7 Dampak Positif Game Online

Konten [Tampil]
Perkembangan teknologi yang semakin maju akan menjadikan setiap orang dihadapkan pada dampak positif dan dampak negatif dari keberadaanya. Salah satu kemajuan teknologi itu adalah hadirnya game online. Ternyata selain dampak negatif ada dampak positif game online bagi yang memainkannya.
Solitaire

Dampak Positif Game Online

Dampak positif game online bisa didapatkan oleh setiap orang dengan menggunakan secara bijak. Bisa mengontrol waktu dan diri.

Berikut beberapa dampak positif game online

1. Meningkatkan kemampuan problem solving

Kemampuan memecahkan masalah atau problem solving sangat dibutuhkan dalam keseharian. Ini bisa dilakukan dengan melatih diri dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan dalam keseharian. Kemampuan memecahkan masalah bisa juga dilatih dengan bermain game online.

Saat bermain game, akan dituntut untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi agar bisa berlanjut ke level yang lebih tinggi. Begitu seterusnya hingga dapat menyelesaikan setiap tantangan pada setiap level.

2. Dampak positif game online lain adalah menumbuhkan kreativitas

Kreativitas adalah bagian dari diri yang harus selalu digali dan ditumbuhkan. Kreativitas bisa ditumbuhkan dengan banyak berlatih dan menumbuhkan imajinasi diri. Kreativitas dalam game online bisa dilakukan dengan menentukan karakter yang diinginkan, dan lain sebagainya.
Dampak positif game online

3. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Bermain game online akan bermanfaat dalam meningkatkan koordinasi antara penglihatan dan tangan. Koordinasi mata dan tangan akan bisa dilatih juga dengan bermain game online. Memperhatikan apa yang ada di layar dan merespon dengan gerakan tangan untuk menyelesaikan tantangan.

4. Menambah pengetahuan

Dampak positif game online yang bisa dirasakan adalah bertambahnya pengetahuan. Game online bisa menambah pengetahuan orang yang memainkannya. Pengetahuan ini bisa meningkatkan kemampuan orang yang memainkannya, seperti menambah kosa kata, kemampuan berhitung, dan kemampuan membaca.

Jadi jelas, kalau bermain game online akan menambah pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi seseorang. Kata lainnya, melalui game secara tidak sadar belajar banyak hal. Suatu saat nanti saat membutuhkan pengetahuan ini, akan ada upaya recall pada otak. Mengingat di mana pernah menemukan pengetahuan itu, padahal baru sedara sadar belajar hari ini, tapi terasa sudah familiar. Seakan sudah tahu sejak lama.

5. Menumbuhkan kemampuan berpikir cepat

Bermain game baik offline maupun online akan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan cara berpikir cepat dan akurat. Sering kali saat bermain, berpikir cepat merupakan sebuah keharusan. Apalagi jika itu adalah game yang berkompetisi melawan waktu.

Jadi salah satu dampak positif game online bagi kita adalah dapat menumbuhkan kemampuan berpikir cepat.

6. Menumbuhkan kesabaran dan disiplin berproses

Siapa sangka games bisa mengajarkan seseorang kesabaran dan disiplin dalam berproses? Selama ini kita hanya melihat sisi negatif, kalau game membuat seseorang tidak disiplin. Hampir sepanjang waktu main game. Kalau soal ini memang orangnya perlu diluruskan untuk bisa membatasi waktu bermain game.

Dalam suatu permainan seorang gamer, akan dituntut untuk mengikuti semua petunjuk yang ada dengan terstruktur. Jika tidak bersabar dan tidak disiplin dalam berproses maka tidak akan bisa menyelesaikan tantangan dan tidak bisa melanjutkan pada level yang lebih tinggi.
manfaat bermain game

7. Mengurangi stress

Bermain game online bisa juga digunakan sebagai sarana untuk menyegarkan diri dari penatnya pikiran yang bisa menyebabkan stress. Saat bermain game, sejenak pikiran akan dialihkan dan terfokus pada permainan yang dimainkan. Selain itu, juga bisa menyalurkan emosi negatif yang dirasakan diri melalui game yang dimainkan.

Itulah beberapa dampak positif game online yang bisa dirasakan oleh semua orang. Tentunya tetap harus membatasi dan mengontrol diri agar tidak terjebak dalam keasyikan bermain game yang bisa membawa pada kecanduan. Jika kecanduan game, maka yang didapat bukan lagi dampak positif, namun sebaliknya adalah dampak negatif.

Main Game Online di Solitaire.org

Game online
Saya merasa senang karena ada laman khusus bermain game online Solitaire.org yang berisi beraneka jenis permainan. Kita bisa memilih game yang sesuai dengan keinginan.

Saya memilih solitaire.org karena di beberapa alasan, diantaranya:
  1. Terdapat beberapa permainan yang biasa saya mainkan sewaktu kecil, jadi bisa mengenang masa lalu sambil membayangkan saat bermain bersama teman kala itu.
  2. Permainan bisa dimainkan tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu.
  3. Permainan bisa dimainkan di laptop dan juga bisa di smartphone.
  4. Permainan yang tersedia bebas dari iklan, sehingga tidak terganggu saat seru-serunya bermain.
Mau tahu permainan apa saja yang saya mainkan di solitaire.org? Sebelum saya mengulas permainan yang saya mainkan, ada beberapa kategori permainan yang bisa dipilih sesuai kesenangan. kategori itu antara lain Solitaire, Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzle, dan Word. 

Di antara sekian banyak permainan yang saya mainkan, saya akan mengulas dua permainan yang biasa saya mainkan untuk membantu mengasah konsentrasi, pengetahuan, dan wawasan personal, sekaligus menambah pengetahuan baru seperti menambah kosa kata. 

1. Hidden Kitchen

Hidden Kitchen
Hidden Kitchen merupakan salah satu permainan yang terdapat dalam kategori hidden object. Permainan ini terdiri dari 10 level yang berhubungan dengan dapur dan perlengkapan memasak.

Untuk memainkan permainan ini, klik tombol play, maka kita akan dibawa masuk ke permainan dengan memilih start.

Area permainan akan memiliki tampilan yang terdiri dari gambar dapur dengan berbagai perlengkapan dan objek lainnya pada sisi kiri. Sedangkan pada sisi kanan, tersedia clue gambar yang harus ditemukan dari area dapur.

Kita juga bisa melihat level, score, dan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan tantangan. Jika ingin istirahat sejenak, misal untuk mengambil makanan ringan, kita bisa memilih menu pause yang ada di sisi kanan.

Terkadang saat bermain kita akan menemukan titik buntu. Bisa jadi karena kurang teliti, atau memang sudah tidak menemukan objek yang kita cari. Tenang saja, kita masih bisa menemukan objek dengan menekan menu hint yang akan menunjukkan informasi objek yang bisa dipilih.

Oh iya, karena gambar objek yang tersedia begitu banyak, kita bisa juga melakukan zoom untuk melihat lebih dekat untuk menemukan benda yang dibutuhkan.

Semakin cepat kita menemukan benda yang harus ditemukan, maka akan semakin besar bonus waktu saat menyelesaikan setiap levelnya.

Permainan ini, sangat menarik karena melatih kita untuk bisa berpikir cepat, mengkoordinasikan pandangan dengan tangan, dan pastinya melatih konsentrasi kita.

Yuk ikut bermain Hidden Kitchen dan hidden object lainnya yang tidak kalah menantang. Ada China Temple, Circus Adventures, Garden Secret, Hidden Princess, Medieval Castle, Pirates and Treasures dan The Palace Hotel.

2. Daily Word Search Puzzle

Solitaire
Daily Word search puzzle ini sangat cocok untuk menambah kosakata dan mengenal penulisannya. Untuk memainkannya kita bisa memilih ukuran grid mulai dari 12x12, 14x14, dan 16x16.

Saat memainkan game ini, pada sisi kiri atas kita akan disediakan beberapa kata. Pada sisi kanan akan disediakan kumpulan huruf.

Saat bermain game ini, kita bisa bebas memilih arah pembentukan kata menjadi kata yang utuh. Kita bisa menghubungkan setiap huruf baik dari arah horizontal, vertikal, maupun diagonal, baik maju atau mundur.

Saat kita menemukan kata-kata pada puzzle, maka kata yang benar pada puzzle akan diwarnai dengan tanda hijau. Sedangkan kata-kata pada sebelah kiri akan hilang, sehingga daftar kata yang harus ditemukan akan berkurang.

Ketika bisa menyelesaikan tantangan, kita akan mendapatkan label Winner yang muncul pada papan puzzle yang sudah diselesaikan.

Yuk asah kemampuan merangkai huruf menjadi kata dengan bermain Daily Word Search Puzzle.

Kesimpulan

Teknologi dan perkembangannya selama disikapi dengan bijak dan dimanfaatkan dengan benar akan memberikan dampak baik bagi kehidupan. Bermain game sebagai bagian dari pemanfaatan teknologi ternyata juga bisa berdampak positif jika dilakukan dengan bijak. Semoga dengan penjelasan beberapa dampak positif game online di atas menjadikan kita tidak anti dengan teknologi. Mau mengasah kemampuan melalui game online? Yuk main di solitaire.org.

Related Posts

31 comments

  1. Jadi inget dulu sempet main game di Solitaire.org, buka lagi ah
    Untuk refreshing :D
    Padahal dulu saya sering marahin anak2 saya kalo main game
    Ternyata banyak manfaatnya, kerasa banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Kalau digunakan sesuai porsi ga belebihan jadi manfaat. Kalau berlebihan jadi dampak negatif. Kayak makan kalau makan di porsi pas, akan menyehatkan, kalau porsi berlebih ga nyaman, bahkan bisa jadi penyakit,membuat tidak sehat

      Delete
  2. Dulu juga main game di solitaire org untuk ngerefresh pikiran biar terbiasa berpikir seperti poin-poin di atas. Makemak daripada ngegosip, lebih banyak manfaatnya bermain game bagi otak ya, tentu dengan waktu yang tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya bermain itu banyak manfaatnya juga ya, mas. termasuk untuk anak-anak. Asalkan disesuaikan dengan gamenya yang edukatif. Tapi harus terus diawasi juga, jangan sampai kita meleng, mereka ganti game lain hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju Mas Bambang, asalkan gak main "game lain"
      Dan bisa ngatur waktu. Karena ada lho, anak yang main game sejak pulang sekolah hingga malam hari
      Kapan waktu belajarnya?

      Delete
  4. Kalo pas lagi boring, aq juga suka main game di Solitaire. Pilihan game nya banyak mulai dari yang mudah sampe yang sulit. Dan ada juga game jadul yang tetap eksis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem kak,
      Seru main games nya memang.
      Apalagi gak perlu pake unduh ya kak, tinggal buka lewat web nya aja

      Delete
  5. Bener banget.
    Anak-anak yang hobi main games ini selain teliti juga seorang problem solver yang baik ketika ada masalah. Kreativitasnya gak perlu diragukan lagi. Semoga bermain games bisa memberikan efek yang bagus sehingga hidup bisa lebih seimbang.

    ReplyDelete
  6. Bener ya Kang. Saya dulu, waktu masih jadi mbak-mbak kantoran, seringkali mengisi waktu istirahat dengan main game (Solitaire edisi lama) setelah selesai makan siang. Dan itu bener-bener menyenangkan loh. Saya gunakan satu jam istirahat siang dengan 15 menit makan, 30 menit ngegame dan 15 menit lainnya untuk salat.

    Awalnya hanya seseruan ngeliat temen-temen tapi akhirnya terseret untuk ikutan main. Lumayanlah refreshing sejenak. Mencerahkan pikiran sejenak dari rutinitas tugas-tugas kantor. Main gamenya juga bukan yang sulit-sulit biar gak kegemesan setelah kalah hahahaha.

    ReplyDelete
  7. Ini game kesukaan nih, soalnya asik gak perlu pakai unduh aplikasi udah terhubung dengan webnya.
    Gamesnya pun bervariasi, sehingga bikin gabut gak makin galau hehe

    ReplyDelete
  8. Yang aku cukup senang tentang dampak positif game online ini buat anakku yaitu bertambahnya kosa kata bahasa Inggris. Semacam belajar bilingual.

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya bermain games online byk manfaatnya, terutama bagi anak2, tinggal kita para orangtua yg harus mengarahkan mereka. Saya saja meski sudah dewasa sesekali juga suka bermain games

    ReplyDelete
  10. Main game memang ada plus minusnya. Tinggal kitanya aja yang pintar-pintar memanfaatkan teknologi yang ada . Anak saya sering main game, jadi sedikit-sedikit belajar bahasa Inggris juga. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Memang sih, game online punya sisi baik dan sisi buruk. Sisi baiknya kalau yang main bisa paham waktu dan fungsi, main game online jadi lebih asyik dan tertata. Apalagi game online sekarang banyak macemnya kak

    ReplyDelete
  12. Seru loh main solitaire karena nggak bikin asah otak banget, aku kayaknya bisa diitung menang permainan ini, tapi tipe classic, kalau sekarang banyak variasinya

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah main game di solitaire.org. Anak-anak baru suka game jenis itu. Saya lebih suka main otome game. Tapi manfaatnya sama seperti di artikel, sih. Cuma memang akan sulit buat yang belum lancar berbahasa asing.

    ReplyDelete
  14. Saya main juga di Solitaire. Paling suka sama game zuma ball, mainnya bikin flash back ke masa lalu... Wkwkwk
    Gamenya juga santai, ga bikin stress

    ReplyDelete
  15. mengurangi stres sih yang jelas haha. aku suka game yang berhubungan sama kata. aku bahkan punya bukunya word search puzzle waktu beli di BBW hha

    ReplyDelete
  16. bermain game emang bisa membuat pikiran lebih fresh. Paling penting pilih games yang sesuai dan tidak banyak menghabiskan waktu ya biar ngga lupa dengan aktifitas lainnya

    ReplyDelete
  17. Saya suka juga main di solitaire. Terutama yang hidden object sama free cell. Kalau game klasik ini memang bisa meningkatkan daya konsentrasi

    ReplyDelete
  18. Kalo aku suka main pacman, zuma, sampe ke permainan semacam candy crush itu loh hihi.. emang bener, ngga selamanya ngegame itu negatif loh yaa hehe satu hal yang harus disadari sama ortu yang masih suka ngelarang game hehehe

    ReplyDelete
  19. Asal ga berlebihan, bermain game emg pny banyak manfaat ya. Semua yg disebutin di atas emg bener sih. Soalnya udh aku buktiin sndiri. Si kecil emg susah bgt sekolah tp emg plg aktif sndiri di kelas. Dia bljr sndiri via YouTube dan game2 ringan yg dimainkannya.

    ReplyDelete
  20. Biasanya orang orang ngebahasnya yang negatif mulu kalo tentang game online, nah ini baru mantap bahasnya yang positifnya. Karena memang gaselamanya kok game online ini berdampak buruk, pasti juga banyak sisi positifnya.

    ReplyDelete
  21. Kalau kita bijak, apapun akan ada dua sisi baik selain buruknya ya. Termasuk min game online ini. Saya dan keluarga juga suka kok main game online. Meski yg mudah mudah saja sih

    ReplyDelete
  22. kok jadi kangen main game rasanya udah lama banget nggak main game , hanya lihat anak-anak main game aja...padahal orang tua juga butuh relaks

    ReplyDelete
  23. Aku juga seneng banget loh main game di solitaire.org, gamenya seru-seru. apalagi yang battle ship sama solitaire, kesukaanku banget.

    ReplyDelete
  24. main game online tuh banyak banget ya manfaatnya, ternyata gak seburuk yang saya bayangkan

    ReplyDelete
  25. Bermain game itu selalu identik dengan hal negatif, padahal banyak nilai positif yang akan diterima. Misalnya saja berpikir cepat dengan tindakan yang tepat.
    Btw, aku suka main game di solitaire karena banyak game klasik yang bikin nostalgia sama game zaman SMA.

    ReplyDelete
  26. Game online gini bikin otak nggak cepet tumpul hehehe.. meskipun ibu2 cuma kebiasa di dapur tapi juga perlu ngasah otak gini..

    ReplyDelete
  27. Sebenarnya main game juga banyak dampak positifnya ya, asal tidak lupa kewajiban saja. Aku kadang juga main game di Solitaire. Enggak usah pakai download, tidak takut makan memori... Heheh

    ReplyDelete
  28. Betul, memanfaatkan dengan bijak teknologi masa kini untuk me time juga boleh banget ya.. Seperti bermain game online di Solitaire.org. Selain ada banyak pilihan gamesnya juga memperkuat motorik dan menjadi problem solver tercepat.

    ReplyDelete

Post a Comment