7 Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan Agar Perjalanan Aman

Table of Contents
Momen akhir tahun menjadi momen yang ditunggu banyak orang. Pada momen ini biasanya akan diisi tidak hany berkumpul di rumah, namun juga berlibur bersama. Liburan bersama pada libur tahun baru harus direncanakan dan dipersiapkan dengan baik. Rencana itu mencakup persiapan stamina tubuh, anggaran liburan, dan kendaraan yang akan digunakan mengunjungi tempat-tempat menarik. Bila Anda memiliki rencana untuk berlibur menggunakan sepeda motor, tips perawatan motor sebelum liburan ini sangat pas untuk Anda..

Tips merawat motor ini dibagikan oleh Planet Ban untuk Anda. Planet Ban adalah salah satu satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia yang sudah hadir diberbagai kota di Indonesia.
Planet Ban

Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

Jika Anda mau berlibur bersama pasangan atau sendirian, agar liburan aman dan nyaman, anda bisa menggunakan beberapa tips perawatan motor sebelum liburan berikut:

1. Cek Kondisi Ban Motor

Ban motor adalah bagian penting dari sepeda motor yang tidak boleh disepelekan. Untuk itu, melakukan cek kondisi ban motor sebelum liburan menjadi salah satu tips perawatan motor yang harus dilakukan.

Melakukan pengecekan kondisi ban tidak hanya pada tekanan udara saja. Ban yang terlihat sederhana juga harus dilihat dari banyak hal. Mulai dari mengecek tampilan luar dari ban motor, apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban bergelombang. Tujuan dari konrol terhadap kondisi ban ini tidak lain adalah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat perjalanan jauh

Jika saat pengecekan ditemukan tanda-tanda di atas, sebaiknya Anda mengganti dengan ban baru. Untuk mengganti ban baru kini bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengunjungi Planet Ban terdekat. Anda tidak perlu khawatir, karena Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor Anda.
Tips perawatan motor sebelum liburan

2. Cek Kondisi Rem

Tips perawtan motor sebelum liburan yang kedua adlah mengecek kondisi rem. Semua orang pasti tahu bagaimana pentingnya fungsi rem bagi motor yang dimiliki. Rem merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga keamanan dalam perjalanan. Untuk itu, komponen pengereman perlu Anda cek. Pastikan dalam konsisi baik.

Jika kondisi rem sepeda motor sudah kurang berfungsi optimal, sebaiknya Anda segera mengganti spareart yang mengalami penurunan fungsi. Misal, jika saat menginjak rem tuas terlalu dalam, maka Anda perlu mengganti kampas rem.

Untuk memeriksa keausan pada rem, Anda bisa memeriksa secara manual dengan memanfaatkan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) harus segera diganti. Bagaimana dengan rem cakram? Pada rem cakram, Anda bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem.

Pemeriksaan ini harus anda lakukan secara rutin terlebih sebelum melakukan perjalanan agar dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tips merawat motor sebelum liburan yang tidakkalah penting adalah melakukan pemeriksaan oli mesin motor. Oli mesin tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelumas piston, namun juga untuk berfunsi mendinginkan mesin. Sebelum berlibur, sebaiknya Anda mengganti oli mesin dengan oli baru. Saat mengganti oli mesin, anda juga harus memastikan oli yang digunakan untuk kendaraan dapat digunakan untuk menempuh jarak jauh. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengecek kandungan yang terdapat di dalam oli, seperti kandungan ester.

Ester pada oli merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil dengan adanya kandungan ester di dalamnya. Kemampuannya yang daapat menjaga suhu mesin tetap stabil menjadika oli dengan kandungan ester sangat kayak digunakan untuk perjalanan jauh.

Untuk mendapatkan oli dengan kandungan ester dan harga yang terjangkau, Anda bisa menggunakan Oli X-Ten. Oli X-Ten merupakan oli eksklusif dari Planet Ban. Oli ini memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor secara stabil meski dalam torsi tinggi. Selain itu, juga bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

4. Periksa Aki Motor

Perawatan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengecekan aki motor. Aki motor perlu dikontrol secara berkala mengingat fungsinya yang sangat vital. Termasuk sebelum melakukan perjalanan jauh, pengontrolan kondisi aki harus dilakukan. Hal ini karena aki merupakan sumber energi listrik yang juga berfungsi menyimpan energi listrik.

Dalam pengontrolan aki motor , pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, berkarat, atau bahkan rusak. Jika Anda menggunakan aki basah, cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Melakukan hal ini akn memberikan Anda informasi bisa apakah kondisi aki dalam keadaan baik atau sebaliknya.

5. Cek Sistem Pendingin

Tips merawat motor sebelum liburan yang perlu dilakukan adalah cek sistem pendigin. Sitem pendingin tidak kalah penting fungsinya bagi mesin motor. Sistem pendingin ini berfurngsi mendinginkan mesin saat digunakan. Jika sistem pendingin mengalami masalah, maka dapat menyebabkan mesin mengalami panas berlebih (overheat).

Untuk mencegah hal itu terjadi dalam perjalanan, Anda harus melakukan pengecekan sistem pendingin sebelum melakukan perjalanan jauh. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi air pendingin (Coolant) dalam keadaan cukup yang bisa dilihat dari indikator yang ada.

Bagian sistem pendingin ini harus diberikan perhatian, karena letaknya tidak terlihat mata secara langsung sehingga mudah dilupakan.

6. Periksa Busi

Komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan dan tidak boleh dilupakan saat akan liburan khususnya bagi pemilik kendaraan bukan matic adalah memeriksa busi. Memeriksa busi dilakukan untuk memastikan apakah busi dalam keadaan bersih atau kotor, sekaligus mengontrol kerenggangan celah busi.

Apabila busi motor terlihat kotor, hal yang bisa dilakukan adalah membersihkannya. Namun jika busi sudah terlihat aus, Anda perlu mengganti busi dengan yang baru.

Kondisi busi yang bermasalah akan berakibat tidak bisa berfungsi secara optimal. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada sistem pengapian yang tidak bisa bekerja secara sempurna. Sehingga mengganggu proses pengapian pada sepeda motor.

7. Cek CVT dan Rantai

Sistem penggerak merupakan komponen penting yang harus diberikan perhatian. Selain karena masa pakai, komponen ini juga perlu dilaukan pengecekan kondisinya. Pemeriksaan lebih lanjut saat akan melakukan perawatan motor sebelum liburan adalah melakukan pengecekan pada komponen CVT untuk motor matic. Sedangkan pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport pengecekan pada rantai..

Jika dalam pengecekan didapati kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna maka harus dilakukan penggantian. Jika dibiarkan hal ini dapat menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan liburan sebaiknya Anda melakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor Anda agar dalam performa optimal selama perjalanan Anda.

Tips merawat motor sebelum liburan dari Planet Ban ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan. Kondisi sepeda motor dengan performa optimal, akan membuat perjalanan Anda aman tanpa hambatan.

Anda bisa datang ke Toko Planet Ban untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor. Planet Ban tidak hanya menyediakan ban motor, tetapi juga spare part berkualitas lainnya. Seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, hingga layanan Servis Rasa Mesin Baru yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor seperti baru.

Sebagai bagian dari layanan prima, Planet Ban juga menyediakan layanan konsultasi pengecekan dan pemeriksaan kondisi sepeda motor secara gratis. Selama proses konsultasi, Anda akan dilayani oleh mekanik Planet Ban. Anda bisa berkunjung ke toko-toko Planet Ban terdekat.

Selain itu konsultasi secara langsung Anda juga bisa menggunakan layanan konsultasi online, Planet Ban juga menyediakan Tim Konsultasi Online Planet Ban. Layanan konsultasi konsultasi online secara gratis ini bisa dilakukan melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban.

Tunggu apa lagi. Segera kunjungi Planet Ban terdekat di kota Anda dan nikmati keunggulanan layanan dari Planet Ban. 

Tips perawatan motor


45 comments

Comment Author Avatar
December 30, 2023 at 12:05 PM Delete
Pengalaman servis di Planet Ban lumayan puas dengan pelayanannya yang cepat dan pembayarannya yang bisa non tunai juga, udah gitu harganya reasonable, apalagi olinya dijamin ori kan
Comment Author Avatar
December 31, 2023 at 10:52 AM Delete
Perawatan motor nih penting banget ya kak , Aku tuh bisanya pakai motor tapi suka lupa service nya hehehe
Comment Author Avatar
January 1, 2024 at 7:02 PM Delete
Wah penting banget melakukan perawatan motor di cek ada kendala atau nggak sebelum pergi berlibur. Biar pas di jalan motornya nggak mogok dan terhindari dari bahaya. Liburan jadi happy deh tanpa harus mikirin motor kenapa2.
Comment Author Avatar
January 1, 2024 at 9:02 PM Delete
Betul banget, wajib periksa motor sebelum liburan. Karena ada pengalaman motor rusak dibagian kopling di pertengahan jalan, malah pas liburan lebaran dimana bengkel pada tutup hehe
Comment Author Avatar
January 2, 2024 at 7:52 AM Delete
Nah bener, liburan tahun baru juga wajib dipersiapkan dengan baik terutama motor buat jalan-jalan hehehe. Jangan lupa cek kondisi rem, ban, sampai oli mesin. Kalau aku sih biasanya mampir ke Planet Ban buat service rutin. Untung deket rumah juga. Dengan servis rasa mesin baru bikin kinerja motor makin oke rasa baruuu!
Comment Author Avatar
January 2, 2024 at 3:24 PM Delete
Wah bermanfaat sekali tips ini untuk emak-emak yg gak pernah urus motor, taunya pakai hhe. Jadi ada gambaran pas paksu ke luar kota bisa ngapain saat motornya bermasalah :) terutama kalau mau perjalanan jauh ya, penting bgt rawat motor biar aman di perjalanan.
Comment Author Avatar
January 2, 2024 at 3:29 PM Delete
Iya ya nih, sudah waktunya service motor, kok ya lupa kemarin jadwalnya service motor, kalau di Planet Ban bisa service motor enak nih karena banyak saya temukan bengkelnya
Comment Author Avatar
January 2, 2024 at 3:56 PM Delete
Penting nih melakukan service motor sebelum liburan supaya liburannya lancar jaya tanpa gangguan terkait maintenance yang kurang atau bahkan belum dilakukan, apalagi jika menggunakan motor untuk melakukan perjalanan jarak jauh selama liburan
Comment Author Avatar
January 2, 2024 at 9:28 PM Delete
Di dekat rumah juga ada Planet Ban, langganan suami, pelayanannya bagus sehingga pelanggan pasti datang lagi
Comment Author Avatar
January 2, 2024 at 11:04 PM Delete
wah baca ini, kebetulan motor lagi ngadat, ngak bisa di starter, diengkol pun nggak mau hidup, padahal sabtu atau 3 hari yang lalu baru dibawa ke tempat servis. keknya harus ganti bengkel ini.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 5:30 AM Delete
Paling suka ada blog yang ngebahas dan ngulik motor, akhirnya dapet di blognya Mas Sugi
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 5:42 AM Delete
Teknik tahu rem nya udah aus atau belumnya seperti itu ternyata. Jadi perlu dipahami oleh pengendara nih, sehingga tidak hanya mahir membawa motor aja, tetapi juga dalam perawatan khususnya bagian rem, karena ini krusial
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 6:52 AM Delete
Aku bukan tim motoran jauh. Tapi paling getol buat cek performa motor meski akhirnya si doi yang urus hehe.

Aku paling khwatir itu sama kampas rem. Soale itu kunci pengendara agar bisa memgendalikan kendaraan kaj. Rawan jika kampas rem mulai aus. Jadi pastikan kampas rem masih handal..

Planet Ban ada dimana mana ya dan suamiku juga bilang oke melakukan perawatan disana
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 9:19 AM Delete
Kebetulan saya pemotor aktif, tips di atas sangat bermanfaat. Manalagi saya tinggal di kota yang relatif masih sepi. Kalau butuh spare part yang kurang umum, harus ke ibukota propinsi yang habiskan waktu seharian buat PPnya.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 9:45 AM Delete
Next, pengen juga membuktikan, bisa juga ya di planet ban untuk service motor. Setahuku, bagi kaum emak-emak yang jarang ke bengkel, planet ban hanya untuk ganti ban saja. Sekarang sudah luas lagi pelayanannya. Bener nggak kang ? hhe.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 9:52 AM Delete
aaakk jadi keinget rem tangan aku sudah blong, mau kebengkel kedistrek mulu huhuuhu..tapi kalau liburan jalan jalan di dalam kota emang enak sii pake motor berdua ama suami hihihihi mengingat masa masa pacaran eeehhehhehee
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 10:00 AM Delete
Wah, menarik infonya nih. Saya baru tahu kalau Planet Ban melayani konsultasi pemeriksaan kondisi motor, via online dan offline. Selama ini saya yang gak paham soal motor ini, hanya bisa request pada suami untuk membawa ke tempat servis motor. Saya tidak pernah tahu apa saja yang harus dicek, dll. Setelah ini pekerjaan suami jadi lebih ringan, karena saya bisa langsung membawa motor ke Planet Ban, atau bahkan berkonsultasi dulu via online.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 10:05 AM Delete
waktu muda saya sering sekali bepergian pakai motor. Bahkan kalau pulang dari Bali pasti touring berbanyak motoran sampai Lamongan. emang pengecekan motor sebelum dipakai jarak jauh penting banget sih biar nggak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 11:12 AM Delete
Ini penting karena perjalanan jauh itu memang wajib merawat motor sebaik mungkin agar tidak terkendala selama di perjalanan
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 12:24 PM Delete
Pokoknya perjalanan jauh maupun dekat, kondisi motor harus cek secara berkala agar lebh aman.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 1:29 PM Delete
Jadi inget belum ganti oli nya mail. Duhh habis baca ini jd langsung schedulin ganti oli. Kasihan sering diajak touring.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 2:24 PM Delete
Sebagai cewek kadang aku bingung sih, merawat motor dari mana aja. Ternyata banyak juga ya aspek perawatan motor yang harus diperhatikan. Supaya kendaraan roda dua ini tetap nyaman dipakai. Terima kasih informasinya.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 3:50 PM Delete
Tips tambahan, jangan buka atau memasang busi saat mesin motor masih panas, karena bisa merusak drat busi.
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 9:00 PM Delete
Hihi ..aku awam tentang motor nih, ngertinya mengendarai saja..nggak ngert perawatan nya..jadi malu deh. Untung baca tulisan ini, jadi nambah pengetahuan deh... Terima kasih sharing nya ya..
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 9:39 PM Delete
wah jadi keinget nih. motor juga habis mau dipakai jarak jauh lagi, jadi harus dicek ulang semua. terima kasih tipsnya
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 10:39 PM Delete
Cewek harus bisa juga sih aware masalah ini, terutama poin pentingnya. Biar ngga hanya bisa pakai tp jug bisa rawat. Kalau ribet tinggal ke Planet Ban aja wkwk terpercata buat perawatan motor
Comment Author Avatar
January 3, 2024 at 11:23 PM Delete
sebelum liburan gak cuma harus perhatikan barang bawaan aja ya, paling utama juga mengecek kondisi kendaraan yang akan kita gunakan, apalagi berkendara dengan motor dan jarak jauh, list yang harus diperhatikan nyatanya banyak juga ya dan sepertinya masih ada yang sering kelewat ya.
Noted nih tipsnya dari Planet Ban, apalagi bisa konsultasi gratis secara langsung maupun via WA ya, keren nih pelayanannya.
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 9:43 AM Delete
Penting banget memang mengecek segala part dari motor sebelum liburan. Jangan sampai menimbulkan masalah dan menggangu perjalanan liburan.
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 10:06 AM Delete
Setujuuu banget sama tips nya! Terutama harus ganti oli dulu sebelum berpergian jauh. Agar kendaraan bisa fit dan perjalanan jadi terasa nyaman dan aman
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 3:32 PM Delete
Saya kira Planet Ban hanya seputar jualan ban. Ternyata bisa servis motor keseluruhan hingga rasa mesinnya baru. Di kota saya ada, mungkin bisa dicoba servis ke sana nih. Terima kasih info, Kak
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 6:11 PM Delete
Lo, iya. Baru tahu saya kalau Planet Ban punya layanan konsultasi online secara gratis. Oh, ya, apakah untuk menggunakan layanan ini kita harus jadi pelanggan dulu atau boleh untuk umum, Kang?
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 6:38 PM Delete
setujuu, poin penting dalam perjalanan ketika liburan jauh adalah kondisi motor yang nyaman dan aman. Jangan sampai dehh ketika sedang asik jalan-jalan kondisi motor malah gak enak di bawa. jadinya kan makin tambah bedmut
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 7:32 PM Delete
Wajib banget cek kondisi motor sebelum bepergian soalnya aku pernah motoran mogok ternyata bermasalah oli kering huhu
Comment Author Avatar
January 4, 2024 at 11:00 PM Delete
Wahhh.. ternyata Planet Ban gak cuma menyediakan jasa servis ban, ya? Selama ini saya kalau ke Planet Ban cuma ngecek kondisi ban aja. *ketauan kudetnya
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 5:42 AM Delete
kayaknya nomor 1-3 doang yang aku paham. sisanya diperiksa pas servis motor aja karena ga ngerti wkwk tim pasrah terserah abang montir aja
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 6:01 AM Delete
Penting banget cek kondisi motor sebelum diajak pergi jauh. Pas pulang pun kita juga perlu me service motor yg dipake. Apalagi motor yang dipake buat jalanan tanjakan
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 6:07 AM Delete
Penting nih buat ngecek kendaraan sebelum bepergian. Klo kendaraan kenapa2 diperjalanan gara2 kelalaian kita kan bakal merepotkan sekali.
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 9:21 AM Delete
Salah satu penemuan penting dunia permotoran adalah ban tubeless, beneran kebantu sih. Sebagai orang yang ngga ngerti mesin, biasanya sebelum liburan saya serviskan kendaraan di bengkel. Biar semua aman terkendali, ehehe
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 9:34 AM Delete
Rawat motor wajib banget kak untuk kenyamanan selama di perjalanan jauh
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 9:55 AM Delete
Perawatan kendaraan memang harus rutin dilakukan ya Kak. Ganti oli, cek ban, rem, aki, harus dicatat dengan baik agar tak terlewat. Karena jika ada yang kelupaan saja, biasanya malah merembet ke mana-mana efeknya.
Comment Author Avatar
January 5, 2024 at 1:20 PM Delete
Penting banget emang cek kondisi motor sebelum liburan. Apalagi perjalanan jauh. Aku sekarang udah mulai belajar rawat motor sih, karena akan mempengaruhi keselamatan juga saat berkendara di jalan raya.
Comment Author Avatar
January 6, 2024 at 8:06 AM Delete
Sebagai pemilik motor yang motornya pernah mengalami turun mesin akibat kurangnya perawatan motor, bisa sangat mafhum dan memahami bahwa servis sangatlah penting dalam perawatan motor.

Ganti oli secara rutin, bisa menjadi penolong sekaligus mencegah terjadinya kerusakan mesin secara mendalam, dan perlunya cek rutin CVT juga bisa
Comment Author Avatar
January 8, 2024 at 8:50 AM Delete
bener banget. motor yang dirawat dan tidak dirawat akan berasa perbedaannya. tentunya lebih nyaman yang dirawat dong yaa xD
Comment Author Avatar
January 9, 2024 at 4:14 AM Delete
Canggih banget yaa..
Saat ini ada Tim Konsultasi Online Planet Ban yang bisa diandalkan. Sehingga servis motor pun bisa dilakukan kapan pun saat dibutuhkan. Apalagi peak season seperti liburan akhir tahun kemarin.
Comment Author Avatar
March 23, 2024 at 3:19 PM Delete
Agar lancar selama perjalanan memang wajib cek rutin kendaraan berkala
Enaknya Planet Ban itu banyak cabang, jadi nggak perlu jauh-jauh. Tinggal cari servis Planet Ban terdekat