Inilah Jenis Sistem Pembayaran Paling Populer di Indonesia

10 comments
Konten [Tampil]
Untuk semua transaksi yang Anda lakukan, entah itu penjualan atau pembelian pastinya memerlukan sistem pembayaran yang sesuai. Sistem pembayaran ini merupakan suatu sistem yang melibatkan uang sebagai media pertukaran. Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa jenis sistem pembayaran yang paling populer digunakan di Indonesia.

Pada umumnya, sistem pembayaran yang ada di Indonesia terdiri dari dua jenis. Yakni sistem pembayaran tunai dan pembayaran non tunai. Apa dan bagaimana dua tipe sistem pembayaran ini? berikut ulasannya.

sistem pembayaran non tunai

Jenis-jenis Sistem Pembayaran di Indonesia

Sistem pembayaran di Indonesia terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama yaitu jenis pembayaran tunai menggunakan uang kertas atau logam untuk alat pembayarannya. Sedangkan sistem pembayaran non tunai menggunakan berbagai jenis kartu. Biasanya jenis pembayaran seperti ini menggunakan kartu seperti kartu kredit, debit, cek, bilyet giro serta uang elektronik.

Berdasarkan kutipan dari Bank Indonesia, khusus sistem pembayaran non tunai ternyata dibagi lagi menjadi 2 jenis. Kedua jenis tersebut antara lain wholesale atau transaksi dengan nilai besar serta transaksi ritel. Jenis sistem pembayaran non tunai ini punya perbedaan terutama dalam hal urgensi.

Maksudnya adalah transaksi dengan nilai besar lebih bersifat penting dan mendesak. Adapun transaksi ritel hanya mencakup transaksi antar personal dengan karakteristik yang bernilai kecil.

Contoh Sistem Pembayaran yang Ada di Indonesia

Perkembangan sistem pembayaran di Indonesia sangat pesat. Apalagi kini sistem pembayaran tersebut sudah mengalami proses digitalisasi. Tentu saja dengan pembayaran secara digital, semua proses transaksi pembayaran menjadi lebih mudah, praktis dan juga aman. Beberapa contoh sistem pembayaran secara digital yang ada bisa dikatakan populer di Indonesia yaitu:
jenis sistem pembayaran

1. Sistem pembayaran tunai

Untuk jenis sistem pembayaran tunai, contoh yang paling tepat adalah pick up service yang merupakan layanan jasa yang disediakan bank. Layanan ini berupa penjemputan uang tunai atau non tunai dari lokasi nasabah. Selanjutnya akan disetorkan kepada bank untuk dimasukkan ke dalam rekening nasabah.
Sistem pembayaran non tunai

Sistem pembayaran non tunai merupakan sistem yang paling banyak memanfaatkan teknologi digital. Ini membuat transaksi non tunai jadi lebih mudah serta efisien. Seperti namanya, sistem pembayaran ini tidak memerlukan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Sebaliknya pembayaran dengan sistem non tunai ini lebih banyak menggunakan:

2. Kartu debit

Pembayaran dengan menggunakan kartu debit sistemnya adalah dengan memotong langsung saldo tabungan milik nasabah. Jenis kartu ini dikeluarkan langsung oleh bank yang menjadi tempat nasabah memiliki rekening. Kartu ini memiliki limit tertentu untuk setiap transaksinya.

3. Kartu kredit

Merupakan kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Bedanya dengan kartu debit adalah, kartu kredit menggunakan metode hutang untuk setiap transaksi yang dilakukan.

4. Internet banking

Jenis sistem pembayaran non tunai yang satu ini menggunakan layanan yang tersedia dari bank dengan memanfaatkan jaringan internet.

5. M-banking

Adalah satu fitur dari bank yang berupa aplikasi. Dengan bantuan fitur ini, Anda sebagai nasabah akan mudah melakukan apapun transaksi yang dibutuhkan.

6. E-money

Menggunakan sistem pembayaran e-money merupakan hal yang sangat mudah dan praktis. Disebut juga sebagai uang elektronik, sistem pembayaran ini bisa berupa kartu yang dapat Anda gunakan untuk transaksi pembayaran.

7. QR code

Merupakan sistem pembayaran yang akhir-akhir ini sangat populer terutama bagi generasi Z. Sistem pembayaran QR code atau QRIS ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan ponsel yang telah terkoneksi jaringan internet. Sumber dana yang akan Anda pakai berupa simpanan atau instrumen pembayaran. Sebut saja kartu kredit, kartu debit serta uang elektronik.


Sistem pembayaran dengan cara digital memang lebih banyak jenisnya. Bahkan jenis pembayaran seperti inilah yang paling populer di Indonesia.

Fazz Business: Payment Solution Penyedia Pembayaran Non Tunai

Jenis sistem pembayaran dengan menggunakan metode non tunai memang sangat menarik dan memiliki kelebihan tersendiri. Utamanya, Anda tak perlu membawa uang cash kemana-mana. Akan tetapi Anda tetap bisa melakukan transaksi apa saja tanpa mengalami kendala.

Salah satu penyedia layanan sistem pembayaran non tunai adalah Fazz Business. Layanan pembayaran non tunai yang ditawarkan oleh Fazz Business menggunakan metode QR code dinamis. QR code ini akan dikirimkan melalui payment link.

QRIS dinamis ini bersifat tak memiliki keterbatasan dalam membuat link baru bagi setiap transaksi atau pelanggan. Sehingga metode ini sangat cocok dipakai oleh para pemilik bisnis. Dengan begitu mereka akan lebih mudah mencatat semua transaksi pembayaran yang dilakukan dalam satu waktu. Selain itu, QR dinamis juga meminimalisir adanya kesalahan memasukan nominal saat melakukan pembayaran.

Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai jenis sistem pembayaran atau ingin menciptakan QR code dinamis pada bisnis Anda? Silakan menghubungi tim Fazz Business melalui websitenya di https://fazz.com/id/products/pay-and-receive/.

Related Posts

10 comments

  1. Saya paling suka bayar pakai Qris, cuman memang kendalanya nggak semua tempat nerima Qris, bahkan indo alfa juga cuman nerima cash atau atm.
    Sebel sih, hope nanti semua bisa pakai Qris :)

    ReplyDelete
  2. Untuk saat ini sistem pembayaran non tunai udah makin banyak, termasuk saya yang udah jarang banget megang uang cash karena udah keenakan bayar apa2 via non tunai. Kalo punya usaha boleh juga nih pake jasa Fazz Business biar usaha kita gampang buat pembayaran non tunai dari pelanggannya.

    ReplyDelete
  3. lebih sering pakai QR Code dan M-Banking, ngerasa mudah aja sama sistem pembayaran ini, apalagi sejak kuliah paling malas bawa uang cash karena semuanya sudah di permudah juga kan sama sistem dan perkembangan teknologi

    ReplyDelete
  4. Sekarang memang lebih nyamaan bertransaksi dengan QRIS ya
    kupikir ini tadinya Flazz eh ternyata beda lagi, semoga aja semakin memudahkan bertransaksi

    ReplyDelete
  5. Saya masih lebih sering menggunakan internet banking dan kartu debit. Tetapi, memang sekarang semakin dimudahkan dengan semakin banyaknya sistem pembayaran

    ReplyDelete
  6. benar semua, tapi untuk daily poin 7. QR code jadi poin 1 versi aku mas
    apalagi dimana2 sudah available penggunaan QR code, khususnya coffee shop :D

    ReplyDelete
  7. dulu yaa bayar harus bawa cash. Sekarang saat ketinggalan dompet, yang penting bawa HP bisa bayar lewat qris atau transfer dengan mobile banking.
    anakku pun minta belajar bayar dengan e-money.

    ReplyDelete
  8. Pembayaran dengan cara cashless asiknya tuh gak perlu lama nungguin uang kembalian ya. Sehingga mempercepat antrean juga, dan praktis lagi pakai gadget udah deh transaksi keuangan lancar

    ReplyDelete
  9. Sekarang memang banyak pilihan ya Kang, bisa bayar pakai cara macam-macam. Aku sih paling sering akai M-banking, sesekali debit di minimarket atau QRIS kalau terpaksa. Intinya, banyak pilihan buat pembayaran. Yang jadi soal adalah pusingnya cari sumber pemasukan, haha....

    ReplyDelete
  10. Enaknya warga kota besar, banyak pilihan jenis pembayaran yang serba memudahkan. Di daerah, kemudahan-kemudahan tersebut mulai terbatas. Syukurnya, tetap ada jenis pembayaran yang bisa dilakukan secara online dan meminimalkan keharusan berkunjung langsung ke bank.
    Alhamdulillah

    ReplyDelete

Post a Comment