Mudik ke Kota Pahlawan, Jangan Lupa Mampir ke 5 Tempat Kuliner Ini

Table of Contents
Mudik menjadi momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Gimana tidak, kita akhirnya bisa pulang ke kampung halaman lagi dan bertemu dengan sanak saudara atau keluarga yang ada di rumah. Nah, momen mudik ini ga hanya jadi momen silaturahmi aja nih, tapi juga bisa jadi ajang makan-makan bareng saudara! Aku pun berniat mengajak sanak saudara di Surabaya untuk makan-makan selama libur lebaran ini, lumayan kan bisa makan makanan khas Kota Pahlawan lagi!
Kuliner Surabaya
Buat kamu yang ingin mudik ke Surabaya atau kota lain, kamu bisa nih beli tiket pesawat dengan mudah dan cepat hanya di Traveloka. Kamu bisa beli tiket maskapai Super Air Jet ataupun maskapai lainnya dengan praktis di Traveloka. Aku selalu pakai aplikasi ini sih, karena user interface atau tampilan aplikasinya gampang banget buat dipahami.

Nah, kalau kamu mudik ke Surabaya juga, aku kasih nih 5 rekomendasi tempat kuliner di Surabaya yang wajib banget kamu cobain selama di Surabaya!

5 Rekomendasi Kuliner di Surabaya

1. Sate Klopo Ondomohen

Kuliner Khas Surabaya

Rekomendasi kuliner yang pertama adalah sate. Lho, sate kan udah biasa? Tenang dulu, ini adalah sate klopo alias sate klapa. bukan, bukan daging kelapa yang jadi sate, melainkan Sate Klopo adalah sate yang terbuat dari daging sapi, ayam atau kambing yang dicampur dengan kelapa parut dan dibakar hingga matang.

Berkat tambahan parutan kelapa inilah rasanya gurih dan sangat lezat, cocok disajikan dengan nasi atau lontong. Salah satu tempat yang menyajikan sate klopo ondomohen yang terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, yang ada di jalan Walikota Mustajab. Tempat ini jadi salah satu tempat terbaik buat kamu menikmati sate klopo, karena tempat ini udah berdiri dari tahun 1945! Wah, legendaris banget kan?

2. Rawon Setan

kulineran Surabaya

Ngomong-ngomong soal kuliner Surabaya, ga pas rasanya kalau ga makan rawon. Nah, rawon adalah makanan tradisional Surabaya yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam kuah berwarna hitam yang dibuat dari kluwak. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, tauge, emping, dan sambal.

Salah satu tempat yang menyajikan rawon terbaik adalah Rawon Setan Surabaya yang ada di Embong Malang. Tempat makan ini jadi salah satu yang terkenal di Surabaya, karena kerap jadi langganan para pengunjung, bahkan para artis! Sesuai namanya, Rawon Setan ini menyajikan rawon dengan sensasi pedas yang enak. Buat yang ga suka pedas bisa minta menu yang tidak pedas, kok! Selain rawon, ada menu lain nih, seperti Nasi Osek, Nasi Campur, Nasi Pecel, dan Nasi Bali Daging.

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Tempat Kuliner di Surabaya
Soto jadi comfort food banyak orang, karena mudah dinikmati dan juga gampang dijumpai. Begitu juga di Surabaya, di sini ada Soto Ayam Lamongan Cak Har yang terkenal banget. Soto Ayam Lamongan adalah makanan yang terbuat dari ayam yang dimasak dalam kuah kaldu yang kaya rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan mie, tauge, potongan telur rebus, koya, dan sambal.

Sebenarnya ada banyak toko Cak Har ini, tapi salah satu yang terkenal dan selalu ramai adalah toko yang terletak di Jalan Dr.Ir. H. Soekarno atau daerah Rungkut. Jangan lupa tambah koya yang banyak, ya!

4. Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim

Tempat Kuliner Surabaya
Selain rawon, Surabaya juga terkenal dengan rujak cingur, nih! Buat yang belum tahu, Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari irisan cingur (hidung sapi) yang dicampur dengan sayuran seperti timun, tauge, kacang panjang, dan lontong. Bumbunya terbuat dari campuran petis, bumbu rempah, dan gula merah.

Nah, salah satu tempat yang pas banget adalah Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim yang berada di Jalan Genteng Durasim. Sesuai namanya, ada menu sop buntut yang ga kalah lezat. Duh, jadi laper deh!

5. Tahu Tek Pak Jayen

Kulineran lebaran di Surabaya
Makanan ini tampilannya mirip banget sama ketoprak. Tapi, makanan ini beda dengan ketoprak lho, karena tahu tek menggunakan petis dan juga kecap yang lebih banyak, beda dengan ketoprak yang pakai bumbu kacang dan sedikit kecap. Tahu tek ini juga ga pakai bihun, ya!

Nah, Surabaya itu terkenal dengan sajian tahu tek ini, dan salah satu tempat populernya adalah Tahu Tek Pak Jayen. Tahu Tek Pak Jayen ini udah buka sejak lama dan jadi salah satu langganan untuk menikmati tahu tek. Biar lebih enak, kamu bisa minta tambahan telur dadar yang enak dan gurih di menu tahu tek ini. Salah satu kelebihan tempat ini adalah tempat yang luas dan juga penyajiannya yang cepat. Jadi, kamu ga perlu nunggu lama pas makan di sini!

Demikian rekomendasi 5 tempat kuliner di Surabaya yang wajib kamu datangi saat libur lebaran, nih. Mudik ke Surabaya jadi makin mudah, karena kamu tinggal pesan tiket Super Air Jet atau tiket maskapai lainnya hanya di aplikasi Traveloka! Ga cuma beli tiket pesawat, ada juga menu lain seperti tiket kereta, booking hotel, dan tiket acara yang ada di tempat kamu. Yuk, download aplikasi Traveloka sekarang!

1 comment

Comment Author Avatar
April 7, 2023 at 2:44 PM Delete
Kayaknya soal menu makanan khas Surabaya ini beberapa sering kudengar, tapi sate klopo Ondomohen ini yang jarang kudengar. Kayaknya unik ya ada kelapa di satenya, masih belum bisa bayangin soal rasanya gimana