12 Cara Membuat Blog yang Menarik Terupdate

Table of Contents
Untuk mempercantik tampilan blog, blogger pemula biasanya mencari informasi seputar cara membuat blog yang menarik. Ini karena saat pertama kali terjun ke dunia blogging masih memiliki pengetahuan yang minim dalam membuat blog yang sesuai dengan keinginan pembaca. 

Cara membuat blog yang menarik

Setiap orang yang baru memiliki blog tentu memiliki pengalaman yang sama dalam hal tampilan blognya. Apalagi ketika melihat tampilan blog milik blogger lain, pasti akan ada rasa kagum dan rasa ingin memiliki tampilan yang keren. Tentunya jika mau berusaha akan menemukan caranya. Salah satunya melalui tulisan ini, anda akan tahu cara membuat blog yang menarik seperti blog yang anda temukan saat berkunjung ke blog orang lain.
cara membuat blog yang menarik
Untuk memiliki tampilan blog yang menarik pastikan Anda sudah mendaftar dan memiliki akun blog baik berbasis wordpress atau blogspot. Lalu mengetahui fitur dan fungsinya, serta langkah-langkah untuk mempercantik blog anda. Di sini anda akan memperoleh informasi tentang beberapa hal mendasar berhubungan dengan cara jadi blogger pemula.

Apa perbedaan website dan blog?

Website dan blog merupakan media online yang sama-sama memiliki tujuan menyediakan informasi bagi masayarakat luas. Namun demikian, keduanya tetaplah memiliki perbedaan. Apa perbedaan website dan blog?

a. Definisi website dan blog

Website merupakan kumpulan dari beberapa halaman yang bisa diakses melalui internet Contoh dari website yaitu Google.com, dan Facebook.com. Sedangkan blog adalah media online yang berisi konten-konten tertentu sesuai dengan tema atau topik yang dipilih untuk menjadi informasi.

b. Isi website dan blog

Website biasanya berisi informasi yang hanya bersifat umum dan terbatas pada pembahasan sesuai halaman yang ditampilkan seperti halaman profil, halaman produk,dan halaman kontak.

Blog seperti halnya website juga menampilkan informasi halaman profil dan halaman kontan. Namun lebih spesifik lagi, pada blog anda bisa menuliskan informasi yang banyak dicari orang sesuai dengan topik atau tema yang dipilih. Tema khusus yang dipilih bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam cara membuat blog yang menarik.

Misalkan anda memiliki blog yang khusus membahas review tentang film. Maka informasi yang disajikan adalah informasi seputar film dan bintangnya, opini, dan lain-lain. Misal film terbaru Indonesia 2022, dan film terbaik tahun 2022.

c. Tujuan pengelolaan website dan blog

Dilihat dari tujuannya sama-sama bertujuan untuk memberikan informasi, namun secara lebih spesifik keduanya tetap berbeda. Website biasanya digunakan oleh perusahaan dengan tujuan untuk membangun brand perusahaan, dan menyediakan informasi seputar bisnis yang dijalankan. Sedangkan blog tujuannya adalah untuk mendapatkan pengunjung (pembaca) atau dengan kata lain untuk menjaring traffic sesuai dengan niche atau tema yang dimiliki.

Apa bedanya blog dan blogger?

Sebelum berbicara tentang cara membuat blog yang menarik,ada baiknya jika Anda terlebih dahulu memahami tentang apa bedanya blog dan blogger. Selain itu juga anda juga perlu memahami apa itu Blogger dan blogging.

Mengapa perlu memahami istilah-istilah itu? Karena saat mengelola blog anda akan familiar dengan istilah-istilah tersebut.

a. Blog

Blog adalah media online yang berisi konten-konten tertentu sesuai dengan tema atau niche yang sudah dipilih saat sebelum membuatnya. Ada yang membahas seputar teknologi, keuangan, kesehatan, parenting, pendidikan, lifestyle, olahraga, dan lain-lain.

b. Blogger atau Blogger.com

Blogger atau Blogger.com adalah situs website milik google yang bisa digunakan secara gratis oleh semua orang untuk membuat sebuah blog. Dalam bahasa lain Blogger dikenal dengan CMS (Content Management System).

c. blogger

blogger adalah orang yang membuat blog dan mengisi konten pada blog dengan informasi seputar tema yang diangkat.
cara membuat blog yang menarik

d. Blogspot

Blogspot adalah sub domain atau alamat yang berada pada Blogger.com sebagai CMS. Blogspot sebagai domain (alamat) biasanya menjadi alamat url dari blog Anda, misal deevalife.blogspot.com.

e. Blogging

Blogging adalah aktivitas pengelolaan blog oleh blogger melalui fitur pengelolaan pada blogspot.

Itulah beberapa istilah berkaitan dengan aktivitas pengelolaan blog yang harus Anda kenali agar tidak salah dalam menyebut menulis saat membahas tentang cara membuat blog yang menarik.

Jelaskan Langkah-Langkah Membuat Blog Untuk Pemula

Setelah mengetahui perbedaan antara web dan blog, dan beberapa istilah seputar dunia pengelolaan blog, kali ini akan saya jelaskan langkah-langkah membuat blog untuk pemula. Ini merupakan langkah pertama dalam cara membuat blog yang menarik.
cara membuat blog yang menarik

1. Masuk halaman blogger.com

Pertama-tama silakan masuk ke halaman www.blogger.com melalui browser pada PC atau laptop anda.

2. Pilih Create your blog

Setelah itu anda akan dibawa ke halam utama www.blogger.com. Silakan Klik tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Buat akun dengan email

Selanjutnya Anda bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspot Anda. Jika belum memiliki akun gmail silakan buat terlebih dahulu.

4. Lengkapi profil

Setelah masuk pada akunblogger.com, anda akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog anda. Meskipun anda diminta untuk melengkapi profil, akan tetapi anda bisa mengisinya dilain waktu.

5. Settingan dasar pada dashboard

Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat.Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.

6. Klik create blog

Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, anda bisa menolaknya dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.

7. Pengaturan post blog

Langkah selanjutnya anda akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik anda.Kemudian anda bisa klik publish jika telah selesai menulis isi blog.

8. Lihat hasil postingan

Terakhir jika anda ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan anda pada blog, anda bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang anda buat.

Jika anda sudah membuat blog dengan domain blogspot.com, maka tugas selanjutnya adalah memahami setiap fitur yang ada di dalamnya. Tujuannya agar bisa lebih memahami dan menemukan jawaban dari cara membuat blog yang menarik.

Bagaimana agar blog terlihat menarik?

Anggap saja ini adalah pertama kali anda membuat sebuah blog. Saat anda berpikir bagaimana agar blog terlihat menarik, maka anda akan melakukan dua hal. Pertama anda akan bereksperimen dengan blog yang sudah didaftarkan. Kedua anda akan mencari jalan lebih mudah yaitu meminta bantuan web/blog developer.

Kali ini saya akan membahas bagaimana agar blog terlihat menarik. Apa saja yang bisa seorang blogger lakukan sendiri untuk membuat blog nyaman disinggahi, dan membuat orang betah untuk berlama-lama mengakses blog anda. Ini dia cara membuat blog yang menarik yang wajib anda lakukan.

1. Pilih tema (niche) yang sesuai passion

Saat membuat blog, maka anda harus sudah harus memiliki gambaran blog seperti apa yang akan anda bangun. Hal ini sangat berkaitan dengan penentuan desain dari blog yang akan anda buat.

Memilih tema di awal adalah bagian yang penting, yang mana setelah anda menentukan dan memutuskan tema yang akan diangkat anda akan bisa membuat bagian-bagian lain secara lebih detail sesuai dengan tema.

Pemilihan tema ini merupakan poin penting saat anda membuat blog yang menarik. Mengapa? Karena tema ini sangat berkaitan dengan tujuan dari blog yang anda buat. Tujuan ini lebih mengacu pada informasi atau konten apa yang akan diangkat melalui blog yang dibuat.

Apakah anda akan mengulas seputar teknologi? Atau akan menulis tentang perjalanan anda ke tempat-tempat wisata? Semua ini akan berpengaruh pada penentuan template (theme) yang tepat sesuasi dengan niche yang diangkat.

2. Mencari dan memilih template yang sesuai

Anda sudah menentukan tujuan dari blog yang akan anda buat, yaitu dengan menentukan tema. Maka cara membuat blog yang menarik selanjutnya adalah mencari dan memilih template yang tepat.

Anda bisa mencari template-template yang banyak disediakan secara gratis. Carilah yang sesuai dengan niche dari blog anda. Sesuaikan warna template dengan filosofi dibalik blog anda.Termasuk anda harus memilih tampilan template yang pas.

Selain pemilihan tampilan dan layout anda juga perlu melihat beberapa pertimbangan lain yang biasanya ada pada keterangan template, diantaranya:

a. Tampilan nyaman di berbagai mode

Memilih template tidak sekedar melihat pada desain tampilan semata.Anda perlu melihat apakah template yang disediakan bisa menampilkan tampilan yang responsive. Baik ketika diakses melalui seluler (mobile) maupun saat anda mengaksesnya menggunakan desktop.

Untuk mengeceknya anda bisa mencoba mengakses file demo dari PC atau laptop kesayangan anda. Untuk mengecek apakah nyaman pada mode mobile, kalian bisa mengecek dan mencobanya langsung pada HP yang anda miliki.

Jika hasilnya sama-sama cepat maka anda bisa mengunduh template itu dan menggunakannya untuk blog anda.

b. Fast loading

Saat anda sudah menemukan template yang tepat, langkah selanjutnya yang harus anda terapkan yaitu melakukan pengecekan seberapa cepat template yang ada gunakan.

Untuk melakukan pengecekan performance blog anda saat menggunakan laptop dan mobile anda bisa menggunakan situr https://pagespeed.web.dev/ .

Biasanya anda akan melihat perbedaan yang cukup singnifikan antara versi PC/Laptop dengan versi mobile. Apalagi ketika jumlah artikel dan gambar pada blog semakin banyak, maka akan sangat mempengaruhi user experienced dalam mengakses blog anda.

c. SEO Friendly

Setiap blogger tentu mendambakan blog yang memiliki template SEO Friendly. Namun dambaan itu tidak akan bisa diraih dengan serta merta. Mengapa demikian? Karena msekipun template memiliki keterangan SEO Friendly, pada kenyataannya tidak sepenuhnya.

Beberapa template ada yang memang sudah SEO friendly secara struktur. Namun ada pula yang belum sesuai. Terkadang atau bahkan seringkali template itu masih belum memenuhi kaidah SEO meskipun sudah memiliki keterangan SEO friendly.

Lantas bagaimana cara mengetahui apakah blog kita sudah memiliki struktur yang ramah SEO atau sebaliknya tidak ramah SEO. Caranya sangat mudah yaitu dengan memasang extension meta seo inspector pada chrome browser anda.

Cara membuat blog yang menarik adalah dengan memperhatikan SEO pada template. Menggunakan Meta SEO Inspector akan memberikan anda informasi apakah secara struktur heading sudah sesuai atau tidak. Jika masih belum, maka tugas selanjutnya adalah melakukan customisasi pada blog yang ada pilih.

d. Mudah diatur

Dalam memilih template pilihlah template yang memiliki dokumentasi bagaimana cara custom template itu sendiri. Panduan yang disertakan pada template yang disediakan akan semakin mempermudah anda dalam melakukan penyetelan atau custom template.

3. Memiliki navigasi yang mudah

Salah satu cara membuat blog yang menarik bagi pengunjung adalah dengan membuat menu navigasi. Menu ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam mencari artikel sesuai dengan kategorinya.

Selain memudahkan pengunjung dalam menemukan artikel dengan mudah, tujuan lainnya adalah untuk menarik pengunjung masuk ke menu lain yang tersedia.

Navigasi di sini bukan hanya menu yang biasanya terdapat pada bagian atas halaman blog. Navigasi bisa juga berupa label, dan arsip artikel.

4. Memiliki white space

White space adalah area kosong yang terdapat pada blog yang anda miliki merupakan salah satu cara membuat blog yang menarik. Menyediakan ruang kosong agar tidak mengganggu saat membaca karena akan terlihat ramai dan penuh. Dengan adanya white space area, maka akan membuat pengunjung merasa nyaman saat membaca artikel di blog kita.

5. Terapkan Struktur Heading

Cara membuat blog yang menarik tidak hanya dari sisi tampilan desain atau lay out saja, namun juga dari sisi struktur heading. Struktur heading ini untuk membedakan mana yang menjadi poin utama, dan mana poin turunan, dan penjelasan.

Dengan adanya heading ini akan mempermudah pembaca menemukan poin-poin yang dicari dan dinginkan dengan lebih cepat dan mudah.

Selain itu, penerapan struktur heading juga merupakan bagian dari cara mengoptimalisi artikel agar bisa ramah SEO sehingga mudah dikenali oleh mesin pencarian Google.

cara membuat blog yang menarik

6. Tambahkan gambar atau infografis

Cara membuat blog yang menarik berikutnya adalah dengan penambahan gambar atau infografis pada artikel akan memberikan pengaruh pada kenyamanan membaca. Penempatan gambar dalam artikel akan memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengistirahatkan sejenak indra penglihatan saat membaca.

Selain itu, penambahan gambar juga menjadi salah satu cara mengoptimlisasi artikel yang anda tulis. Pada gambar anda bisa menambahkan image title dan alt image. Dimana saat orang mencari gambar dengan kata kunci tertentu dan menemukan gambar anda, maka akan membawa orang tersebut untuk mengunjungi blog anda.

7. Bedakan warna font pada link

Saat menulis artikel di blog, tentu anda tidak terlepas dari menyematkan link pada kata atau phrase tertentu. Untuk membedakan mana tulisan yang mengandung link dan yang tidak ada link maka sebaiknya diberikan warna yang berbeda.

Misal warna utama tulisan pada artikel blog anda adalah hitam, anda bisa mengatur warna tulisan yang mengandung link baik link internal maupun internal dengan warna lain, misal pada blog saya diberi warna ungu soft. Ini merupakan salah satu cara membuat blog yang menarik yang juga perlu anda perhatikan.

8. Batasi jumlah font

Cara membuat blog yang menarik lainnya adalah dalam penggunaan font. Saat menggunakan font jangan gunakan jenis font terlalu banyak. Mengapa, bukankah semakin banyak font akan menambah variasi?

Memang betul and abebas berkreasi, namun semakin banyak font yang anda gunakan yang ada akan membuat tampilan blog anda semakin tidak menarik. Akan terkesan berantakan, tidak tertata dengan baik.

9. Tidak terlalu banyak warna

Warna memiliki pengaruh dalam membuat blog. Dimana anda harus membatasi jumlah warna saat membuatnya. Blog yang memiliki warna banyak akan membuat tampilan blog tidak terlalu menarik. Cara membuat blog yang menarik adalah dengan menerapkan warna maksimal 3 warna.

Contoh anda menerapkan dua warna pada blog anda, yaitu warna utama yang mencolok adalah warna ungu, dan ada warna ungu soft untuk block label. Warna yang tidak terlalu ramai tidak akan menganggu pengunjung saat menatap dan membaca isi blog anda.

10. Menjaga branding

Menjaga branding blog perlu dijaga. Jangan terlalu sering mengganti template, karena terkadang akan membuat pengunjung lupa dengan blog anda. Semakin sering anda mengganti template, maka akan membuat pengunjung tidak familiar dengan blog anda.

Padahal sebelumnya pengunjung sudah merekam kalau blog dengan warna ini, tulisan begini, fitur menu begini, adalah blog ini.

11. Gunakan background yang mudah dilihat.

Pemilihan background juga merupakan cara membuat blog yang menarik. Jangan harap pengunjung akan melanjutkan membaca jika blog anda menggunakan background berwarna gelap, misal hitam. Jika warna yang dipilih adalah warna gelap, maka warna tulisan adalah warna yang kontras dengan background.

Padahal warna yang terlalu terang, atau terlalu kontras akan membuat mata lelah saat membaca. Pun dengan background gelap, akan membuat blog terlihat monton.

12. Konten yang menjawab

Cara membuat blog yang menarik selain dari tampilan adalah dari konten yang dibuat dengan baik. Konten yang baik adalah konten yang bisa memberikan jawaban kepada yang membutuhkan.

Konten yang menjawab adalah konten yang bisa memberikan solusi kepada pembaca. Untuk membuat konten yang menjawab, tentunya anda harus melakukan research keyword. Tujuannya untuk menemukan apa yang diinginkan oleh orang. Untuk mengetahui topik apa yang dicari orang saat berselancar di internet.

Saat menemukan keyword, maka kemudian diramu menjadi sebuah konten yang berisi solusi, atau jawaban atas apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Dalam dunia bisnis bisa diibaratkan layaknya penyedia jasa menjawab kebutuhan konsumen.

Kesimpulan

Membangun sebuah blog membutuhkan kejelian dan ketelatenan. Hal ini karena blog sama seperti rumah anda yang harus ditata sedemikian rupa. Diatur letak dekorasinya, memilih warna yang tepat, dan menyediakan ruang-ruang sesuai dengan gunanya masing-masing. Seperti itu pula dengan blog, harus sipersiapkan sebaik mungkin sebelum membuat.

Dengan adanya tulisan berisi tentang cara membuat blog yang menarik, diharapkan anda bisa membuat sebuah blog yang memiliki tampilan yang user friendly, dan nyaman untuk dikunjungi.

Cara membuat blog yang menarik

Untuk mempercantik tampilan blog, blogger pemula biasanya mencari informasi seputar cara membuat blog yang menarik.

Apa perbedaan website dan blog?

  • Definisi website dan blog
  • Isi website dan blog
  • Tujuan pengelolaan website dan blog

Apa bedanya blog dan blogger?

  • Blog
  • Blogger atau Blogger.com
  • blogger
  • Blogspot
  • Blogging

Jelaskan Langkah-Langkah Membuat Blog Untuk Pemula

  • Masuk halaman blogger.com
  • Pilih Create your blog
  • Jelaskan Langkah-Langkah Membuat Blog Untuk Pemula
  • Buat akun dengan email
  • Lengkapi profil
  • Settingan dasar pada dashboard
  • Klik create blog
  • Pengaturan post blog
  • Lihat hasil postingan

Bagaimana agar blog terlihat menarik?

  • Pilih tema (niche) yang sesuai passion
  • Mencari dan memilih template yang sesuai
  • Memiliki navigasi yang mudah
  • Memiliki white space
  • Terapkan Struktur Heading
  • Tambahkan gambar atau infografis
  • Bedakan warna font pada link
  • Batasi jumlah font
  • Tidak terlalu banyak warna
  • Menjaga branding
  • Gunakan background yang mudah dilihat.
  • Konten yang menjawab

Post a Comment