7 Daftar Kegiatan Ramadhan Ayah dan Anak

Konten [Tampil]
Ramadhan merupakan momen berharga bagi orang tua untuk lebih dekat dengan anak. Tidak hanya itu, ramadhan bisa menjadi kesempatan untuk merebut momen anak. Bagi orang tua, khususnya ayah, momen ini bisa direbut dengan kegiatan ramadhan ayah dan anak.

Ini perlu dilakukan orang tua mengingat ramadhan merupakan waktu istimewa bagi semua orang termasuk bagi ayah. Waktu ini bisa digunakan untuk mengajarkan anak ibadah-ibadah khusus yang hanya ada di bulan ramadhan.
kegaiatn ramadhan ayah dan anak

Kegiatan Ramadhan Ayah dan Anak

Kegiatan ramadhan ayah dan anak merupakan kegiatan penting yang tidak boleh dilewatkan. Ayah memiliki tugas mengenalkan anak pada nilai-nilai ibadah di bulan ramadhan. Pun dengan anak, mereka membutuhkan para ayah untuk mengajari, dan membimbing mereka.

Lantas apa saja kegiatan ramadhan ayah dan anak yang bisa dilakukan oleh orang tua khususnya para ayah? Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama di bulan ramadhan.

Apa saja kegiatan anak di bulan ramadhan?

Ada banyak kegiatan ramadhan ayah dan anak yang bisa diimplementasikan di rumah. Tujuannya selain memang untuk mengisi waktu luang, juga untuk mengajarkan anak tentang nilai-nilai di bulan ramadhan.

1. Mengaji bersama

Mengaji adalah aktivitas ibadah yang biasa dilakukan setiap orang dalam keseharian. Namun di bulan ramadhan mengaji cukup berbeda pelaksanaannya. Di mana pada bulan ramadhan biasa disebut dengan kegiatan Tadarus, yaitu saling menyimak dan meluruskan jika ada kesalahan saat mamba a ayat Al Quran.


2. Membaca buku bersama

Bulan ramadhan waktu belajar anak di sekolah tidak sepadat di luar ramadhan. Ayah dan bunda bisa memanfaatkan waktu senggang dengan mengisinya melalui aktivitas membaca buku bersama. Bisa membaca buku pelajaran, atau buku cerita tentang kisah para Nabi.

Orang tua bisa mengemas dengan kegiatan membaca nyaring dan diskusi bersama anak.

3. Salat berjamaah

Saat ramadhan orang tua dan anak memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul. Orang tua, khususnya ayah harus menangkap momen ini. Shalat lima waktu berjamaah bisa dilakukan ayah bersama anak di masjid.

Bisa juga shalat berjamaah bersama semua keluarga di rumah. Tujuannya untuk memberikan contoh kepada anak bagaimana cara salat dan apa yang harus dilakukan setelah salat.

Mengajarkan anak salah sunnah juga bisa dilakukan di bulan ramadhan secara lebih intensif. Sehingga orang tua ahris betul-betul memanfaatkan momen ini.
kegiatan ramadhan ayah dan anak

4. Berbagi untuk tetangga yang membutuhkan

Bulan ramadhan bulan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai waktu mengajarkan anak berbagi dengan saudara atau dengan tetangga yang membutuhkan. Orang tua bisa bersama anak-anak menjelang waktu berbuka keliling bersama, mendatangi rumah lansia atau keluarga yang tidak mampu.

5. Mengajarkan anak berinfaq/bersedekah

Selain melakukan berbagai aktivitas di atas, orang tua bisa juga mengajarkan anak untuk rajin berinfaq atau bersedekah. Ayah atau bunda bisa mengajarkan anak untuk berinfak rutin setiap pagi dengan menyediakan kaleng khusus. Menjelang akhir ramadhan orang tua bisa mengajak anak untuk mendatangi anak-anak dari keluarga tidak mampu. Bisa memberikan langsung berupa uang, atau bisa juga berupa barang yang dirasa bermanfaat dan bisa membahagiakan mereka di bulan ramadhan.

Ayah bisa mengajak anak menunaikan infak atau sedekah baik secara langsung kepada mereka yang membutuhkan atau mengajak ananda mengunjungi lembaga amil zakat terdekat.

6. Menunaikan zakat fitrah

Bulan ramadhan adalah bulan spesial. Bulan khusus yang di dalamnya terdapat ibadah khusus. Salah satunya adalah menunaikan zakat fitrah. Menunaikan zakat fitrah satu-satunya ibadah yang hanya bisa dipraktekkan langsung di bulan ramadhan. Kalau di luar ramadhan bentuknya hanya latihan.

Ayah bisa memperkenalkan lebih jauh dan rinci apa itu zakat fitrah, berapa besarannya, kapan waktu menunaikannya, bagaimana niatnya.

7. Ngabuburit bersama

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah ngabuburit. Waktunya tepat sekali bagi orang tua untuk memperkenalkan kepada anak tentang ngabuburit. Orang tua bisa membuat daftar ngabuburit misal membeli kudapan di tetangga sekitar, jalan-jalan sekitar kompleks, membagikan menu takjil bagi pengguna jalan, atau menggunakan waktu ngabuburit untuk berburu jadwal kajian menjelang berbuka ramadhan bersama anak.


Makin Dekat dengan Kegiatan Ramadhan Ayah dan Anak

Ayah dan bunda bisa semakin dekat dan lekat pada bulan ramadhan. Kesempatan bulan mulia, bulan suci ini tidak boleh dilewatkan oleh orang tua khususnya ayah. Banyaknya waktu kebersamaan di bulan ramadhan harus dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai bagian dari proses pendidikan, pengasuhan, dan pendampingan anak oleh ayah.

Berbagai kegiatan ramadhan ayah dan anak di atas bisa menjadi bagian dari daftar kegiatan yang tidak boleh dilewatkan orang tua khususnya ayah. Jadikan anak makin cinta, dan makin dekat dengan berbagai ibadah di luar ramadhan yang ditempa pada bulan ramadhan. Ibadah itu meliputi shalat berjamaah, mengaji bersama, membaca buku bersama, berbagi, berinfaq dan bersedekah.

Bagikan di kolom komentar yuk daftar kegiatan ramadhan yang sudah Ayah dan bunda persiapkan.

Related Posts

Post a Comment