Tips Jitu Agar Kamar Mandi Tetap Wangi dan Segar Sepanjang Hari

Table of Contents
Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang paling penting di rumah. Kamar mandi adalah tempat di mana kita mandi, buang air, dan menyikat gigi. Selain menjaga kebersihan juga perlu menjaga kamar mandi agar tetap harum dan segar.

Kamar mandi yang bersih, wangi dan segar akan menjadikan penggunanya merasa nyaman. Menggunakan karbol bisa menjadi salah satu solusi menjaga kamar mandi tetap wangi dan segar.
agar kamar mandi segar dan wangi

Tips Agar Kamar Mandi Tetap Wangi dan Segar

Siapa yang tidak senang memiliki kamar mandi yang bersih, segar dan wangi sepanjang hari? Semua orang pasti akan merasa senang dan nyaman dengan kamar mandi yang segar dan harum.
tips agar kamar mandi segar dan wangi
Beberapa hal berikut bisa dilakukan agar kamar mandi tetap wangi dan segar sepanjang hari:

1. Bersihkan kamar mandi secara rutin

Membersihkan kamar mandi secara rutin akan membuat kamar mandi terlihat bersih. Selain itu memudahkan pemilik dalam membersihkan kamar mandi dengan lebih cepat.

Saat membersihkan kamar mandi pastikan untuk membersihkan semua permukaan dan sudut ruangan kamar mandi tanpa terkecuali mulai dari wastafel, bak mandi, toilet, kaca, termasuk lantai.

Untuk memudahkan proses membersihkan kamar mandi, kita bisa menggunakan karbol yang bisa dipilih sesuai dengan selera kita.

Khusus untuk membersihkan lantai kamar mandi, agar tidak licin bisa menggunakan karbol pembersih lantai. Karbol ini akan sangat membantu dalam membunuh bakteri dan jamur yang menjadi menyebabkan bau tidak sedap.
karbol

2. Buka jendela kamar mandi setiap hari

Selain membersihkan kamar mandi dengan karbol pembersih lantai, cara menjaga agar ruangan tetap segar dan wangi adalah dengan membuka jendela kamar mandi setiap hari.

Membuka jendela kamar mandi setiap hari dapat mengganti udara di dalam dengan udara segar sehingga kamar mandi tetap segar. Selain itu, dengan jendela terbuka akan membuat sinar matahari bisa masuk ke dalam sehingga mengurangi kelembaban dalam ruangan.

3. Gunakan pewangi kamar mandi

Kamar mandi akan terasa semakin nyaman saat digunakan jika memiliki aroma ruangan yang harum. Agar tetap wangi, kita bisa menggunakan pewangi ruangan di kamar mandi. Ada banyak pewangi ruangan yang tersedia di pasaran yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Selain menggunakan pewangi ruangan, kita juga bisa menggunakan karbol untuk kamar mandi sehingga selain tetap wangi, kamar mandi juga akan terasa segar.

4. Letakkan tanaman hijau di kamar mandi

Meletakkan tanaman di dalam ruangan khususnya di dalam kamar mandi akan memberikan banyak manfaat. Diantara manfaatnya adalah meningkatkan kualitas udara, dapat menyerap bau tidak sedap di dalam ruangan, mengurangi kelembaban di dalam ruangan kamar mandi sehingga mengurangi atau dapat mencegah tumbuhnya jamur akibat ruangan yang lembab.
karbol pembersih lantai

5. Bersihkan toilet secara rutin

Toilet merupakan salah satu sudut di dalam kamar mandi yang bisa menjadi penyebab utama timbulnya bau tidak sedap di dalam ruangan. Untuk mencegah bau tak sedap, pastikan untuk membersihkan toilet secara rutin.

Membersihkan toilet tidak cukup hanya dengan menyiram, namun juga perlu dengan menyikat toilet setelah digunakan. Ada baiknya juga menggunakan karbol pembersih lantai untuk membersihkan toilet. Tujuannya agar toilet khususnya permukaan toilet bersih dari bakteri penyebab bau tidak sedap. Lakukan setidaknya sekali dalam sehari.

6. Hindari meletakkan handuk dan pakaian basah di kamar mandi

Handuk yang sudah digunakan sebaiknya dijemur di luar agar tidak lembab dan berjamur. Handuk atau pakaian basah yang dibiarkan lama di dalam kamar mandi akan menjadi sarang bakteri. Selain itu akan menimbulkan jamur. Bakteri dan jamur ini akan membuat ruangan kamar mandi tidak enak.

7. Buang sampah setiap hari

Sampah merupakan tempat yang disenangi oleh bakteri. Sampah bisa menimbulkan penyakit jika dibiarkan menumpuk terlalu lama. Selain itu juga bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Jika kondisi ini dibiarkan maka impian untuk memiliki kamar mandi yang segar dan wangi tidak akan pernah terwujud. Untuk itu, pastikan untuk membuang sampah setiap hari dan mencuci tempat sampah secara berkala. Selain itu, bersihkan juga lantai tempat meletakkan tempat sampah dengan karbol.

Itulah beberapa tips jitu agar kamar mandi tetap wangi dan segar sepanjang hari. Agar kesegaran dan wangi lebih dirasakan, saat membersihkan kamar mandi pastikan menggunakan karbol yang banyak tersedia di pasaran dengan berbagai pilihan.

43 comments

Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 5:44 AM Delete
Wah, iya yaa
Ada manfaatnya juga meletakkan tanaman hijau di kamar mandi
Nanti aku coba
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 8:43 AM Delete
Nahh. Kamar mandi kebanyakan hanya punya ventilasi. Penting banget ya bikin KM yg ada jendelanya karena ngaruh banget ke kebersihannya juga dan mengurangi tingkat kelembaban.
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 9:13 AM Delete
Terimakasih kak tipsnya.. iya nih harus rutin dong membersihkan kamar mandi biar wangi dan semangat mandinya
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 9:35 AM Delete
Jadi inget udah kehabisan pewangi dan cairan pembersih lantai untuk kamar mandi. Kucing-kucingku nih yang suka bikin kamar mandi jadi bau, karena ada yang senengnya pipis di kamar mandi, padahal udah disediakan pasir khusus untuk mereka.
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 10:37 AM Delete
bener semua ini, aku udah nyoba dirumah, terakhir dengan meletakkan tanaman hijau di toilet. walaupun tanamannya kecil tapi semacam memberikan efek yang bagus buat keadaan toilet sih. mantep sih ini
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 10:46 AM Delete
Kamar mandi adalah termasuk yang harus terus diperhatikan ya, Kang Ugie. Karena setiap hari digunakan. Bahkan di kamar mandi sekadar me time juga. Saya sendiri sering malah dapat ide tulisan saat setoran alam hehehe. Kalau kamar mandi bersih, jadi nyaman dan sehat.
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 10:47 AM Delete
Wah tipsnya pas banget ini Kak. Dari semua tips yang ada, satu yang mungkin tidak bisa saya lakukan, yakni membuka jendela setiap hari. Soalnya kamar mandi saya tidak berjendela, sebagai gantinya mungkin saya bisa sekali-kali membuka pintunya kali ya. Terus yang belum saya coba adalah ide meletakkan tanaman hijau, padahal saya mengaku suka berkebun, kenapa saya nggak kepikiran, ya? Duh jadi malu sendiri. Hehehe....
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 2:59 PM Delete
Pengin naro tanaman di kamar mandi. Apa daya kamar mandinya sempit. Padahal beneran oke tuh idenya. Selain menyerap bau juga bisa lebih artistik.
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 3:29 PM Delete
Tips yang bermanfaat Kak. Sebenarnya kalau kamar mandi sering dibersihin memang bisa bikin lebih sehat dan harum. Selain itu, ventilasi berpengaruh banget biar kamar mandi selalu segar
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 4:14 PM Delete
Tanaman hijau nih yang belum ada di kamar mandi. Nanti dipertimbangkan deh tanaman yang bisa membuat segar dan bermanfaat, soalnya buat dalam ruangan sih ya jatuhnya
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 5:07 PM Delete
Saya tipe orang yang betah kalau di kamar mandi untuk beberapa hal, jadi memang wajib banget bersih dan wangi, baca ini jadi makin tahu cara bersihin kamar mandi agar tetap wangi
Comment Author Avatar
August 14, 2023 at 2:15 PM Delete
secara, kamar madni yang wangi juga menjadi tanda penghuni menyukai kebersihan ya mbak, hhhe. Kalau kamar mandi bau, cukup mengusik soalnya :D
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 6:45 PM Delete
Kamar mandi kalo udah kotor dikit aja kerasa banget nggak enaknya, haduuh.. Btw, kamar mandi sy nggak ada jendelanya nih, Kang, haha.. Mungkin bisa ditambah tanaman aja kali ya, plus pakai bola² pengharum biar makin fresh.
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 8:22 PM Delete
Aku sih selalu pake pewangi ruangan khusus di toilet biar harum wanginya. Ada pilihan rasa yang bs disesuaikan dgn selera tuh.

Kalo bersih2 sih harus setiap hari. Pastikan ga ada genangan di lantai biad ga dihuni nyamuk2. Plus ngecek di bak mandi kl sdh mulai ada jentik2.
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 9:33 PM Delete
aku langsung kebayang harum karbolnya, setuju bersihin kamr mandi harus rutin dilakukan kalo nggak akan berjamur, berkerak
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 9:44 PM Delete
duh kamar mandiku ga ada jendela nih kak haha tapi ya selalu pintunya kebuka sih kalau lagi gak ada orang biar gak pengap aja
Comment Author Avatar
August 1, 2023 at 11:53 PM Delete
Kebersihan kamar mandi mencerminkan pribadi seseorang ya gak sih pak???
Kamar mandi memang kudu rajin dibersihkan soalnya bahaya buat anak misal lantai licin bikin anak kepleset. (Gusti yeni)
Comment Author Avatar
August 2, 2023 at 7:41 AM Delete
Iya, aku juga paling anti meletakkan handuk di kamar mandi.
Asa gak kering-kering. Ntar butuh dipake lagi masih lembab tuh.. gaenak banget.

Kemarin barruu aja liat gel yang bisa bikin wangi kamar mandi.
Hihihi.. iseng-iseng coba, supaya kalau ada bau yang kurang nyaman, bisa segera terserap.
Comment Author Avatar
August 9, 2023 at 5:28 PM Delete
Kamar mandi memang riskan menimbulkan bau yang tidak sedap, untuk itu perlu perawatan ekstra biar tetap wangi. Terimakasih pak tips jitunya...
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 8:05 AM Delete
Yg namanya kamar mandi itu memang kudu rutin dibersihin pake karbol yah, biar aromanya tetep seger, plus taroh kembang hias juga biar makin adem.
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 9:52 AM Delete
Membersihkan kamar mandi kurang afdol kalau tidak memakai karbol, kerak kerak kotoran di dinding keramik mudah di bersihkan kalau di semprot karbol dulu baru di sikat habis itu siram deh emmm jadi wangi dan bersih kamar mandinya yakss...(gusti yeni)
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 12:58 PM Delete
Kalau sampah tidak dibuang dengan rutin wuah entah apa deh aromanya ya kak.
Memang perlu nih membersihkana area kamar mmdi agar tetap nyaman
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 2:52 PM Delete
Ada rekomendasi pewangi toilet, pak? Aku sih paling suka pake pewangi kapur barus yang ukuran besar...
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 3:43 PM Delete
Tiga dari usaha untuk membuat kamar mandi menjadi lebih harum yang udah aku lakukan biasanya membersihkan secara rutin, ngasih pewangi gantung sama ventilasi kudu oke. Dijamin, kamar mandi jadi gak suram hehehe
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 6:41 PM Delete
Kayaknya tips nomor 4 belum pernah saya coba sih. Pengen gitu naro tanaman hijau di kamar mandi, misalnya pohon beringin atau pohon kamboja, wkwkwk... Yang penting tanaman yak.

Wah kebiasaan orang rumah nih, suka gantung pakaian basah di kamar mandi. Selain timbul bakteri dan jamur, juga memicu timbulnya nyamuk kan ya...

Makasih banyak ya tipsnya. Sekaligus jadi reminder bagi saya pribadi nih, biar lebih rajin lagi untuk menjaga kebersihan kamar mandi.
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 6:59 PM Delete
Saya biasanya taruh kopi atau kamper di kamar mandi. Sama rutin bersihkan kamar mandi
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 7:37 PM Delete
Emg hrs rutin bersihin kamar mandi. Entah disiram dgn air secara rutin atau memakai pewangi khusus kamar mandi. Aku sih biasanya pake kapur barus utk menyingkirkan tikus/semut. Atau semprotan nyamuk utk basmi nyamuk yg sering hinggap di atas dan basmi kemungkinan kecoak.
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 9:54 PM Delete
wah baru tau nih bisa meletakkan tanaman hijau ya :) boleh ah dicobain, ckep jg ya toilet ada tanamannya
Comment Author Avatar
August 10, 2023 at 11:58 PM Delete
Kadang tuh ya..
kamar mandi uda bersih, tapi karena ada kecoa, misalnya.. baunya jadi errgg...
Dan kudu banget dibersihkan rutin menggunakan karbol pembersih lantai yang wanginya menyegarkan.
Comment Author Avatar
August 11, 2023 at 7:32 AM Delete
Toiletku nggak ada jendelanya sih
Tapi rutin bersih in dan emang selalu buang sampah yg ada secepatnya
Agar nggak bikin toilet bau
Aku mau coba tips meletakkan tanaman hijau di toulet ah
Comment Author Avatar
August 11, 2023 at 11:54 AM Delete
Eh belum kepikiran menaruh tanaman di kamar mandi. Tapi apakah bisa hidup dia di ruangan minim cahaya matahari?.
Pewangi kamar mandi yg bagus apa pak? Aku kalo naruh pewangi yg merek terkenal itu suka ngga pas sama wanginya. Menusuk hidung bgt. Belum lagi ada yg abis makan pete. Udah deh aromanya ngga karuan. Hahaha
Comment Author Avatar
August 12, 2023 at 10:50 AM Delete
Dari semua tipsnya, saya belum mencoba untuk menyimpan tanaman hijau di kamar mandi, coz kamar mandinya berukuran minimalis alais kecil.. wkwkwk. Tapi bisa diinisiatifi dengan tanaman yang tidak terlalu besar kali, ya, agar bisa menyesuaikan dengan besar ruangan
Comment Author Avatar
August 12, 2023 at 2:06 PM Delete
Katanya kalau ingin melihat kualitas kebersihan seseorang, lihatlah kamar mandinya. Btw, saya tidak membiasakan menyimpan handuk, pakaian kotor, dan sampah di kamar mandi. Selain menimbulkan jamur dan bau tidak sedap, kelihatannya juga jadi berantakan.
Comment Author Avatar
August 13, 2023 at 9:59 AM Delete
Paling nggak suka kamar mandi menimbulkan bau tidak sedap, biasanya aku suka rutin bersihkan seminggu sekali dan pakai pewangi. Belum pernah coba kalau menyimpan tanaman hijau. Boleh nih aku coba. Tanamannya bebas aja atau tanaman tertentu?
Comment Author Avatar
August 13, 2023 at 11:21 AM Delete
Wah, mantab betul tipsnya. Tapi kebanyakan kamar mandi yang aku temui, bahkan di rumah itu gak ada jendelanya. Cuma fentilasi aja. Jadi memang lembab banget, paling biar looknya lebih enak dan seger ditambahin taneman ajaa..
Comment Author Avatar
August 13, 2023 at 11:52 AM Delete
Kamar mandiku yang belum ada adalah jendela wkwk, ventilasinya tetap masuk ke ruangan dalam rumah. Nggak keluar. Kemudian belum ada anak hijaunya. Makasih pak tipsnya, jadi reminder nih biar toilet always bersih. Cerminan si pengguna rumah soalnya :)
Comment Author Avatar
August 13, 2023 at 6:59 PM Delete
Karena dulu kos kamar mandi bersama jadi ga pernah simpan handuk atau pakaian basah di kamar mandi
Pengen banget simpen tanaman di kamar mandi biar agak seger tapi anakku lagi di fase segala di eksplore jadi agak riskan 😂😂😂, mau cara tips lain dulu deh
Comment Author Avatar
August 13, 2023 at 9:50 PM Delete
Pengen banget punya kamar mandi bersih rapi wangi, tapi kenyataannya selalu bertolak belakang. Makasih kak Ugi sharing tipsnya, harus rajin rajin bersihin kamar mandi ini.
Comment Author Avatar
August 13, 2023 at 11:00 PM Delete
ternyata banyak yang terlewat dari cara saya merawat kamar mandi, terima kasih tips-tipsnya. nanti saya tambahkan juga pot gantung deh supaya ada ijo-ijo di dalam kamar mandi, soalnya kamar mandinya sempit
Comment Author Avatar
August 14, 2023 at 8:12 PM Delete
Membersihkan dan merawat kamar mandi ini kelihatannya seperti perkara sepele ya, padahal penting sekali. Aku sendiri juga risih kalau punya kamar mandi kotor dan bau. Apalagi kamar mandinya kecil, nggak seberapa luas gitu. Rasanya tiap masuk kamar mandi jadi pengen emosi, hehe..

Makanya emang udah paling handuk tuh dijemur aja di luar, nggak usah ditaruh di dalam kamar mandi. Terus rajin bersih2 juga...
Comment Author Avatar
August 14, 2023 at 10:31 PM Delete
Mau donk pak rekomendasi tanaman hijau apa yg cocok di taruh di kamar mandi. Selain rajin dibersihin, selama ini cuma ngandelin pake kamper yg direndem softener dalam wadah gitu, ikut2 yg viral di ig tpi bener2 ngefek bkin wangi
Comment Author Avatar
August 15, 2023 at 4:25 PM Delete
Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman dan follow blog sampean :)

mashilman,blogspot,com
Comment Author Avatar
September 1, 2023 at 9:00 PM Delete
Mantap banget tipsnya bang, terlihat mudah tapi perlu niat dan konsistensi agar benar benar menjadi habit, agar kamar mandi tetap bersih dan rapi