu saya mengajak anak pertama saya untuk belajar membaca. Saya mengajaknya untuk membaca nyaring.

Ini saya pilih karena si Kakak baru berada di TK A. Awalnya masih malu-malu saat saya merekam dengan kamera gawai. Namun setelah saya mencoba mengunggah pada youtube, dia berulang kali meminta untuk membaca buku bersama. Bahkan tidak jarang datang terlebih dahulu dan mengajak meminta dibacakan buku.

3. Anak terlatih komunikasi dua arah

Pastinya hal yang biasa diterapkan saat melihat bersama tayangan di internet adalah diam dan fokus dengan tayangannya. Sebenarnya di sini ada hal yang bisa dilakukan orang tua. Mengajak anak berkomunikasi, pastinya anak akan memberikan tanggapan. Misal komunikasi keseruan filmnya, tokohnya ada apa saja?

4. Anak terlatih mengungkapkan pendapatnya

Menyambung dampak positif internet bagi anak yang nomor 3, maka ada dampak lain yang bisa di dapatkan yaitu anak terlatih mengungkapkan pendapatnya.

Setelah menonton film ayah atau bunda sangat bisa mengajak anak diskusi tentang film yang dilihat. meminta pendapat anak terkait film yang dilihatnya secara online.

Meminta anak sedikit menceritakan ulang film yang ditonton kepada saudara atau kepada ayah dan bunda.

Di saat seperti ini orang tua bisa menyelipkan nilai-nilai moral dari film sebagai pelajaran bagi anak. Anak akan menerima dengan baik karena tidak merasa dinasihati.

5. Anak diajarkan tanggung jawab

Dampak positif internet bagi anak adalah anak diajarkan tanggung jawab. Misal dari waktu melihat layar. Orang tua bisa mendampingi anak, mencarikan film animasi atau film anak yang hanya memiliki durasi 10-20 menit.

Tentu berhubungan dengan hal ini, perlu disuarakan di awal kalau nontonnya sekian menit. Anak boleh mencari tema yang ingin dilihat. Orang tua dan anak mencari bersama film yang diinginkan anak.

Setelah 20 menit maka anak menyudahi kegiatan nontonnya. Dalam hal ini orang tua juga perlu menjelaskan kenapa berlama-lama menatap layar tidak baik untuk kesehatan mata.

Optimalisasi manfaat internet dan dampak positif internet bagi anak bersama IndiHome

Untuk membantu proses optimalisasi manfaat internet dan dampak positif internet bagi anak, salah satu yang perlu diperhatikan adalah memilih jaringan internet yang aman. Jaringan internet yang aman adalah jaringan yang melakukan penutupan pada konten-konten negatif, safe surf.
manfaat internet

Salah satu penyedia layanan jasa internet yang bisa digunakan yaitu IndiHome. Akses internet yang cepat dan stabil juga menjadi alasan kenapa saya memilih IndiHome. 

IndiHome dari Telkom Indonesia ini memiliki pilihan layanan internet untuk mendukung internet sehat. Layanan dari internetnya Indonesia ini memiliki beberapa pilihan mulai dari paket internet saja (1P), paket internet dan telepon (2P), dan paket 3P. Paket 3 P ini adalah paket yang paling banyak diminati orang. Semua terintegrasi mulai dari internet, telepon, dan televisi.

Mengapa IndiHome bisa menjadi pilihan orang tua? Karena IndiHome menyediakan fitur menarik pada layanan TV yang bisa digunakan untuk memberikan edukasi pada anak. Adanya fitur pause and rewind akan memudahkan orang tua menyampaikan sebuah pesan dari tayangan yang dilihat dengan cepat kepada anak

Bagaimana komplit bukan pilihan paket layanan dari IndiHome dan PT. Telkom Indonesia. Tentunya orang tua bersama anak bisa melakukan aktivitas tanpa batas bersama IndiHome, internetnya Indonesia. Karena IndiHome hadir dengan mengutamakan layanan dan mewujudkan internet sehat di Indonesia.

Kehadiran IndiHome sebagai internetnya Indonesia yang sudah 57 tahun bergerak dibidang jaringan ini hingga saat ini sudah dinikmati oleh 8,3 juta pelanggan yang tersebar di 496 Kabupaten/Kota.

Saya berharap semoga kehadiran IndiHome dari Telkom Indonesia ini akan terus  menumbuhkan dampak positif internet bagi anak. Selain itu semoga manfaat internet bisa ikut mewujudkan bangsa yang semakin cerdas.

Referensi:
https://www.indihome.co.id/paket
https://www.deevacollection.com/2022/02/4-ide-aktivitas-multisensori-kelas-1-sampai-3.html
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/pendapatan-indihome-tumbuh-242-pada-semester-i-2021

Related Posts

7 comments

  1. Hi there colleagues, its fantastic piece of writing concerning tutoringand fully defined, keep it up all the time. 토토

    ReplyDelete
  2. Your blog has piqued a lot of real interest. I can see why since you have done such a good job of making it interesting. 스포츠토토링크는

    ReplyDelete
  3. Interesting topic for a blog. I have been searching the Internet for fun and came upon your website. 온라인카지노

    ReplyDelete
  4. Thank you for providing a good quality article.
    온라인카지노

    ReplyDelete
  5. Well I truly enjoyed reading it. This subject offered by you is very helpful and accurate.
    카지노사이트

    ReplyDelete
  6. Thanks and Best of luck to your next Blog in future.
    바카라사이트

    ReplyDelete

Post a Comment