Hak orang tua terhadap anak, Apa saja?

14 comments
Konten [Tampil]
Dalam setiap hubungan selalu ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, Berbicara hubungan antara orang tua dan anak bukan hanya berbicara hak anak dari orang tua, namun juga membicarakan tentang hak orang tua terhadap anak.

Orang tua sebagai orang yang berjasa dalam kehidupan anak memiliki peran yang sangat besar. Kesabaran menanti buah hati, merawat buah hati selama dalam kandungan, bahkan seorang ibu harus bertaruh nyawa untuk melahirkan anak-anaknya. Semua adalah pengorbanan besar orang tua bagi anak.

Hak orang tua terhadap anak

hak orang tua terhadap anak
Berbicara hak orang tua terhadap anak bagi seorang muslim merupakan perkara yang agung. Islam mengajarkan kepada semua anak untuk senantiasa berbakti kepada orang tua. Baik untuk orang tua yang masih hidup terlebih bagi yang sudah meninggal dunia.

Beberapa hak orang tua terhadap anak atau dengan kata lain kewajiban anak terhadap orang tua yang perlu ditanamkan pada anak dan keluarga sejak dini

1. Berbakti kepada orang tua

Seorang anak diperintahkan oleh Allah untuk senantiasa berbakti kepada orang tuanya. Bentuk bakti anak tentunya sangat beragam. Bakti ini tidak hanya dilakukan pada waktu tertentu saja, namun lebih dari itu. Bakti seorang anak kepada orang tua tidak mengenal waktu.

Bakti seorang anak bukan hanya selama orang tua hidup. Bakti seorang anak kepada orang tua adalah selama kita sebagai seorang anak hidup di dunia ini.

Bahkan saat orang tua sudah meninggal dunia, seorang anak harus terus menjalankan baktinya terhadap orang tua. Berbuat amal kebaikan untuk orang tua. Menunaikah sedekah yang pahalanya diperuntukkan bagi orang tua. Menjaga hubungan baik dengan kerabat orang tua.

2. Mentaati Orang tua

Menaati perintah orang tua adalah bagian dari bentuk bakti seorang anak terhadap orang tua. Anak tidak boleh menolak apa yang diinginkan orang tua.

Apapun yang diinginkan atau diperintahkan oleh orang tua harus selama itu dalah hal kebaikan dan tidak melanggar aturan agama maka harus ditaati.

3. Mendoakan orang tua

Mendoakan orang tua merupakan salah satu amalan yang pahalanya akan terus mengalir, yaitu doa anak yang sholih.

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rosulullah Saw. bersabda: ”Apabila ‘anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang d manfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakan dia.” (HR Muslim)

Dari hadits di atas semakin jelas jika doa anak yang sholih sangat berarti bagi orang tua baik yang masih hidup, terlebih jika orang tua sudah menghadap kembali kepada Sang Pencipta.

Diantara doa yang mahsyur sering kali dipanjatkan kepada Allah Swt adalah

Dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku (di) waktu kecil.” (QS. Al-`Israa` [17]: 25)
hak orang tua kepada anak

4. Menghormati

Hak orang tua terhadap anak lainnya adalah dihormati. Menghormati orang yang lebih tua seringkali sudah diajarkan sejak dini oleh orang tua. Terlebih seorang anak bagi orang tuanya.

5. Menafkahi

Salah satu hak orang tua terhadap anak adalah mendapatkan nafkah. Terlebih jika orang tua sudah tidak bekerja dan atau tidak berpenghasilan, maka seorang anak harus memenuhi semua kebutuhan orang tuanya. Terlebih jika kita adalah anak laki-laki

6. Berbuat Baik terhadap keluarganya

Sebagai seorang anak yang sudah dididik oleh orang tua untuk menjadi anak yang baik, biasanya diajarkan juga berbuat baik kepada orang lain termasuk kerabatnya. Jika orang tua sudah meninggal dunia, maka seorang anak harus tetap menjaga hubungan baik, berlaku baik kepada keluarga.

Jika orang tua kita sangat menyayangi adiknya, maka kita sebagai seorang anak juga perlu melakukan hal yang sama kepadanya.

7. Berlaku lemah lembut dan melemahkan suara

Seorang anak sangat dianjurkan untuk berlaku dan berbicara lemah lembut kepada orang tua. Merendahkan suara saat berbicara dengan orang tua.

Terlebih saat terjadi perbedaan pemikiran dengan orang tua, seorang anak harus tetap menjaga adab. Mengendalikan diri untuk tetap bersikap sopan dan santun dalam berbahasa.

8. Melunasi hutang orang tua

Jika orang tua sudah meninggal dunia, maka seorang anak memiliki kewajiban untuk menyelesaikan urusan hutang piutang. Baik itu hutang berupa keuangan atau barang, bahkan janji yang mungkin belum ditunaikan oleh orang tua pada masa hidupnya.

9. Menunaikan wasiat orang tua

Perlu dipahami bahwa wasiat merupakan hal yang harus ditunaikan sesuai dengan apa yang diwasiatkan orang tua.

Kesimpulan

Orang tua selain memiliki kewajiban yang harus ditunaikan kepada anak-anaknya juga memiliki hak terhadap anak. Hak oramg tua terhadap anak sejatinya merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh anak terhadap orang tua.

Semoga kita bisa menjadi anak yang senantiasa memuliakan dan berbakti kepada orang tua seutuhnya.

Related Posts

14 comments

  1. Duh poin 7 jadi hal yg rasanya back to alm Ayah/Ibu, kadang takut aja klo aku ada dosa lukai perasaan mereka ya...kadang lagi kesel , suka cuek ha ha ha...tulisan jadi pengingat nih.

    ReplyDelete
  2. Aamiin.. Terima kasih sudah mengingatkan ya. Kadang suka kesel sama ortu padahal kalau diingat ya kita juga masih ada hak Beliau yang belum ditunaikan

    ReplyDelete
  3. wah belum semua kewajiban aku tunaikan huhuhuh.. makasih udah mengingatkan yaaaaa.. moga nanti anak anakku juga bisa menunaikan kewajibannya sama orangtua

    ReplyDelete
  4. Kalau hutang-hutang itu bukan untuk keluarga/anak tetapi digunakan pribadi/kesenangan sendiri. Apakah anak-anak juga wajib membayarnya?

    ReplyDelete
  5. Semoga aku bisa menunaikan hak dan kewajiban baik sebagai anak maupun sebagai ortu yang baik untuk anak anakku aamiiin

    ReplyDelete
  6. Noted remindernya kak. Jadi salah satu hak orang tua itu juga dinafkahi oleh anak yaa

    ReplyDelete
  7. Semoga saya bis amenjadi anak yang bisa memenuhi hak orang tua. Begitu pula saya berharap bisa mengajarkan anak untuk paham tentang hak dan kewajiban orangtua

    ReplyDelete
  8. hmm terimakasih infonya, jarang banget emang dibahas kalau orangtua ternyata punya hak juga ya.

    ReplyDelete
  9. Hmmm, baru baca artikel hak orang tua terhadap anak.
    Semoga tanggungjawab dan hak berjalan seirama, agar anak dan orangtua saling bahagia

    ReplyDelete
  10. Wah iya, ternyata orang tua nggak hanya punya kewajiban untuk anak ya
    Tapi juga punya hak hak dari anaknya

    ReplyDelete
  11. dulu masih jadi anak dan sekarang sudah menjadi orang tua membuat kita makin mengerti akan hak orang tua terhadap kita ketika kita sudah menjadi orang tua

    ReplyDelete
  12. Aamiin~
    Semoga bisa berbakti kepada orangtua sebagai wujud rasa syukur dan jalan menuju surgaNya kelak.

    Barakallahu fiik, Ayah Ugi.

    ReplyDelete
  13. Masih jadi anak dan sekarang jadi orang tua dari 3 anak laki-laki. Semoga anak-anakku bisa memberikan hak-hak tersebut untukku suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  14. Hal yang terkadang sedikit sulit dikerjakan, apalagi jika kita sesudah berkeluarga. Bakal banyak serba salah

    ReplyDelete

Post a Comment