Paket Internet Cepat, Bisa Bikin Orang Tua Makin Dekat dengan Anak

112 comments
Konten [Tampil]
Dunia parenting sejak terjadinya pandemi menjadi yang salah satu bidang paling banyak dipelajari. Orang tua dengan mudah mendapatkan pengetahuan baik melalui membaca artikel, menonton video youtube, atau mengikuti seminar dengan adanya paket internet cepat. Lantas seperti apa panduan parenting terkini yang perlu dipahami dan diperhatikan orang tua?
paket internet cepat

Panduan Parenting Terkini Pahami Tugas Orang Tua Bangun Kedekatan

Sebelum berbicara panduan parenting 2023 atau panduan parenting terkini mari kita kembali melihat apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh anak dari orang tua. Apakah anak kita hanya membutuhkan uang? Hanya membutuhkan mainan?

Semua pertanyaan di atas kini makin mudah kita temukan. Bisa kita dapatkan sendiri apa sebenarnya yang dibutuhkan seorang anak dari orang tuanya. Apalagi akses informasi sangat mudah kita dapatkan dengan adanya paket internet cepat yang bisa kita akses di mana pun dan bagaimanapun.

Pekerjaan Rumah besar bagi orang tua dalam praktik pengasuhan anak saat ini adalah pemahaman orang tua terhadap tugasnya. Baik ayah atau bunda harus dan wajib tahu tentang apa tugasnya sebagai orang tua. Terlebih seorang ayah, tugasnya bukan hanya mencari nafkah. Tugasnya adalah bersama bunda mengantarkan anak pada masa depan yang baik. Orang tua harus membangun kedekatan dengan anak. Mempersiapkan anak untuk siap menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

Pemahaman orang tua terhadap tugasnya khususnya seorang ayah dalam pengasuhan masih jauh. Hanya sedikit yang memahami dan mau belajar untuk ikut serta dalam pengasuhan. Tidak pahamnya orang tua pada pengasuhan bisa kita lihat dari beberapa kasus yang terjadi belakangan ini. Banyak kejadian yang bisa kita ketahui dengan cepat dengan adanya paket internet cepat yang kita gunakan dalam keseharian.

panduan parenting terkini

Terbaru seperti kasus di Manado pada 06 Februari 2023. Kejadian yang masih sangat hangat bagaimana perlakuan seorang ayah yang merasa terganggu dengan tangisan sang bayi saat sedang bermain game.

Saat sang ayah bermain games online, ibu si bayi sedang mandi. Saat sedang asik bermain itulah sang ayah merasa terganggu dengan tangisan bayinya yang berusia 6 bulan 22 hari. Apa yang dilakukan si ayah? Meletakkan gadget dan menggendong si kecil atau apa? Sungguh mencengangkan karena ayah yang seharusnya menjadi pelindung malah membuat si kecil menderita.

Bukannya menenangkan bayi, tapi si ayah malah memukul bibir dan kepala si bayi. Bahkan membiarkan begitu saja si bayi. Hingga si bayi tidak tertolong dan pada akhirnya harus meregang nyawa.

Kejadian di atas merupakan pelajaran bahwa tidak semua orang memahami rumah tangga. Belum semua orang paham tugasnya sebagai kepala dan ibu rumah tangga. Belum tahu tugas utamanya sebagai orang tua adalah mengasuh, membimbing, dan mendidik anak. Semua itu bisa dilakukan jika orang tua mau mengerti anak bukan sebaliknya orang tua minta dimengerti anak. Selain itu, tugas orang tua dalam pengasuhan akan lebih mudah dilakukan jika orang tua membangun kedekatan hubungan emosional dengan anak.

Cara Orang Tua Menjalankan Peran Pengasuhan

Mengasuh anak bukanlah hal mudah, semua orang tua yang baru memiliki anak tidak memiliki pengalaman bagaimana harus mengasuh anak. Namun orang tua bisa belajar dari pengalaman orang lain. Mengikuti webinar, seminar, maupun berbagi dengan sesama orang tua tentang bagaimana mengasuh anak. Menyikapi hal yang dilakukan anak.

Untuk menjalankan peran orang tua di era digital kita mencari banyak referensi yang bisa didapatkan dengan mudah. Kita hanya membutuhkan modal paket internet cepat untuk mengakses berbagai materi seputar parenting. Baik membaca artikel, jurnal, belajar langsung dari praktisi, maupun bergabung dengan komunitas parenting yang banyak terdapat di nusantara ini.

Membangun kedekatan dengan anak

Berbicara pengasuhan terkini, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pengasuhan yang sudah banyak disampaikan dalam seminar atau webinar oleh para pakar. Kunci utamanya adalah fokus pada anak dengan waktu kebersamaan yang berkualitas.

Di era digital ini membangun kedekatan dengan anak merupakan hal penting. Jangan sampai orang tua tidak dekat dengan anak, akhirnya anak lebih dekat dengan orang lain. Memberikan Waktu berkualitas tidak harus banyak. Waktu 10 menit asal berkualitas dan fokus pada membangun hubungan kedekatan dengan anak sudah sangat cukup dan akan memberikan manfaat.
Telkomsel Indonesia

Manfaat membangun kedekatan dengan anak

Saat orang tua menyadari bahwa kelekatan emosional antara orang tua dan anak sangat memberikan manfaat khususnya pada anak. Ini dia beberapa manfaat yang diperoleh dari kedekatan hubungan orang tua dan anak.

1. Membantu membangun mental health anak

Kedekatan hubungan emosional anak dan orang tua akan memberikan dampak positif pada anak. Anak akan menyadari potensi dirinya, anak bisa terlatih mengatasi permasalahan dan menemukan solusi, anak akan terbiasa produktif, dan yang jelas anak akan merasa nyaman.

2. Menumbuhkan sikap baik

Sering kali kita mendengar kalau buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Kelakuan, sikap dan tingkah anak dalam keseharian pun tidak jauh dari apa yang dilakukan orang tua. Saat ornag tua membangun kedekatan emosional dengan anak, secara tidak langsung maupun secara langsung orang tua memberikan teladan kepada anak.

Memberikan contoh mana yang baik dan tidak baik, mana yang boleh dan tidak boleh, bagaimana menghormati orang lain, berbuat baik kepada orang lain.

Kehadiran orang tua dalam pengasuhan selain meningkatkan bonding, juga akan menguatkan dalam membangun karakter baik pada anak melalui keteladanan.

3. Meningkatkan kesehatan secara fisik

Saat bersama dengan orang tua, bisa bermain bersama, bercerita dengan orang tua, akan menjadikan anak merasa bahagia. Saat anak merasa senang, merasa bahagia, maka secara kesehatan fisik juga akan menjadikan anak sehat. Melakukan aktivitas bersam abaik di dalam maupun di luar rumah, bermain bersama bisa dilakukan. Tentunya kan menjadikan fisik dan mental lebih kuat.

Itulah manfaat membangun kedekatan anak yang perlu dipahami orang tua. Ini bia menjadi salah satu panduan bagi orang tua dalam mengasuh anak dengan membangun kedekatan dengan anak.

Tips Mengisi Waktu Berkualitas Bersama IndiHome

Telkom Indonesia dengan paket internet cepat yang dimiliki bisa menjadi sarana bagi orang tua untuk membangun waktu berkualitas bersama anak. Layanan IndiHome yang disediakan bisa menjadi pilihan untuk mendukung kita sebagai orang tua dalam mengisi waktu berkualitas.

Kita bisa menikmati layanan Internet Rumah, Telepon Rumah dan TV Interaktif (IndiHome TV) dengan beragam pilihan paket. Mulai dari 300 ribu perbulan kita sudah bisa mendapatkan akses paket internet cepat dari IndiHome. Tidak hanya paket internet, IndiHome dari Telkom Indonesia ini juga memiliki banyak paket lainnya seperti IndiHomeTV. Kita bisa pilih sendiri berbagai paket internet dan layanan lain sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi? Yuk segera pilih dan berlangganan IndiHome.

Kenapa harus IndiHome? Jawabnya karena paket internet cepat IndiHome ini juga sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Selain itu Telkom Indonesia terus berinovasi dengan layanannya untuk memenuhi kebutuhan internet masyarakat Indonesia yang lebih baik. .

Jaringan internet yang menjangkau hingga pelosok dan tidak lelet ini bisa kita gunakan untuk membangun kedekatan antara orang tua dengan anak. Berikut tips bagi orang tua.untuk mengisi waktu berkualitas bersama anak.
paket internet cepat

1. Memasak bersama anak

Saya bersama istri sering kali mengajak anak untuk memasak bersama. Baik itu memasak nasi, sayur, maupun lauk. Terkadang juga membuat kue pesanan. Aktivitas ini benar-benar menjadi aktivitas yang sangat bermanfaat. Selain bisa mengajarkan anak mengenal bahan, juga mengenal proses, dan takaran. Tapi lebih dari itu yang dirasakan anak adalah perhatian dari orang tua. Apalagi saat diajari dan diarahkan anak merasa diberikan perhatiaan.

Kedekatan yang dibangun dengan aktivitas memasak bersama ini juga menjadikan ornag tua dan anak bisa berkomunikasi tanpa sekat. Orang tua merasa senang melihat anak membantu, anak merasa dekat dengan diberikan kesempatan oleh orang tua.

Oh iya, sekali-sekali bisa juga ajak anak mencari resep dan membiarkan dia memilih resep yang mau dimasak. Paket internet cepat dari IndiHome akan sangat membantu, karena ga butuh waktu lama untuk mencari resep yang diinginkan. Kalau akses cepat anak pun akan senang dan antusias mencari dan memilih menu.

2. Membuat rutinitas bersama anak

Tips kedua yang biasa saya lakukan dengan anak adalah belajar selepas salat Magrib. Ini salah satu rutinitas untuk mendekatkan anak dengan orang tua. Semua fokus sama-sama belajar. Mengaji bersama. Membaca bersama. Anak pun tidak merasa sendirian. Di sini kita juga bisa diskusi dengan anak.

Rutinitas lain yang biasa dilakukan dengan anak adalah membaca dan membacakan buku menjelang tidur. Ada kalanya menonton kisah bersama dan memberikan penjelasan kepada anak. Untung ada paket internet cepat, jadi nonton makin asik.

3. Memberikan apresiasi dan penguatan

Apresiasi sekecil apapun akan begitu berharga bagi anak-anak. Orang tua juga perlu menyadari bahwa apresiasi tidak melulu berupa barang atau materi. Apresiasi bisa diberikan dengan kata-kata atau perbuatan. Misal memberikan pelukan, memberikan kata-kata seperti good job, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan nonton bersama keluarga dengan IndiHome TV.

4. Membuat jadwal bersama

Membuat jadwal bersama atau set up routine bisa menjadi pilihan orang tua dalam mengasuh anak tanpa harus ada drama. Saya setiap hari mengajak anak merencanakan hari besok setelah belajar. Misal besok pagi mau apa? Biasanya kalau di Kakak akan milih jalan pagi, si adik juga namun ada tambahan sekalian beli sarapan di tempat favoritnya.

Karena saya ikut berembuk di dalamnya, saya juga mengusulkan dengan mengatakan ada yang kurang. Saat mereka bertanya apa, saya sampaikan bahwa biar bisa jalan pagi harus bangun pagi sebelum subuh, lalu salat subuh, baru jalan-jalan. Mereka pun setuju, dan saat dibangunkan pagi juga tidak ada drama.


Tentunya ini bukan hanya kedekatan yang dibangun, namun juga kejujuran, dan rasa percaya anak kepada orang tua. Bisa juga dengan menentukan jadwal aktivitas akhir pekan bersama, misal menggambar bersama, mewarnai bersama, atau nonton film bersama.

5. Bermain Bersama Anak

Sepulang dari kantor saya seringkali bermain dengan anak-anak. Tapi sebelum bermain saya minta izin untuk bersih diri dulu. Mainnya sederhana. Main perahu-perahuan dengan bantal sebagai perahu. Terkadang main kuda-kudaan. Saya tiduran, anak-anak naik di punggu dan saya bergerak merangkak. Senang sekali mendengar anak-anak begitu bahagia dengan tawanya.

Terkadang kalau di waktu akhir pekan saya dan anak bersama mencari permainan tradisional dan mencontohnya. Paket internet cepat yang saya gunakan banyak memberikan kemudahan dalam menemukan mainan tradisional dan cara bermainnya. Maklum sebagai orang tua sudah banyak lupa bagaimana cara bermain mainan tradisional karena jarang bermain.

Itulah lima tips sederhana untuk membangun kedekatan dengan anak sehingga orang tua bisa mengisi waktu dan memberikan perhatian secara khusus kepada anak. Tanpa fokus pada diri sendiri, tanpa fokus pada gadget sendiri. Tapi lebih fokus membangun hubungan berkualitas dengan anak.

Kesimpulan: IndiHome Menjadikan Orang Tua dan Anak Makin Dekat

paket internet cepat

Kehadiran layanan IndiHome sangat memudahkan aktivitas orang tua dalam proses pengasuhan anak. Orang tua bisa dengan mudah menemukan jawaban terhadap permasalahan yang ditemukan sesuai dengan usia anak. Orang tua jadi tahu apa yang harus dilakukan dalam mengasuh anak sesuai dengan usia anak.

Berbagai pilihan paket internet cepat yang dipersembahkan oleh Telkom Indonesia dengan Layanan IndiHome juga memberikan manfaat bagi orang tua dalam mengasuh, mendidik, dan mendampingi tumbuh kembang anak dengan berbagai aktivitas yang lebih menarik dan lebih beragam.

Tidak hanya itu kehadiran IndiHome yang menjangkau seluruh Indonesia juga menjadi penguat bagi orang tua untuk terus belajar dari para pakar bagaimana seharusnya mendidik dan membangun kedekatan dengan anak.

Tunggu apalagi? Segera akses IndiHome dan pilih paket internet cepat untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Temukan banyak keseruan di dalamnya.

Related Posts

112 comments

  1. Di tengah isu fatherless country, tetap ada sarana untuk mendekatkan bonding antara orang tua dan anak. Dan paket internet cepat bisa jadi sarana mendekatkan hubungan ayah bunda dan anak.

    ReplyDelete
  2. Di tengah isu fatherless country, sudah seharusnya perkembangan teknologi menjadi sarana mendekatkan hubungan sesama anggota keluarga terutama ayah ke anak ya. Jadi kita ga punya alasan lagi ga punya waktu bersama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab fatherless country adalah tidak hadirnya ayah dalam pengasuhan. Memang harus betul-betul ayah memiliki waktu berkualitas dengan anak

      Delete
  3. Sepakat nih kak. Internet bisa mengakrabkan diri antara org tua dgn anak. Apalagi anak zaman skrg tuh ga mau lepas dgn gawai berkuota.

    Kalo lagi ada kerjaan dan kangen anak, org tua tinggal melakukan panggilan video. Rasa kangennya sedikit terobati. Internet emang bs mendekatkan yg jauh ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak, internet mendekatkan keluarga, dan menjadikan orang tua dan anak semakin erat hubungannya

      Delete
  4. Huhu kalau dengar berita-verita tak mengenakkan serupa jadi berpikir kalau nggak semuanya pantas menjadi orang tua. Padahal tanggung jawabnya gede dan sudah jadi kewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk anak.

    Internet jg skrg ini berpengaruh dan bisa dimanfaatkan untuk membangun kedekatan dengan anak ya, jadi jangan sampai malah justru gadget untuk membuat anak tenang, dari orang tua ini yang perlu menginisiasi cara-cara produktif untuk bondingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, mbak. Jangan sampai anak lebih lekat ke gadget dari pada ke orang tua. Orang tua harus belajar untuk ini. Apalagia da akses internet yang bisa memberikan banyak pengetahuan bagi orang tua

      Delete
  5. Kemajuan teknologi sesungguhnya memiliki banyak nilai positif jika orang tersebut menggunakan dengan cara yang benar, bahkan internet bisa dimanfaatkan untuk mendekatkan hubungan orangtua dengan anak meskipun sehari-hari orangtua dan anak dibelenggu banyak kesibukan. Sesuai dengan tagline internet yang selama ini banyak dibicarakan orang, yaitu mendekatkan yang jauh dan semakin mendekatkan yang dekat. Adanya internet seharusnya bisa dimanfaatkan para ayah nih buat lebih dekat dengan anak-anak meskipun sehari-hari sibuk bekerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Harus bijak dalam menggunakan teknologi, bukan anti teknologi. Misal internet digunakan mencari referensi aktivitas memasak atau bermain, dan selebihnya anak diajak kembali ke dunia nyata untuk mencoba apa yang dilihat

      Delete
  6. Memang tak semua orang bisa menjadi orang tua yang baik, tapi kita bisa mengusahakan untuk menjadi orang tua yang baik. Kalau bisa memanfaafkan internet secara positif tentunya ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh orangtua untuk membersamai anak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ornag punya bibit kebaikan asal mau mengalahkan diri, ego negatif dalam diri harus dikontrol, agar bisa menjadi baik. Semua memiliki kesempatan menjadi orang tua lebih baik dari waktu ke waktu

      Delete
  7. Merekatkan hubungan orangtua dan anak punya banyak triknya, tinggal ceki² di internet buat bikin hidangan bareng yang nikmat atau nonton bareng via streaming ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sebenarnya banyak hal sederhana. Tapi kitanya sebagai orang tua kadang berpikir sempurna terus. Smapai lupa banyak hal sederhana yang bisa merekatkan dan melekatkan anak dan orang tua

      Delete
  8. beruntung banget sekarang ada internet cepat ya?
    Sehingga komunikasi bisa dilakukan 'tanpa jarak'
    Anak-anak tak kehilangan "sentuhan" ayah bundanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Mbak dengan internet meskipun sedang di luar kota masih bisa dekat, misal video call sekedar menanyakan anak, menyimak anak membaca, dan lain-lain.

      Delete
  9. Keren nih inspirasinya.. Memang untuk menjadi orang tua itu diperlukan kesabaran dan juga persiapan mental yang cukup. Salah satu cara untuk mempersiapkan hal itu adalah dengan belajar parenting.

    Dan di internet materi itu bisa banyak ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dengan internet bisa cari materi baik berupa teks, maupun video, terus bisa juga belajar bareng di komunitas parenting

      Delete
  10. Memang paling mudah membangun kedekatan denga anak tuh, kalau kita melakukan apa-apa dan anak dilibatkan. apalagi kalau kerjaan di rumah, biar anak jadi terbiasa pekerjaan rumah.
    Hal-hal demikian bisa kita ketahui dari ilmu parenting yang didapatkan melalui koneksi internet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak banyak aktivitas di rumah yang bisa melibatkan anak, sekaligus mengajarkan anak berbagai hal dalam keseharian. Kalau butuh referensi kegiatan bisa juga browsing. Sekarang kan sudah tersedia paket internet cepat yang bis amemudahkan kita.

      Delete
  11. Tidak semua keluarga sempurna, yang tak bisa bersama bukan berati gak baik. Bagaimanapun pola parenting yang baik akan memberi dampak baik pada anak yang mungkin harus bertumbuh dalam situasi orangtua divorce.

    Kuncinya orangtua selalu mengupgrade pola parenting sesuai tumbuh kembamg anak. Salah satu yang mendukung adalah internet yang cepat dan lancar untuk mengakses banyak informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak kemauan orang tua untuk menjadikan anak sebagai prioritas dan mempersiapkan masa depannya adalah hal baik yag harus dilakukan. Apapun dan bagaimana pun kondisi orang tua.

      Delete
  12. Selain kedekatan secara fisik, bonding antara orang tua dengan anak bisa juga kok dilakukan secara virtual jika terpaksa... Yang penting bagaimana bisa mengikuti perkembangan anak real time. Apalagi didukung oleh Indihome dengan kecepatan internetnya yang tiada dua... Sip markosip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Markosip, Top Markotop ya Dok. Poinnya hubungan orang tua dan anak pada kualitas saat di rumah, ya Dok. Walaupun orang tua sedang di luar kota anak akan tetap merasakan kedekatan dan kehadiran orang tuanya. Setuju, Dok, internetnya IndiHome memang cepat

      Delete
    2. Kata Bu Elly Risman sih< Indonesia itu negeri tanpa ayah... Aya ada tapi tiada.... Miris bacanya. Semoga kita semua bisa jadi aya yang walaupun tidak sempurna, setidaknya sudah mencoba memberikan yang terbaik dengan tetap menjalin kedekatan dengan anak. Indihome salah satu modalnya, hehehe

      Delete
  13. Jika digunakan dg tepat, internet yg lancar tentu bisa mendekatkan hubungan ortu dan anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apa pun itu termasuk internet jika digunakan dan difungsikan dengan baik akan memberikan dampak baik. Apalagi IndiHome sebagai layanan penyedia internet selalu menggemakan internet positif.

      Delete
  14. Dulu sebelum ada internet, nonton tv bareng-bareng. Sekarang lebih sering nonton yutub bareng-bareng apalagi kalau sinyalnya lancar jayaa.
    Macem-macem ya cara bonding dengan anak. Salah satunya belajar bersama melalui internet yang bisa diakses dengan kecepatan dan sniyal kuat seperti Indihome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Kebersamaan banget ya, bersama di depan TV kalau zaman dulu. Apalagi saat ramadhan, sambil menunggu adzan bersama.

      Delete
  15. ternyata memang internet nih gak selamanya negatif ya buat pertumbuhan keluarga :) bisa jadi mendukung moment bounding nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Kak Atiq. Tergantung bagaimana kita menempatkan dan bisa mengambil serta memanfaatkan internet itu. Paket Internet cepat akan sangat disayangkan jika tidak di optimalkan untuk mendukung pengasuhan

      Delete
    2. iya, apalagi sekarang sudah banyak pilihan paket internet ya yang lancar dan memuaskan. Bisa mendukung kegiatan apa saja yang bisa menciptakan kegiatan berkualitas dengan anak-anak :)

      Delete
  16. Di Kota Palu juga, IndiHome jadi pilihan banget untuk internet rumah. Apalagi memang harganya terjangkau dan pilihan paketnya bisa disesuaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di Palu juga sudah merasakan IndiHome ya, semakin memperkuat jika IndiHome memang menjangkau berbagai daerah di Indonesia dan tentunya semakin bisa mendekatkan hubungan antar keluarga

      Delete
  17. Saya loh berasa banget Mas Sugi. Anak-anak tinggal berjauhan. Sudah pada dewasa dan sudah tidak serumah. Manfaat banget punya akses internet yang berkualitas. Komunikasi jadi lancar setiap saat. Jadi meskipun kita berjauhan, kedekatan antar keluarga masih bisa terjaga dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mb Annie, kalau anak-anak sudah pada dewasa, apalagi sudah berkeluarga, bertemu secara fisik dengan sesering mungkin terkadang tidak bisa dilakukan, apalagi jaraknya jauh. Beruntung dengan adanya paket internet cepat, masih bisa say hello, berbagi cerita, dan bia video call melihat kondisi masing-masing. Semangat Mb, semoga senantiasa sehat selalu semuanya

      Delete
  18. Teknologi bisa mendekatkan atau bahkan menjauhkan hubungan antar anggota keluarga. Tergantung kita bagaimana bisa kita menyikapinya.
    Tapi untuk aku pribadi, internet cepat perlu sekali karena ada beberapa waktu dimana harus terpisah dengan keluarga jadi perlu sarana komunikasi yang cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak,
      Manfaatkan teknologi buat hal baik.
      Apalagi Internet cepat menjadikan komunikasi pun jadi lebih simple terhubung. Wuss..wuss.. tanpa hambatan.

      Delete
    2. Setuju mbak. Sebagai anak yg tinggal jauh dari orang tua yg udah sepuh aku terbantu sekali dg internet cepat. Kalau ortuku ada apa2 bisa mudah menghubungi aku.

      Delete
  19. Nikmatnya zaman sekarang, orangtua bisa belajar darimana aja terutama ada keuntungan ketika menggunakan internet cepat. Semoga dengan bantuan teknologi, setiap orangtua bisa memanfaatkannya secara positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak lendy, memang harus orang tua yang cermat memanfaatkan potensi internet untuk kebutuhan parenting di keluarga yaa

      Delete
  20. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjalin kedekatan orang tua dan anak ya kak. Misal bermain bersama, memasak bersama, dan menemani anak nonton bisa meningkatkan bounding. Dibantu internet cepat semua menjadi lebih mudah

    ReplyDelete
  21. Nah bener ini selama ini aku banyakan di rumah, suami dana anak-anak kerja dan sekolah tapi tetap terhubung dong kami kapanpun di grup keluarga, berkat paket internet cepat IndiHome andalanku. Maka saat tahun depan si sulung kuliah tetap bisa 'dekat' mesti jauh fisiknya

    ReplyDelete
  22. pengasuhan digital zaman sekarang memang sebaiknya memanfaatkan internet cepat ya kak, nggak zaman kita tertinggal, kudu bisa menunggangi teknologi

    ReplyDelete
  23. aku malah baru tahu tentang kasus di Manado. etapi memang banyak sih yang beranggapan kalau mengasuh anak itu tugasnya si ibu dan masih banyak juga anak yang tidak dekat dengan ayahnya. padahal kan, mengasuh anak itu tugasnya ayah dan ibu.

    ReplyDelete
  24. setuju sekali kak dengan paket internet cepat tentu saja dapat meningkatkan hubungan anak pada orang tuanya sehingga komunikasi jadi lancar tanpa terkendala masalah apapun

    ReplyDelete
  25. Manfaat internet yg bisa dimanfaatkan oleh orangtua saat ini adalah dapat dengan mudah mencari konten, khususnya konten edukasi. Tentunya dengan tidak serta merta melepaskan gawainya diberikan ke anak tanpa pengawasan

    ReplyDelete
  26. Orang tua kadang lupa untuk dekat dengan anaknya. Ada yang sibuk dengan pekerjaan sampai ke rumah pun sibuk juga dengan gawai. Seharusnya orang tua memang punya banyak quality time dengan anak. Keberadaan internet bisa menjadi jalan agar anak dekat dengan orang tuanya. Bisa dengan menyajikan video atau acara yang sesuai dengan usia anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan internet, komunikasi jadi terhubung dengan mudah ya Teh antara orangtua dan si anak

      Delete
  27. Kalau kami dan anak2 di rumah biasanya suka nonton film buat anak2 bareng buat hiburan hehe. Kami juga pakai IndiHome. Membangun kedekatan dengan anak emang sangat dibutuhkan supaya kita bisa selalu dekat ya.
    Banyak ilmu parenting juga yang bisa didapatkan dari browsing di internet.

    ReplyDelete
  28. Ngga kebayang sih zaman sekarang tanpa internet cepat bakal kayak apa kehidupan wkwkw jadi monoton dan kurang cepet aja gitu updatenya, padahal pengetahuan itu terussss baruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, pernah ngerasain gitu dulu pas belum punya hp yg bisa internetan, dapat update informasi ya dari temen yg punya internet atau main ke warnet gitu

      Delete
  29. internet emang bantu banget orangtua untuk bisa belajar menjadi orangtua dan membersamai anak. itu aku rasakan juga sih. ya karena emang udah jamannya serba digital yang terkoneksi dengan internet ya. untungnya ada indiHome nih provider yang menyediakan layanan internet yang serba cepat tanpa nge lag.

    ReplyDelete
  30. IndiHome memang memanjakan para pelanggannya dengan paketnya yang macem-macem sesuai kebutuhan ya Pak. Internet cepatnya memang sangatt membantu para orang tua dalam pengasuhan anak.

    ReplyDelete
  31. Dan yang terpenting lagi pengasuhan ini bukan hanya tugas ibu, tetapi ayah juga punya peran yang penting ya. Jadi keduanya emang harus sama-sama paham mengenai parenting. Bersyukur ya ada paket internet cepat yang mendukung orang tua untuk bisa belajar memahami parenting sehingga bisa dekat dengan anak

    ReplyDelete
  32. internet zaman sekarang udah kebutuhan sih, bahkan sampai ke kebutuhan mental. anak kecil aja kseringan pakai gadget bisa berpotensi tantrum kalau ga diturutin. emang kita tetep perlu belajar banyak sih tentang internet ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, zaman sekarang emang udah gak bisa lepas dari internet, udah jadi semacam kebutuhan aja tapi tetap kudu dipake dengan bijak ya Mbak.

      Delete
  33. Miris sekali pas bacabagian ayah memuk kepala anaknya. Sedih ya.. tapo banyak lho yg gini hiks.aku pikir yang bijak pakai gadget gak hanya anak y tapi ortu juga

    ReplyDelete
  34. Saya terkadang heran dengan kelakuan orang tua yang kelewat batas pada anak. Bahkan ada yang membuat anak meninggal. Sangat miris sekali ya, mas. Padahal orang tua, ayah ibu justru harus pelindung anak. dan pastinya harus diperkuat kedekatan antara anak dan orang tua. Misalnya nonton bersama di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya miris banget kalau nonton berita dan lihat kasus seperti itu. Jadi reminder banget buat para orang tua untuk lebih dekat atau membangun bonding dengan anak2 sehingga bisa terhindar dari hal2 yang tidak diinginkan

      Delete
  35. Semoga dengan adanya kemudahan komunikasi antar ayah dan anak ini melalui internet, bisa menghilangkan yg "kata orang" ayah urusannya cari kerja, anak² biar emaknya urus.

    Supaya anak² bisa ngerasain dekat dengan kedua orang tuanya, wlpn sesibuk apapun mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya ada internet jadi bisa belajar dan cari tau bareng-bareng ya. kalau dulu aku zaman sd kalau udah gak tau jawabannya wes mentok haha

      Delete
  36. Sangat penting memiliki aktivitas yang dilakukan bersama anak ya mas
    agar tercipta bonding yang kuat
    untungnya dibantu sama IndiHome ya

    ReplyDelete
  37. Paket Internet cepat dari IndiHome membantu bonding yang kuat antara orang tua dan anak ya

    ReplyDelete
  38. Hari gini segala hal bisa diakses dengan internet, ya kak. Termasuk hal-hal yang berhubungan dengan anak, seperti do n doesn't dalam pengasuhan anak.

    ReplyDelete
  39. Kasusnya masih hangat di Manado. Bikin ikutan sakit hati sih, ada seorang ayah yg begitu. Huhu. Btw, belum pernah cobain indihome nih, tapi review orang2 lumayan bikin melirik.

    ReplyDelete
  40. Wah ini penting sekali, jangan sampai orangtua dan anak pada sibuk sendiri saat pakai internet, teknologi sudah semakin maju kalau orangtuanya tidak melek internet nanti kalah sama anaknya, dan pasti ada celah untuk masuknya hal negatif pada tontonan anak kita, jadi tetap dampingi anak2 saat berinternet

    ReplyDelete
  41. Paket internet cepat sangat bermanfaat sekali terutama untuk orangtua, apalagi yang kerja remote dari rumah :D

    ReplyDelete
  42. Internet tuh memang tergantung penggunanya sih, ya. Akan mendatangkan banyak manfaat kalau digunakan dengan positif juga. Sepakat, sih, internet juga bisa mendekatkan anak dengan orang tua. Banyak hal positif yang bisa dilakukan orang tua dan anak dengan bantuan internet.

    ReplyDelete
  43. Sering miris kalau melihat berita tentang kekerasan keluarga, apalagi yang dilakukan oleh orang terdekat. Setuju sekali kalau internet bisa merekatkan hubungan keluarga dan anak. Karena banyak hal yang bisa dilakukan bersama anak dengan menggunakan internet.

    ReplyDelete
  44. Internet tu bisa baik, bisa buruk. dulu kebayang banget jaman kuliah, inet blom kayak sekarang komunikasi pakai sms tu rasanya kurang greget, sedang kalau telponan pulsa mahal hehe jadi harus pinter2 emang 😇

    ReplyDelete
  45. Saya juga pakai Indihome cuma belakangan sering lemot apalagi habis hujan gitu. Ehehe malah curcol.

    ReplyDelete
  46. hal yang emang sering dilupakan orang tua di masa modern ini adalah menguatkan ikatan bonding dengan anak. Perlu banget suatu kegiatan yang tak hanya kuantitas namun kualitas ya

    ReplyDelete
  47. Salut dengan Ayah Ugi yang gaya parentingnya dalam hal mengajak anak-anak untuk memasak, patut ditiru nih. Auto ikutan nyari resep-resep mudah buat dipraktikin bareng anak-anak di dapur

    ReplyDelete
  48. Membangun kedekatan dengan anak memang penting banget, agar kepercayaan anak terhadap orang tua terjaga. Aku sendiri tertarik cukup dengan ilmu parenting supaya kalau punya anak nanti bisa menjadi teman untuk anak. Dan aku salut dengan cara Kakak dalam mendidik anak dengan mengajaknya memasak bersama. Di samping bisa memberikan pembelajaran untuk anak, jadi bisa menikmati banyak waktu bersama anak.

    ReplyDelete
  49. Sedang memikirkan mengikutkan bocil les gambar online, macam animasi sederhana begitu. Entah ke mana bakatnya belum tau, tapi keknya dia suka gambar. Nah layanan internet cepat ya seperti ini nih fungsinya. Bonding dapet, ilmu dapet, kantong aman

    ReplyDelete
  50. Salah satu dampak internet bisa positif, tetapi bisa juga negatif. Salut dengan Mas Sugianto yang selalu meluangkan waktu main bareng anak. Apalagi adanya internet IndiHome justru digunakan secara positif untuk menghangatkan hubungan keluarga.

    ReplyDelete
  51. Baik Ayah maupun Ibu tetap harus selalu mendampingi anak di usia tumbuh kembangnya. Bersyukur banget sekarang ada kecanggihan teknologi ditambah internet cepat, jadi orang tua tak lagi bingung untuk belajar parenting dan mempelajari hal baru bersama anak.

    ReplyDelete
  52. yes setuju banget bahwa orang tua harus paham akan tugasnya. Tugas utama mendidik anak bukan hanya tugas Ibu, tetapi tugas Ayah juga untuk mengantarkan anak pada masa depan yang baik. Dan dukungan IndiHome sangat penting untuk akses internet yang stabil, lancar, dan tahan terhadap cuaca.

    ReplyDelete
  53. Saya ngeri kalau baca berita penganiayaan orang tua ke anak. Kenapa bikin anak kalau malah melukai anaknya sendiri. Masih banyak orang tua yang sayang sama anak dan pengen punya anak. Gemes sendiri. Mending saya asuh aja deh daripada disiksa gitu. sampai meninggal loh bayinya. Kejem banget bapaknya

    ReplyDelete
  54. Ternyata internet cepat bisa jadi sarana untuk mendekatkan diri dengan anak kalo kita tau cara memanfaatkannya dengan baik

    ReplyDelete
  55. Kebayang ngga sih kalau ngga ada internet di zaman seperti ini bakal kayak gimana mau ngedidik anak hehee, jujur aja selama ini aku pun banyak belajar soal parenting justru karena bantuan internet juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat sekali Mbak Ji. Bersyukur saat ini kita hidup dengan akses internet yang stabil dan dapat mengakses segala bentuk informasi yang kita butuhkan, termasuk ilmu parenting

      Delete
  56. Betul banget. Saya merasa sangat terbantu berkat internet. Segala informasi yang dibutuhkan ada termasuk pengasuhan anak

    ReplyDelete
  57. Internet tidak selalu membawa pengaruh buruk ya. Internet itu bisa sangat membantu kalau kita memanfaatkannya untuk tujuan yang baik termasuk dalam hal berteman dengan anak. Banyak sekali informasi dari para ilmuwan atau sesam orangtua yang bisa kita adopsi.

    ReplyDelete
  58. Zaman sekarang kalau gak ada internet tuh kayak apa gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kya zaman batu kali ya Kak. Bersyukur banget ya kita hidup dengan koneksi internet yang sangat membantu segala aktivitas kita, termasuk dalam hal mengakses informasi tentang parenting

      Delete
  59. IndiHome memang mempunyai kontribusi besar untuk orangtua dan anak ya kak, bagaimana tidak selama proses belajar anak akan menggunakan internet dan proses belajar ini pastinya didampingi orangtua yang membantu mencarikan atau menjelaskan materi yang ada yang bisa saja didapatd ari sekolahnya atau dair internet dan pastinya ini juga bakal ningkatin bonding keduanya

    ReplyDelete
  60. Bener loh ayah, saya dan si sulung sering masak bareng dan akhir-akhir ini dia sudah mulai bisa memilih sendiri resep yang mau dimasaknya dengan cari di internet.
    Jadi jaringan internet yang stabil itu penting banget Untung ada Indihome.

    ReplyDelete
  61. Serem banget yang bapak mukul anak bayinya gara-gara keganggu lagi main game. Aku setuju kak, meluangkan waktu 10 menit tapi berkualitas tuh penting banget buat bonding orang tua dan anak. Wah paket internet IndiHome perbulannya terjangkau ish

    ReplyDelete
  62. Anak saya suka nimbrung kalo saya lagi cari2 resep makanan leeat internet. Biasanya dis tergiur buat pilih..bener sih cara itu bisa mendekatkan ortu dg anak

    ReplyDelete
  63. Setuju, nih. Teknologi memang membantu memudahkan segalanya, termasuk membangun bonding yang kuat antara ortu dan anak.

    ReplyDelete
  64. Membangun bonding pada anak masa kini bisa memanfaatkan jaringan internet cepat.
    Semoga internet bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mencetak generasi yang kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak lendy, internet kalau dipakai untuk hal positif ada banyak pilihannya, termasuk membangun bonding bersama anak ya

      Delete
  65. nah saya setuju sekali kalo layanan internet dimanfaatkan untuk membangun bonding antara ayah dan anak. Seperti yang disebutkan diatas, kita bisa belajar memasak dan anak belajar mencari resep masakan lewat internet. atau ketika akan membaca dongeng sebelum tidur, anak memilih dongengnya sendiri lewat gadget.

    ReplyDelete
  66. Sedih ya kalau mendengar cerita anak yang mendapatkan kekerasan justru dari orang tuanya...edukasi pentingnya pemanfaatan layanan internet untuk memupuk kebersamaan orang tua dan anak harus lebih ditingkatkan lagi bukan hanya untuk medsos yang lebih minim manfaat

    ReplyDelete
  67. ada berbagai macam cara meningkatkan kedekatan dengan anak dan keluarga, salah satunya berkegiatan bersama dengan menggunakan media internet

    ReplyDelete
  68. Banyak manfaat dari menjalin kedekatan dengan anak. Dan salah satu caranya bisa menggunakan Indihome. Makasih sharingnya ya, Ayah Ugiii

    ReplyDelete
  69. Coba semua Ayah itu seperti ayah Ugi, yah. Kebanyakan kan berpikirnya, ah buat apa internet cepat malah nanti dipakai yang tidak-tidak sama anak-anak. Padahal kalau terkontrol bisa jadi sarana bonding juga dengan anak, semisal pas di kantor ada waktu jeda selang, video call ke anak, eh.. masih ada tidak Ayah yang seperti itu yah, pak? :D

    ReplyDelete
  70. Ngeri banget ya kasus si ayah maen game itu. Rendahnya literasi dan edukasi parenting di kalangan masyarakat jadi bukti kejadian tersebut banyak terjadi. Emang sih soal parenting emang gak semua orang bisa banget jadi parents yang baik, tapi kita bisa belajar. Apalagi sekarang udah ada jaringan internet. Bisa belajar banyak kan ya

    ReplyDelete
  71. Setuju, internet yang cepat bantu bonding antara ortu dan anak. Bahkan dari internet ortu dapat mengupgrade kemampuan mereka. Kadang jika anak-anak suka bermain internet, maka ortu jg bisa memantau atau bahkan sesekali nimbrung di sana, hehe. Internet mah besar bnget perannya skrg yaa.

    ReplyDelete
  72. Sekarang ini internet memang bisa menjadi alat untuk mendidik anak ya, tentu jika digunakan dengan tepat.

    Pakai IndiHome jaringan lancar anti lemot juga jadi banyak pilihan keluarga Indonesia.

    ReplyDelete
  73. Hal yang tidak banyak disadari seorang ayah, bahwa pengasuhan anak selalu butuh figur ayah dan bunda. Seharusnya, internet menjadi jembatan penghubung kedekatan orang tua dengan anak. Dalam pengasuhan ya, Mas.

    ReplyDelete
  74. Paket internet cepat membuat good mood. Kebetulan keluarga kami belum memiliki anak, tapi koneksi internet yang lancar membuat main game atau nonton anime tambah lancar hehe.

    ReplyDelete
  75. Benar juga ya kalau dipikir-pikir ada hubungannya. Apalagi jaman sekarang semua serba butuh internet. Koneksinya juga perlu yang bagus dan stabil

    ReplyDelete
  76. Benar banget, dengan koneksi internet lancar, banyak hal yang bisa dilakukan orang tua bersama anaknya untuk mempererat bonding mereka

    ReplyDelete
  77. Membangun bonding atau kedekatan antar anak dengan orang tua itu penting banget, biar anak merasa dekat dan percaya dengan orang tuanya. Komunikasi pun bisa berjalan secara dua arah.

    ReplyDelete
  78. zaman sekarang nih berkat internet cepat kita bisa belajar parenting dengan mudah. Beda dengan dulu, dulu kalau enggak baca buku ya paling nurut nasihat orang tua.

    ReplyDelete
  79. Biasanya ada yang bilang internet bisa menjauhkan yang dekat, tapi dari tulisan ini jadi mematahkan anggapan itu. Internet kalau dimanfaatkan dengan baik malah bisa semakin mendekatkan yang dekat ya seperti halnya hubungan orang tua ke anak. Banyak hal yg bisa dilakukan bersama dengan adanya akses internet cepat. :)

    ReplyDelete
  80. Dengan adanya paket internet cepat dari indihome, bisa memudahkan dalam mencari informasi terkait ilmu-ilmu parenting dan tentu saja memudahkan dalam mencari hiburan terbaik untuk keluarga ya

    ReplyDelete
  81. Bener banget, paket internet cepat gitu mah bisa bikin kita ngapa-ngapain aja ya. Termasuk nyari ilmu untuk mengembangkan kemampuan parenting kita. Alhamdulillah, di rumah udah pake nih Indihome. Internet lancar dan ngebuuut!

    ReplyDelete
  82. Kalo menurutku tergantung juga si ka, tapi entahlah aku ngeri2 kalo ngeliat berita zaman skrg, mudah2an bisa jadi ortu baik di masa depan.

    Kalo internetnya ada dikeluarga yg tepat pasti baik juga manfaatnya.
    tapi kadang itu malah bikin anggota keluarga jadi acuh sendiri karena sbuk sama gadgetnya,
    ah entahlah, hehe

    ReplyDelete
  83. Kalo menurutku tergantung juga si ka, tapi entahlah aku ngeri2 kalo ngeliat berita zaman skrg, mudah2an bisa jadi ortu baik di masa depan.

    Kalo internetnya ada dikeluarga yg tepat pasti baik juga manfaatnya.
    tapi kadang itu malah bikin anggota keluarga jadi acuh sendiri karena sbuk sama gadgetnya,
    ah entahlah, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment