Jualan Apa yang Laku Saat Bulan Puasa? Intip Yuk

Table of Contents
Bulan puasa menjadi bulan yang tidak hanya menjadi peluang untuk berbuat kebajikan, namun juga ada peluang usaha yang bisa ditangkap. Berbagai jenis peluang ini bisa ditangkap oleh semua orang baik remaja maupun yang sudah berkeluarga. Usahanya pun beragam dan tidak terlalu rumit untuk dijalankan. Lantas, jualan apa yang laku saat bulan puasa?
jualan apa yang laku saat bulan puasa

Jualan apa yang laku saat bulan puasa?

Jika berbicara jualan apa yang laku saat bulan puasa, ini erat kaitannya dengan bisnis apa saja yang paling banyak tumbuh sejak bulan puasa. Ada beberapa jenis jualan yang biasanya laku saat bulan puasa, di antaranya:

1. Jualan makanan dan minuman berbuka puasa

Jualan makanan dan minuman berbuka puasa di bulan ramadhan merupakan sebuah peluang besar. Mengingat di bulan ini banyak orang yang mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Ada banyak ide jualan minuman bulan puasa yang bisa dijadikan pilihan jika kita mau ikut menangkap peluang.

Makanan dan minuman yang kita jual akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari makanan dan minuman. Tujuan mereka mencari makanan dan minuman pun beragam. Ada yang untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk acara bersama keluarga atau teman.

2. Jualan kue kering dan basah

Sejak awal ramadhan jualan kue kering dan kue basah sudah mulai bermunculan. Baik dipromosikan melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. Kue kering dan basah juga merupakan jualan yang laris manis di bulan puasa, terutama saat menjelang lebaran.

Beberapa jenis kue kering yang biasa dijual di masyarakat kita adalah nastar, kastengel, dan putri salju. Sedangkan kue basah seperti lapis legit, pie susu, bolu kukus, dan lain sebagainya.

3. Jualan takjil

Jualan yang laku saat bulan puasa selanjutnya adalah jualan takjil. Takjil adalah makanan atau minuman ringan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Biasanya takjil bentuknya beragama, dan yang pasti berupa makanan atau minuman manis dan segar, seperti kolak, es buah, kurma, dan lain sebagainya.
ide jualan saat bulan puasa

4. Jualan hidangan berat

Setelah membatalkan puasa dengan menu takjil, orang-orang biasanya akan melanjutkan dengan shalat maghrib, sambil menunggu hidangan berbuka puasa yang dipesan selesai dipersiapkan. Selepas shalat biasanya menikmati hidangan berbuka puasa yang berupa hidangan berat. Itulah mengapa jualan hidangan berat menjadi salah satu jenis usaha yang laku dijual. Hidangan berat ini bisa berupa nasi kebuli, sate, sop kambing, dan lain sebagainya dapat menjadi pilihan yang tepat.

5. Jualan pakaian muslim dan aksesoris

Selain jualan makanan dan minuman, bulan puasa juga identik dengan orang membeli pakaian untuk lebaran. Mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua, semua membeli pakaian baru untuk hari raya.

Bahkan pada bulan ramadhan permintaan akan pakaian muslim dan aksesoris seperti hijab dan mukena juga meningkat. Terlebih ketika menjelang lebaran.

Itulah beberapa jualan yang laku saat bulan puasa yang banyak dijalankan oleh masyarakat. Jika dikerucutkan maka ada dua jenis bisnis yang laku saat bulan puasa yaitu bisnis fashion, dan bisnis makanan.

2 bisnis apa saja yang paling banyak tumbuh sejak bulan puasa

Bulan puasa bukan saja memberikan peluang munculnya usaha atau bisnis baru.Selain bisnis atau jualan yang laku saat bulan puasa, ada pula beberapa bisnis yang biasanya tumbuh pesat selama bulan puasa dan Idul Fitri, diantaranya:

1. Bisnis makanan dan minuman

Selama bulan puasa dan Idul Fitri, permintaan akan makanan dan minuman meningkat drastis karena orang mempersiapkan hidangan untuk berbuka puasa dan makanan khas lebaran. Oleh karena itu, bisnis makanan dan minuman seperti catering, warung makan, usaha kue kering dan basah dapat mengalami pertumbuhan yang signifikan selama ramadhan ini.

Terlebih menjelang hari lebaran, usaha kue kering semakin banyak dicari orang. Baik untuk sajian lebaran, atau untuk isi hampers bagi sanak saudara.

2. Bisnis fashion

Bisnis yang paling banyak tumbuh sejak bulan puasa yang kedua adalah bisnis fashion. Bisnis ini memang menjadi salah satu usaha yang cukup berkembang pesat saat bulan puasa terlebih menjelang ramadhan.
2 bisnis tumbuh pesat saat ramadhan
Saat ramadhan, banyak orang membeli pakaian baru untuk dipakai saat Idul Fitri. Di antara jenis pakaian dan aksesoris yang paling dicari orang adalah baju koko, sarung, peci, sajadah, hijab, mukena, dan tas kerap mengalami peningkatan penjualan selama bulan puasa.

Itulah beberapa contoh jualan apa yang laku saat bulan puasa yang bisa menjadi inspirasi bagi kita. Sehingga saat ramadhan kita sudah bisa mempersiapkan jauh-jauh hari produk apa yang akan kita jual. Namun dari itu, perlu diingat bahwa pertumbuhan bisnis selama bulan puasa dan Idul Fitri juga tergantung pada persaingan pasar dan kualitas produk serta layanan yang diberikan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan strategi dan merencanakan bisnis dengan matang agar bisa meraih hasil optimal di bulan ramadhan.

1 comment

Comment Author Avatar
April 27, 2023 at 8:46 AM Delete
paling suka jualan takjil pas puasa, pasti laku :D