#SuamiIstriMasak dengan Kecap ABC, Jadikan Cinta Makin Sempurna

35 comments
Konten [Tampil]
Saat berbicara urusan dapur semua sepakat kalau itu adalah urusan istri di rumah. Memasak nasi, lauk, dan sayur adalah tugas dan bagian istri. Inilah pandangan yang ada di masyarakat selama ini.

Bagaimana kalau laki-laki atau suami ikut masak di rumah? Kira-kira akan memudahkan atau mempersulit aktivitas memasak ya? Bagaimana pandangan masyarakat terhadap urusan dapur yang satu ini?
#SuamiIstriMasak quality time

#SuamiIstriMasak, Apa Kata orang?

"Gik…Gik… wong lanang kok nang pawon toh.(Orang laki-laki kok masak)" ujar Bulek dari istri saat mengetahui saya sedang membantu orang-orang memasak untuk acara tasyakuran.

Saya tersenyum dan melanjutkan apa yang saya kerjakan. Mengiris bawang merah, menyelesaikan mengupas dan memotong kentang. Tak berapa lama selesai dan mendekati Bude yang sedang menggoreng pisang.

"Mak, kenapa laki-laki tidak boleh di dapur?" tanyaku ke Bulek.
"Ket jaman disik, sing nang pawon, sing masak yo wong wedok Gik." ujarnya sambil tertawa. Dia menyampaikan kalau mulai zaman dahulu urusan dapur itu adalah urusan perempuan. Urusan istri. Suami tidak perlu ikut-ikut.

Kisah ini mungkin mewakili bagaimana kondisi di masyarakat yang masih menganggap tabu laki-laki atau seorang suami berada di dapur. Mereka hanya tahu laki-laki atau tugas seorang suami adalah mencari nafkah, melindungi keluarga.

Padahal ketika laki-laki melihat kembali perannya sebagai suami ada banyak sekali. Seorang suami juga harus menguasai beberapa keterampilan. Mencuci piring, mencuci pakaian, memperbaiki genteng bocor, dan memasak.

Bicara memasak nih ternyata ada istri yang enggan dibantu oleh suami padahal suami sebenarnya juga mau membantu. #SuamiIstriMasak bersama dianggapnya menjadi masalah baru. Yuk kita lihat bersama video berikut, sebenarnya apa sih alasan istri tidak mau masak bersama suami? Apa betul tidak bisa masak bersama suami? Check it out yuk!


Saat melihat video berjudul #SuamiIstriMasak hal yang mustahil? ini, ada hal menarik yang menjadi alasan kenapa istri enggan dibantu oleh suami. Mengapa istri tidak mau kolaborasi memasak di dapur.

Di dalam video singkat itu ada dua orang diwawancara tentang memasak bersama suami. Saat ditanya tentang hal itu, mereka menjawab tidak dibantu suami. Lebih tepatnya tidak mau. 

Setidaknya dari dua orang ini ada dua alasan mengapa istri tidak mau masak bersama suami. Alasan pertama, seperti disampaikan oleh Cinta, sebagai seorang istri dia mengungkapkan alasan tidak masak bersama suami adalah kalau masak bersama suami peralatan dibiarkan begitu saja, tanpa dicuci. Seharusnya selesai masak, juga langsung bersih, ini masih harus beres-beres.

Alasan kedua disampaikan sosok istri lainnya yaitu Afra. Dia tidak mau dibantu suami atau tidak mau masak bersama suami karena menurutnya akan membuat semuanya berantakan setelah memasak.

Setidaknya dua alasan itu menjadi dasar kenapa para istri tidak mau dibantu suami saat mengerjakan pekerjaan dapur. Akan tetapi nih, kita tidak bisa mematahkan begitu saja kalau suami tidak bisa membantu memasak dengan baik saat di dapur.

Jika istri mau mengajak, mengajari, dan memberikan kesempatan serta contoh bagi suami maka suami dapat memasak sesuai dengan harapan istri.

Buktinya Cinta dan Afra ternyata bisa menjalani tantangan dalam Gerakan #SuamiIstriMasak yang diselenggarakan Kecap ABC. Pasti sudah tahu kan bagaimana serunya Cinta dan Afra memasak bersama suami masing-masing di video tadi.

Ternyata meskipun istri tidak mau di bantu, ketika suami datang membantu istri sangat senang, membuat istri bahagia bahkan terharu. Mungkin tidak menyangka kalau suaminya mau masak bareng istri.

Apalagi istri kalau istri punya Kecap ABC, bisa menjadi andalan saat #SuamiIstriMasak. Jadi tidak perlu khawatir soal rasa, karena Kecap ABC akan menjadikan makanan makin terasa lezat. Hubungan suami dan istri semakin romantis dan semakin manis semanis Kecap ABC.

Kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC

#SuamiIstriMasak

Seorang istri adalah sosok yang luar biasa mulai bangun pagi sampai mau tidur tidak lepas dari banyak aktivitas rumah tangga. Apalagi sudah memiliki momongan. Bangun pagi masak untuk sarapan, siang masak untuk maka siang, malam hari masak untuk makan malam.

Berbeda dari istri, suami hanya fokus pada kerja tugasnya mencari nafkah. Berangkat pagi bekerja di kantor pulang, makan malam, dan istirahat. Sedang istri selepas masak makan malam, menemani suami makan malam, masih lanjut dengan mencuci piring di dapur

Berat ya ternyata tugas seorang istri. Tapi mereka tidak pernah mengeluh. Selalu menyambut suami dengan senyuman, dan tanpa ada beban. Sebagai suami apa yang bisa dilakukan?

Tenang saja, istri tidak akan pernah meminta suami menggantikan pekerjaan rumahnya. Sebagai suami yang bisa kita lakukan adalah menjadi lebih peka dan memberikan perhatian kepada istri. Memberikan perhatian dan menghadirkan kebahagiaan tidak perlu dengan hadiah emas atau berlian. Cukup temani istri memasak. Seperti dalam kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC yang ternyata menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam hubungan suami dan istri.

Oh iya, kampanye #SuamiIstriMasak yang diselenggarakan Kecap ABC bertujuan untuk memberikan dukungan kegiatan kolaborasi suami dan istri di dapur agar bisa saling mendukung satu sama lain dan menguatkan keluarga.

Sekilas perjalannya kampanye gerakan #SuamiIstriMasak ini diinisiasi Kecap ABC pada tahun 2018. Di tahun 2019, Kecap ABC menginisiasi kampanye ini selama Hari Kesetaraan Perempuan. Kemudian tahun 2020 dilanjutkan kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan.

Kampanye ini terus dilakukan dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai kalangan seperti pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono pada gerakan #SuamiIstriMasak pada tahun 2021. Kolaborasi ini menekankan pada pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur.

Ternyata sudah banyak pasangan yang ikut dalam gerakan #SuamiIstriMasak ini. Saya pun sebagai suami juga tidak mau ketinggalan untuk ikut menjadi bagian dari gerakan ini.

Ide Masak Sederhana Bersama Pasangan

Terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak saya pun tergugah untuk juga melakukan kolaborasi dengan istri di dapur dan menuliskannya melalui tulisan ini. Mau tahu keseruan saat kolaborasi dengan istri di dapur?

Saya dan istri pertama menentukan menu yang akan di masak. Setelah diskusi jatuhlah pilihan pada masak menu tempe kecap kesukaan anak-anak. Sudah cukup lama mereka tidak menikmati tempe kecap.

Setelah melihat bahan yang ada di kulkas, saya langsung tanggap mengambil bahan yang ada dan membawanya ke dapur. Saya memotong tempe berbentuk dadu. Dilanjutkan memotong pendek kacang panjang. Sedang istri mempersiapkan bumbu sederhana sambil menunjukkan dan menyebut nama bumbu. Katanya agar saya ingat kalau suatu saat mencari bumbu-bumbu itu. Banyak sekali bumbunya.

"Bun, bukannya masaknya sederhana? Kok bumbunya banyak." ujarku.

"Sekalian mumpung bareng di dapur. Jadi kenalan sama bumbu." ucapnya membuatku tertawa sambil menganggukkan kepala.

Saat semua sudah siap. Istri minta saya menyalakan kompor dan meletakkan wajan di atasnya and action. Proses pun dilalui dengan memasukkan bahan satu persatu.

Sudah mau selesai tapi ada yang kurang. Istri pun menyampaikan karena masaknya tempe kecap maka perlu kecap. Untuk kecap ini kami selalu pilih Kecap ABC. Kata istri karena kental dan manisnya pas. Terus kata istri juga, anak-anak paling suka dan makan makin lahap kalau pakai Kecap ABC karena rasanya yang beda dari yang lain.

Mau masak tempe kecap juga? Ini dia resep tempe kecap untuk #SuamiIstriMasak Kecap ABC.
Kecap ABC

Tempa Kecap ABC Rasa Cinta

Bahan:

  • Tempe 1 buah, potong dadu.
  • Kacang panjang 5 buah, potong pendek-pendek
  • Bawang merah 6 buah, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Cabai merah 2 buah, potong serong
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
  • Daun salam 1 lembar
  • Garam secukupnya
  • Lada ½ sdt
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Air 100 ml
  • Kecap ABC 2 sendok/ sesuai selera

Cara Pembuatan

Caranya cukup mudah, bisa ikuti langkah berikut:
  1. Panaskan 1 sendok makan minyak lalu goreng tempe setengah matang.
  2. Setelah tempe diangkat, selanjutkan panaskan kembali 1 sendok makan minyak goreng.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga tercium aroma harumnya.
  4. Masukkan lengkuas, dan daun salam, lalu aduk rata.
  5. Langkah selanjutnya masukkan tempe, tambahkan garam, dan lada.
  6. Selanjutnya masukkan kacang panjang, dan tambahkan air, aduk rata.
  7. Saat air menyusut, tambahkan kecap manis ABC, aduk rata. Biarkan sampai bumbu dan kecap meresap sempurna.
  8. Jika kacang sudah matang, bumbu sudah betul-betul meresap, maka angkat segera dan pindahkan pada piring untuk disajikan..

Manfaat Suami Istri Masak Bersama

#SuamiIstriMasak bersama ternyata memberikan banyak manfaat bagi pasangan. Beberapa manfaat itu diantaranya:

1. Menjadikan komunikasi menjadi lebih baik.

Untuk memulai memasak yang pertama dilakukan adalah membangun komunikasi, apa menu yang akan dimasak bersama.

2. Bisa saling memberikan perhatian.

Saat memasak, secara tidak sadar suami atau istri akan saling memberikan perhatian satu sama lain. Misal dengan mengucapkan hal sederhana, hati-hati, awas minyaknya panas, dan lain sebagainya.

3. Belajar saling menghargai.

Belajar saling menhargai merupakan hal yang jarang dilakukan. Melalui #SuamiIstriMasak saling menghargai bisa diberikan dengan tulus dan ikhlas. Saling berterima kasih satu sama lain, karena ternyata suami bisa kolaborasi memasak bersama iseti. Pun dengan suami akan memahami betapa beratnya tugas istri di dapur.

4. Menguatkan ikatan emosional dan tali cinta keduanya.

Ikatan emosional antara suami dan istri ada kalanya baik ada kalanya kurang baik. Untuk itu diperlukan quality time bagi keduanya. Memasak bisa menjadi salah satu pilihan membangun quality time bersama. Diakui atau tidak, kebersamaan yang dibangun dengan baik akan menguatkan ikatan emosional suami dan istri, yang pada akhirnya akan menguatkan cinta keduanya.
manfaat suami istri masak

Kesimpulan, #SuamiIstriMasak, yang sederhana jadi Sempurna

Keluarga adalah bagian paling indah dalam hidup. Pasangan adalah orang yang paling tepat bagi pasangannya untuk bisa membangun kesempurnaan. Pasangan bisa menjadi obat bagi pasangannya. Bisa hadirkan kebahagiaan bagi pasangannya. Untuk menghadirkan keluarga yang kuat, saling menghargai antar pasangan dibutuhkan quality time.

Quality time tidak harus dilakukan dengan pergi ke luar kota atau ke luar negeri. Suami dan istri bisa melakukannya bersama di rumah. Salah satunya dengan aktivitas #SuamiIstriMasak bersama. Saat memasak bersama ini ada banyak manfaat yang bisa didapatkan pasangan. Mulai dari saling menguatkan komunikasi, saling memberikan perhatian, saling menghargai hingga menguatkan ikatan cinta di antara keduanya.

Tertarik untuk bersama menguatkan ikatan cinta? Melakukan hal sederhana menjadikan hidup sempurna. Yuk ikut gerakan #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC dan jadikan hal sederhana menjadi sempurna di tengah keluarga.

Related Posts

35 comments

  1. Kalau aku, dari awal pun sudah masak bersama suami, bahkan ketika ia masih bergelar calon suami, hehe. Masakannya pun lebih menggugah selera dibanding buatanku.

    Walau begitu, aku lagi upgrade soal masak-memasak, soalnya suami kan tak tiap waktu bisa bantu dan mood masak bareng. Adakalanya perlu istirahat lebih selepas aktivitas di luar.

    Ya, benar, pandangan di masyarakat Indonesia masalah dapur dikaitkan dengan perempuan, padahal kalau paham bab rumah tangga dalam Islam, memsak, mencuci, dan hal domestik lainnya adalah tugas suami. Justru istrilah yang lagi bantuin suami, hehe.

    Pada akhirnya lupakan itu tugas siapa ini tugas siapa, dalam harmonisasi keluarga - harmonisasi rumah tangga "saling" wajib ada dan dijaga. Salam~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, ga usah rebutan tugas siap, tapi kerjakan bersama biar makin mesra, termasuk aktivitas #SuamiIstri Masak bareng,

      Delete
  2. uwu ya kalau masak berdua bareng pasangan...meskipun terkadang isi lemari dapur jadi keluar semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar itu ujian, suatu saat kebersamaan ini akan dibutuhkan masing-masing pasangan disaat-saat tertentu

      Delete
  3. Kalau aku sebenernya g suka kalau ada orang lain di dapur pas masak, bikin ribet wkwkwk. Palingan minta bantu nguleg aja tapi ngulegnya g di dapur jadi akunya bisa bebas keliaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh....macam-macam ya, ternyata ga mau ditemeni suami masak karena pengen bebas ekspresi ya

      Delete
  4. Saya malah kalau masak sayur asem gak pernah saya yang buat namun selalu suami yang bikinin soalnya sayur asem masakan dia enaaak bangeet hehe.....suami seneng bantu di dapur kalau pas lagi senggang dan ada di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren nih suaminya, kalau saya sih di rumah setiap hari beraksi, entah buat sarapan atau pas makan siang

      Delete
  5. Dengan 4 anak di rumah, saya sendiri sudah terbiasa berbagi tugas dengan istri, termasuk masalah dapur. Alhamdulillah, terbiasa dengan tugas-tugas dari membeli sayuran sampai mengolahnya menjadi masakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, manfaat banget ketika istri sedang hamil atau pasca melahirkan. Jadinya ga jadi suami bingung

      Delete
  6. Iya banget kalau masak lebih enak sendiri. Kalau ada paksu malah riweuh. Hahaha. Maaf ya paksu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama ya Kak, aku pun kalau ada suami yang bantu suka mikir gitu. Tapi kalau dengan gini malah makin memperkuat bonding dan rasa cinta nggak sih haha

      Delete
    2. Emak-emak euy, coba kasih kesempatan pada suami, kalau suatu waktu ada hal yang ga diinginkan, misal lagi sakit,lagi lahiran, pasti suami akan mudah adaptasi, ga bakal bingung mau masak apa

      Delete
  7. Suamiku suka banget bikin nasi goreng buat satu keluarga. Biarpun pas bikin, itu yang namanya dapur jadi kaya kapal pecah. Huhuhu . Ujung-ujungnya aku lagi aku lagi yang beresin. Hahahaha. Makanya suka sebel kalo tiba-tiba suami pengen masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya ada kebahagiaan tersendiri setelah menikmati masakan suami ya, mbak

      Delete
  8. Sebenernya kalau dibayangin sih ya dapur bisa menjadi tempat romantis buat pasutri untuk kencan, haha. Dengan masak bareng setidaknya sama-sama bisa saling belajar tentang cara memasak dan mungkin bisa makin menumbuhkan rasa cinta dan sayang, xixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi nih pura-pura nyuruh istri nyobain rasa masakan,

      Delete
  9. Momen masak bareng suami tu emang bs menambah keharmonisan, sih. Apalagi biasanya anak2 malah lebih semangat makannya kalau tau itu masakan bapaknya... Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh,apalagi kalau lebih enak dari masakan emaknya, bisa jadi senjata emak-emak juga buat minta suami masak terus. Btw #SuamiIstriMasak bikin hidup lebih hidup ya

      Delete
  10. Masak bareng suami itu seru seru riweh sih ya, tapi jadi ada kenangan yang tercipta, ada komunikasi yg tercipta, bahkan enggak jarang obrolan deep terjadi saat di dapur, seperti saya dan suami hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, karena ga ada pikiran ini itu selain fokus masak, dan biasanya obrolan lebih nyaman, lebih ngalir

      Delete
  11. Punya suami yg paham bahwa pekerjaan domestik itu bukan cuma tugas istri, adalah salah satu hal yg sangat saya syukuri dalam hidup. Meskipun dia nggak jago masak macam-macam menu, setidaknya masakannya enak, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya bisa memasak dan menghadirkan kebahagiaan dengan masakan khasnya

      Delete
  12. Iya nih padahal seru yah ternyata suami istri masak di dapur. Malah bisa lebih membangun bonding daripada sibuk hp an masing2. Ngga perlu lah main jauh2, kalau di rumah juga bisa quality time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak Lintang, di rumah aja dah mesra, dan bisa lebih mesra.hehe

      Delete
  13. Memasak bisa menjadi salah satu pilihan membangun quality time bersama. Cocok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cucok banget ya, Kang. Yuk bangun bonding dengan ikutan #SuamiIstriMasak bareng Kecap ABC

      Delete
  14. Wah Pak Gie suka banyu masak di pawon juga ya.. Keren deh. Patut ditiru oleh para suami seluruh Indonesia nih. Karena tradisi kita emang masih tabu laki laki masuk dapur. Untung ada kampanye ini ya. Bisa memberi pov Beda tentang masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak, apalagi kalau istri menyusui jadi tahu sayur yang cocok banget untuk lancarkan asi apa, kalau dah masak yang hubungan sama bumbu plus kecap, selalu pilih Kecap ABC

      Delete
  15. Jujurly, suami terjun masak ke dapur bagaikan hujan badai buat saya pribadi pak. Niatnya bagus mau bantu tapi entah kenapa pakbapak klo masak dapur kayak kapal pecah, hahha. Alhasil saya kasih tugas cuci piringnya aja, hahaha. Padahal byk manfaatnya ya masak breng di dapur tuh

    ReplyDelete
  16. suamiku juga begini pak, lihat istrinya kewalahan, dia langsung sigap bantu tanpa diminta tolong, ga hanya masak tapi pekerjaan rumah tangga lain
    apalagi kalau dikodein mau request masak apa, sigap banget cuz ke dapur

    ReplyDelete
  17. hihi aku sering sih masak bareng suami, jadi emang lebih heboh tapi ya mayan deh ada yang bantuin jadi cepet kelar hehe

    ReplyDelete
  18. bayanginnya seru ya, si istri sekalian buat bumbu banynak mmumpung di dapur berdua, kwkwkwkk. Moment akhir tahun yg mengesankan ya, semoga terus berlanjut aktivitas suami istri masak

    ReplyDelete
  19. Suami tuh kalau masak sendiri suka 'pabalatak' tu dapur wkwk belum lagi aku nggak dikasih hasil masakannya huhu. Memang paling betul masaknya berdua as a team, selain bonding jadi lebih seru ya pak. Terutama yg pernikahannya udah lama tuh, makin respect deh wkwk

    ReplyDelete
  20. ah, aku suka kagum sama pak ugi yang sering banget bantu kerjaan istri di rumah, ya masak ya bikin adonan,, sehat bahagia selalu pak gie dan istri

    ReplyDelete

Post a Comment