Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless untuk Video

49 comments
Konten [Tampil]
Saat ini dunia content creator semakin berkembang pesat. Tentunya perkembangan akan diikuti oleh pemenuhan skill dan perlengkapan pendukung dalam pembuatan konten. Untuk konten video sendiri saat ini bisa semakin mudah. Kita bisa menggunakan kamera mirrorless untuk video.
kamera mirrorless untuk video

Kamera mirrorless untuk video

Kamera mirrorless untuk video banyak dipilih oleh content creator untuk membuat video sederhana seperti vlog. Meskipun fiturnya tidak selengkap kamera DSLR, namun fungsinya boleh dibilang sudah cukup mumpuni untuk membantu mengambil video yang jernih.

Namun demikian kita juga harus memahami bagaimana kamera mirrorless jika dilihat dari berbagai sisi seperti melihat kelebihan dan kekurangannya.

Apakah kamera mirrorless bisa merekam video?

Perkembangan teknologi membuat orang makin mudah untuk mengabadikan momen, bahkan mengerjakan project bermodalkan smartphone. Namun demikian meskipun memiliki pixel yang cukup mumpuni, smartphone kamera juga memiliki beberapa keterbatasan. Seperti zoom, dan kestabilan saat digunakan mengambil video. Maka solusinya agar gambar lebih stabil bisa menggunakan kamera mirrorless untuk video.

Kamera mirrorless layaknya produk elektronik lain pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kamera mirrorless untuk video

Apa kelebihan kamera mirrorless?

Kamera mirrorless saat ini banyak digemari oleh banyak orang. Pecinta travelling, vlogger, blogger, atau sekedar untuk mengabadikan video. Kamera mirrorless untuk video ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya

1. Mudah dibawa ke manapun

Kamera mirrorless dengan ukuran yang kecil dan bobot yang ringan sangat cocok untuk dibawa ke mana-mana. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang memilih kamera mirrorless untuk video untuk menemani keseharian mereka, baik untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau sekedar jalan-jalan.


2. Kamera mirrorless cocok dengan banyak lensa dan aksesoris.

Salah satu kelebihan dari mirrorless kamera adalah kamera mirrorless kompatibel dengan banyak lensa dan aksesoris. Jadi makin mudah bagi kita dalam melakukan eksplorasi objek dengan lensa tambahan baik merek yang sama atau merek yang berbeda. Untuk jenis berbeda, kita bisa menambahkan adaptor.


3. Ukurannya kecil

Ukuran yang kecil namun tetap memiliki desain yang unik, elegan, menjadikan mirrorless ini banyak dipilih orang dan selalu dibawa ke mana saja.


4. Hasil foto bagus

Hasil foto dan video kamera mirrorless untuk video juga tidak kalah bagusnya. Pengalaman menggunakan Canon EOS M100 hasilnya sangat tajam, warnanya pun menjadikan puas saat menggunakan kamera ini.


5. Hasil rekaman lebih baik daripada DSLR

Hasil rekaman video menggunakan kamera mirrorless untuk video tidak kalah dengan kamera DSLR. Bahkan pengalaman menggunakan kamera mirrorless menunjukkan hasil rekaman kamera lebih tajam dengan kualitas warna yang juga baik.

6. Teknologi Live Preview

Meskipun tidak dibekali viewfinder layaknya pada kamera DSLR, kamera mirrorless dibekali dengan teknologi Live Preview yang tidak kalah. Selain Itu, hasil gambar tidak berbeda dengan yang ditampilkan pada Live Preview.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kamera mirrorless yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilihnya sebagai teman berpetualang. Selain kelebihan, setiap produk tentu juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan kamera mirrorless?
kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless

Apa saja kekurangan kamera mirrorless?

Seperti halnya produk elektronik lainnya, kamera mirrorless untuk video selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan kamera mirrorless adalah

1. Daya baterai cepat berkurang

Jika kita selama ini terbiasa menggunakan kamera DSLR kemudian beralih menggunakan kamera mirrorless untuk video, maka akan merasa terkejut dengan baterai kamera yang cepat lowbat.

Hal ini dikarenakan sensor kamera terus menyala untuk bisa menangkap gambar dan menampilkannya pada layar LCD. Kondisi ini menyebabkan konsumsi daya baterai makin besar.

Maka ada baiknya memiliki baterai cadangan saat membeli kamera jenis ini.

2. Butuh perawatan khusus

Kamera mirrorless memiliki ukuran yang kecil sehingga membutuhkan perawatan khusus. Ukurannya yang kecil menjadikan kamera ini rawan terhadap goncangan. Selain.

3. Aksesoris dan lensa standar nya masih sedikit dan harganya mahal

aksesoris dan lensa standar untuk kamera mirrorless untuk video masih sangat terbatas jumlahnya jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Jika ingin menggunakan lensa manual, maka kita bisa membeli adapter agar bisa menggunakan lensa manual yang kita miliki.

4. Kurang bagus untuk objek bergerak

Untuk merekam video dengan kamera mirrorless untuk video akan menghasilkan hasil rekaman yang bagus. Berbeda dengan ketika digunakan mengambil gambar bergerak, kamera ini masih belum maksimal hasilnya Berbeda dengan kamera DSLR yang bisa dengan mudah menangkap gambar objek bergerak.

Itulah kekurangan yang ada pada kamera mirrorless. Jika membahas kelebihan dan kekurangan, tentu akan banyak sekali. Semua juga bergantung pada pengalaman masing-masing penggunanya.

Kesimpulan

Memiliki kamera mirrorless untuk video, akan memudahkan kita dalam menggunakannya untuk mendukung aktivitas keseharian. Kita bisa memanfaatkan kelebihan yang dimiliki kamera jenis ini. Namun kita juga harus memahami kekurangan kamera ini, agar kita bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan kamera ini.


Itulah kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk membeli.


Referensi
https://jagofoto.com/kelebihan-dan-kekurangan-kamera-mirrorless/

https://masbos.co.id/blog/14-kelebihan-dan-kekurangan-kamera-mirrorless/

Related Posts

49 comments

  1. dari dulu ngincer kamera mirorless dari Fujifilm tapi belum kesampaian
    sekarang banyak pilihan jadi kudu disesuaikan sama kebutuhan juga, rata-rata kalau buat ambil video, cukup bagus semua, jadi bingung

    ReplyDelete
  2. Jadi pertimbangan banget informasi ini untuk jadi membeli atau tidak kamera mirorless, apalagi untuk teman-teman content creator, pastinya butuh alat perang yang mumpuni untuk menghasilkan konten terbaiknya

    ReplyDelete
  3. Aku malah udah memuseumkan mirrorless. Soalnya kalo kemana2 enak bawa ponsel. Tinggal ambil foto/video, edit dikit, posting ke sosmed.

    Emang hasilnya ga sebagus mirrorless sih tp utk ukiluran sosmed, pake hp pun udah lumayan. Kecuali utk profesional, mirrorless/DSLR emg disarankan.

    ReplyDelete
  4. Saya punya kamera mirroles, Kang. Dan memang dari segi ketajaman gambar, jauh dbandingkan pakai hape.
    Hanya memang, waktu merekam sangat terbatas waktunya, dibandingkan hape. Terus kalau hape lebih praktis. Makanya saya sering pakai hape hehehe.

    ReplyDelete
  5. Dulu owenah ounya DSLR, dijual karena mulai ada tanda tanda berjamur dan ga bisa mbetulin, terus cita cita pinya mirrorless eh sampai sekarang belum keturutan. Baca ini jadi teringat lagi hehe

    ReplyDelete
  6. Butuh perawatan khusus ini yang perlu dicatat. Biayanya juga bisa banyak ya. Jadi mikir dulu deh kalau pakai kamera mirrorless.

    ReplyDelete
  7. terimakasih kak informasinya, jadi tau kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless. Butuh banget alat untuk membuat foto yang bagus buat blog tapi harus cari tau dulu mana kamera yg diperlukan

    ReplyDelete
  8. Saya yang mau beralih ke mirrorless masih mikir2 dan memang betul sekali butuh perawatan khusus ini yang saya masih pertimbangkan juga

    ReplyDelete
  9. dulu saya punya mirrorless dan memang bagus kok untuk video.. bukan hanya untuk motret2 saja bagusnyaa

    ReplyDelete
  10. Kebetulan aku pun masih baru memanfaatkan fitur dari kamera mirrorless-ku hanya untuk memotret saja sih, walaupun sebenarnya memang bisa juga dimanfaatkan untuk menghasilkan video. Belum beneran nyobain kalau dipakai ngulik video sih.

    ReplyDelete
  11. Impianku sih sebenernya pengen punya kameta mirrorless. Karena asyik dibawa ke mana-mana. Enteng gitu, dan gak repot.

    Meskipun untuk bikin video dg objek yang bergerak kurang bagus, tspi okelah, buat tahap belajar.

    ReplyDelete
  12. Plus minus ny asti ad ya kak. Klo saya emng kadng lebih memilih yang praktis dan mudah dibaw kemana-kemana. Tapi tetap sih lebih mengedepankan fungsi dan kegunaannya bakal bnyak digunakan untuk apa

    ReplyDelete
  13. setiap perangkat perang apalagi buat pekerja konten sseperti kamera ini bakal ada kekurangan dan kelebihannya ya. Tinggal disesuaikan saja sama kebutuhan dan kalau ada kurangnya yang masih bisa ditolerir

    ReplyDelete
  14. Sebelum kamera ponsel buming, saya masih menggunakan kamera DSLR dan mirorless
    Tapi karena merasa ribet dan udah merasa cukup dengan kamera ponsel, kamera DSLR dan mirorless malah disimpan aja deh

    ReplyDelete
  15. dulu sempat pengen banget punya kamera mirrorless ini tapi sekarang sudah nggak terlalu pengen lagi karena biasa pakai hape. heu

    ReplyDelete
  16. Setujuu saya pernah pakai mirrorless wkt ke jepang pernah jg dlsr bedaa di berat ajaa dan endingnya sukaa hp 🤭🤣🤣 lebih simple...tp hp yg kualitas bagus...

    ReplyDelete
  17. jadi kangen kamera sony ku huhu. tp emg kalo pake mirrorless itu karena enteng dan kecil jadi lebih semangat motretnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih enteng kalo pake mirrorles, cuma menurutku kurangnya bener di baterai sama.perawatannya

      Delete
  18. Punya suami itu kekurangannya kalau lama ngga dipakai lensanya bisa macet. Eh apanya sih, pokoknya waktu pencet on, bukaan kameranya jadi macet. Kalau buat video emang bagus banget

    ReplyDelete
  19. Sejauh ini aku dan suami belum mencoba kamera jenis ini. Penasaran juga, karena klaim hasilnya lebih bagus dan lebih ringan dibanding DSLR biasa. Jenis kamera ini cocok buat kemana-mana karena ringan.

    ReplyDelete
  20. Sekarang apa-apa uda bisa pakai HP euuii~
    Jadi mikir lagi mau nenteng-nenteng kamera mirrorless, apalagi keperluannya untuk video. Impianku pengen ganti HP yang resolusi videonya uda 4320p (8k).

    Ini beneran bagus banget.

    ReplyDelete
  21. Wah noted nih, sering bikin konten video, mending beli kamera mirrorless aja yah..

    ReplyDelete
  22. Aku juga suka pakai mirrorless karena lebih ringan jika dibandingkan dengan DSLR. Tapi sekarang semua kebutuhan foo dan video kayanya udah bisa dicover sama smartphone deh huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibalik kelebihan dan kekurangan mirrorless, memang saat ini banyak orang yang sudah nyaman hanya dengan smartphone saja karena spek kameranya pun sudah banyak yang mumpuni untuk membuat konten video, ya

      Delete
    2. saya belum pernah pakai DSLR jadi gak bisa compare sih kak, hehehe. tapi so far untuk fotografi pakai smartphone cukup kecuali untuk kebutuhan foto produk, pakai hp agak kurang

      Delete
  23. wow mirrorless lebih bagus dari DSLR? saya jadi semakin pengen memiliki si kamera mirrorless ini, krn lbh ringkas buat dibawa kemana2 utk kerja or bikin konten

    ReplyDelete
  24. sebetulnya saya masih bingung membayangkan kamera mirrorless itu seperti apa kak, hihihi. seperti gambar diatas kah? atau kamera pada umumnya ya? menurut saya sih tergantung tujuan pemakaian dan budget ya. kalau dirasa kamera mirrorless cukup mungkin udah bagus. tapi kalau mau kualitas lebih baik tentu DSLR ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapi kalo kita sering bikin video, aku pernah disarankan pakai mirroless aja sih Kak, kualitasnya bagus...

      Delete
  25. terima kasih sudah mention jagofoto.com dalam artikel ini. sukses buat blog nya. :)

    ReplyDelete
  26. Kameraku rusak, hiks belum beli lagi, jadi masih mengandalkan kamera HP aja nih
    jadi lebih recomen yang mirrorless ya Pak, kalau DSLR kan mihil pak

    ReplyDelete
  27. Kamera mirrorless memang jadi andalan buat bikin vlog ya. Dibalik semua kelebihannya ada kekurangan. Mahal dan kudu hati-hati pakainya.

    ReplyDelete
  28. Kalau buat newbie yg pengen belajar fotografi better beli kamera mirrorless ya Kak? Lebih paktis dibawa ke mana2 lalu hunting foto. Tentu wajib dirawat juga biar awet.

    ReplyDelete
  29. Bener pak gimana penggunaannya yaa, kalau kita bisa menggunakannya dengan baik kita bisa menutupi kekurangannya dengan mengambil obyek yang bagus. Duh pengen banget kamera gini, sekarang masih mengandalkan kamera handphone dulu, huhu.

    ReplyDelete
  30. Ternyata begitu ya kekurangan mirrorless, ya. Tetap engga menyurutkan keinginan memilikinya, sih. Tinggal diantisipasi aja kalau nanti beneran kebeli

    ReplyDelete
  31. inget pas beli kamera. Penjualnya ada nawarin kamera mirrorless juga. Cuma memang aku rada kesulitan dan nggak bisa juga yang merawat kamera mirrorless dengan baik. Jadi, dari pada aku kameraku cepet rusak. Aku pilih kamera yang biasa saja. Yang nggak butuh intens buat perawatan. Hehehe

    ReplyDelete
  32. salah satu modal nih kalau mau ngonten, secara dengan mirrorless lebih mudah ya namun butuh perawatan khusus, kudu sabar dan telaten nih kalau pakai mirrorless :)

    ReplyDelete
  33. Buat konten kreator, kamera mirorless tuh andalan banget. Keistimewaannya bisa live preview tuuh. Jadi bisa cepat shoot lagi, kalau hasilnya dirasa kurang bagus.
    Waduh...harus sedia batere cadangan kalik yah, kalau daya cepat habis...

    ReplyDelete
  34. Baru tau ternyata kamera mirrorless gak bagus untuk gambar bergerak. Aku punya tapi jarang dipake. Lensanya emang mahal.

    ReplyDelete
  35. Info yang menarik nih. Jadi yang belum punya kamera, nantinya akan mempertimbangkan sesuai kebutuhannya. Apakah mau beli kamera mirrorless atau DSLR.

    ReplyDelete
  36. Berasa banget memang bedanya kalau bikin video dengan kamera mirrorless gini. Ketajamannya pun lebih ciamik sih. Aku punya satu nih. Tapi memang si kamera mirrorless gini pas dibawa jalan, baterai cadangan nggak bisa ketinggalan karena memang daya baterainya nggak bisa lama kalau kupakai ngerekam video.

    ReplyDelete
  37. Paling sering lihat orang bawa Mirrorles dibanding DSLR ternyata memang sebagus itu ya Bang. Tapi harganya juga lumayan sih kalau kamera Mirrorless yang bagus. Dari dulu pengen sih punya minimal satu kamera ini hehe

    ReplyDelete
  38. Dulu waktu lagi suka-sukanya bikin konten video, pengen banget punya mirrorless. Kayaknya asik gitu, dan hasilnya bagus. Tapi yaaa, ternyata karena aku angin-anginan, selama ini pakai kamera hp aja udah :))

    ReplyDelete
  39. Saat punya kamera DSLR dan mirorless setiap bepergian saya selalu bawa baterai cadangan dan charger. Jadi pas habis udah siap ganti. Sat istirahat atau dalam kendaraan, saat itu bisa dipakai buat ngecas baterai yang kosong

    ReplyDelete
  40. Aku dulu sampe punya 6 baterai cadangan agar kamera mirrorless biar tetap nyala. Nunggu momen yg bagus2. Repot kalo hrs nunggu cas selesai baru pake. Apalagi pas ada event. Tp mirrorless emg plg ringkas sih dibanding DSLR. Meski skrg kamera ponsel jg udh lbh ringkas utk dibawa2. Kl utk sosmed, pake hp aja ckp kok.

    ReplyDelete
  41. emang mirrorless ini jadi pilihan lain yang cakep selain DSLR ya pak. meski memang kalau video masih kurang sih, mantap Pak

    ReplyDelete
  42. Ilmu banget buat potografer pemula, supaya nggak salah pilih kamera.

    ReplyDelete
  43. Wah, makasih banyak atas sharingnya! Sebenernya, pilihan antara kamera mirrorless dan DSLR emang selalu jadi perdebatan ya. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penting banget nih bagi pengguna kamera mirrorless untuk punya baterai cadangan dan perawatan ekstra, ya. Semoga dengan berkembangnya teknologi, kekurangan-kekurangan ini bisa diatasi!

    ReplyDelete
  44. Jadi kebayang sekarang yaa.. Keperluannya apa kalau untuk membeli kamera.
    Menangkap objek dalam bentuk foto atau video.
    Pertimbangan yang baik sekali karena kini tau kelemahan dari penggunaan kamera mirrorless untuk membuat sebuah konten video.

    ReplyDelete
  45. Trimakasih pa ugi. Untuk pencerahannya, yang pasti pertimbangan awal buat ibu2 harus ringan dibawa dan modelnya beautiful yaa. Mirrorless emng pilihan yg tepat.

    ReplyDelete

Post a Comment