Manfaat dan Kandungan Susu Kambing Etawa

Table of Contents
Bertamu ke rumah orang dan mendapat suguhan minuman pastinya sudah menjadi hal lumrah. Suatu hari saya bersama teman berkunjung ke rumah seseorang. Saat sedang mengobrol tuan rumah mengeluarkan aneka suguhan. Salah satunya susu. Tuan rumah bilang itu adalah susu kambing etawa. Katanya banyak manfaatnya bagi tubuh termasuk untuk nyeri sendi.

Beberapa bulan lalu dalam perjalan pulang dari Jakarta saya mengalami keseleo pada kaki kiri. Seketika saya teringat dengan susu kambing etawa yang disuguhkan saat bertamu beberapa waktu sebelumnya.

Dalam perjalanan pulang saya segera berselancar mencari informasi tentang kambing etawa, kandungan susu etawa. Saat mengetahui kandungannya yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk tulang, saya pun berlanjut mencari informasi. Memanfaatkan jaringan internet dan bermodal gawai pintar saya berselancar demi mendapatkan informasi lebih.

Selain mencari informasi tentang kandungannya, saya juga mencari informasi tentang manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan. Pas banget, saat membaca tentang manfaatnya ternyata ada banyak sekali. Kabar baiknya, juga menemukan apa yang disampaikan pemilik rumah saat saya bertamu. Susu kambing ini bisa untuk susu nyeri sendi.

Yuk simak informasi berikut untuk lebih memahami apa itu susu kambing etawa, apa kelebihannya, kandungannya dan manfaatnya bagi kesehatan.
manfaat susu etawa etawarich


Apa kelebihan susu kambing etawa?

Susu kambing etawa adalah susu yang berasal dari kambing yang asalnya dari distrik Etawah di Uttar Pradesh. Salah satu negara bagian di India. Karena berasal dari Etawah itulah kemudian kambing jenis Jamunapari atau Jamnapari disebut sebagai kambing etawa. Unik ya namanya.

Kandungan susu etawa yang kaya akan nutrisi dan vitamin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga tulang. Ada banyak manfaat susu kambing etawa yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin.

Dalam 100 gram susu kambing etawa terkandung beberapa nutirisi. Jumlah kandungan dalah setiap nutrisi yang dapat dilihat pada tabel di bawah.
Kandungan Susu Etawa
Ternyata ada banyak sekali nutrisi, vitamin, yang ada dalam kandungan susu kambing etawa. Selain nutrisi dan vitamin, juga dan zat lain yang bermanfaat tulang yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tulang misal sebagai susu tulang keropos.

Apa manfaat dari susu kambing etawa?

Mengonsumsi susu untuk kesehatan akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Pun saat mengonsumsi susu kambing etawa yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan tulang, termasuk untuk mencegah pengapuran tulang.

Berikut beberapa manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan yang dapat dirasakan saat mengonsumsinya secara rutin:

Mendukung pertumbuhan tulang

Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah untuk mendukung pertumbuhan tulang. Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu kambing etawa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa sangat penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Sehingga tidak heran jika kemudian banyak orang yang mengonsumsinya secara rutin sebagai susu untuk pengeroposan tulang.

Lansia adalah orang yang berisiko rentan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Namun demikian, mereka yang berada pada usia muda juga memiliki resiko dapat mengalami pengeroposan tulang. Untuk itu selain melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi susu untuk pengeroposan tulang sangat penting dilakukan.

Membantu menjaga kadar kolestrol

Manfaat susu kambing etawa berikutnya adalah membantu menjaga kadar kolesterol. Ini karena kandungan lemak jenuh pada susu kambing lebih rendah daripada kandungan lemak jenuh pada susu sapi.

Mengutip dari laman kesehatan alodokter disebutkan bahwa sebuah studi mengungkapkan jika mengonsumsi susu kambing dapat menurunkan kadar kolestrol di pembuluh darah dan kantung empedu.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Susu kambing etawa memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Susu untuk kesehatan ini sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan memiliki daya tahan yang baik. Ini karena kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain di dalam susu etawa.

Selain kandungan vitamin dan mineral, juga terdapat kandungan zat besi, dan kalsium, yang tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi bisa untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga tidak heran kalau banyak orang yang berada di usia lanjut atau mereka yang bekerja berat juga mengonsumsi susu kambing etawa untuk menjaga kesehatan tulang sekaligus menjadikannya sebagai susu nyeri sendi.

Meningkatkan fungsi pencernaan

Manfaat susu kambing etawa berikutnya adalah membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Manfaat ini diperoleh dari kandungan prebiotik yang ada pada susu kambing etawa yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Mencegah risiko terjadinya serangan jantung

Dalam susu kambing etawa terdapat kandungan CLA (Conjugated Linoleic Acid) yang merupakan jenis asam lemak omega 6. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa risiko terjadinya penyakit jantung dan risiko terjadinya serangan jantung bisa diturunkan dan dicegah dengan mengonsumsi CLA ini.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam susu kambing etawa memberikan manfaat dapat menjaga kesehatan mata. Ini karena kandungan vitamin A pada susu kambing etawa cukup tinggi.

Itulah beberapa manfaat susu kambing etawa yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya. Salah satu produk susu kambing etawa yang bisa menjadi rekomendasi adalah susu etawarich.

Sebagai informasi, banyak orang yang memilih mengonsumsi susu etawa ini karena berbagai khasiat susu kambing etawarich yang ada di dalamnya. Yuk intip apa saja kandungan, khasiat dan manfaat dari susu kambing etawarich ini.

Susu kambing etawa yang bagus merk apa?

khasiat susu kambing etawarich
Ada banyak susu kambing etawa yang ada di pasaran, salah satunya adalah susu etawarich.
Ada beberapa alasan kenapa orang banyak memilih susu etawarich sebagai susu untuk kesehatan, yaitu:
  1. Susu etawarich terbuat 98% susu kambing etawa yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan tulang.
  2. Susu etawarich tidak berbau prengus karena sudah melalui proses pengeringan dan fortifikasi (proses menambahkan mikronutrien sesuai kebutuhan).
  3. Menggunakan Stevia, yaitu pemanis alami pengganti gula sehingga aman untuk dikonsumsi.
Alasan lainnya adalah susu etawarich ini memiliki kualitas yang baik karena 100% produk Organik, aman dikonsumsi segala usia, susu berkualitas tinggi, nutrisi 3x lebih baik, dan mengandung kalsium yang lebih tinggi. Manfaat susu etawa etawarich akan didapatkan oleh setiap orang yang mengonsumsi produk dengan kualitas terbaik ini.

Kandungan dan Khasiat Susu Kambing etawarich

Susu etawarich dengan berbagai kandungan bahan alami di dalamnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kesehatan tulang dan sendi. Jadi selain sebagai minuman untuk kesehatan tulang dan sendi, susu ini bisa juga dikonsumsi sebagai susu nyeri sendi yang dapat mengatasi masalah nyeri sendi yang Anda rasakan.

Khasiat susu kambing etawarich dapat diperoleh dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam susu etawarich yaitu

1. Susu kambing etawa

Susu kambing etawarich berasal dari susu kambing etawa yang mengandung fosfor, kalsium, sodium dan flourin yang bermanfaat untuk pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh, menurunkan kolesterol, sebagai alternatif susu yang tidak menyebabkan alergi.

Tidak hanya itu, susu ini juga 
bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis dengan adanya kandungan zat besi dan tembaga, serta kalsium.

Khasiat lain yang ada dalam susu kambing etawa adalah dapat membantu memelihara dan regenerasi sistem saraf, menyembuhkan sakit TBC dan Asma, serta bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Kandungan susu kambing selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan bisa dikonsumsi secara rutin agar tulang kuat atau bisa mencegah pengapuran tulang.

2. Gamat

Dalam ekstrak gamat terdapat kandungan gizi tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin. Kandungan ini sangat cocok untuk menjadikan etawarich sebagai susu nyeri sendi untuk mengatasi nyeri sendi yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu, ekstrak gamat juga dapat membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh

3. Kayu Manis

Di dalam kayu manis terdapat kandungan kumarin, kaneelaldehida, dan eugenol yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. 

Kayu manis dalam susu etawa etawarich ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bebebapa di antaranya yaitu untuk menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Bagi tulang, kayu manis memiliki khasiat dapat meringankan rasa sakit saat rematik, mencegah kerusakan jaringan pada persendian, dan mencegah osteolastogenesis.

Selain khasiat tersebut di atas, masih terdapat beberapa khasiat lainnya, yaitu dapat membantu melawan radikal bebas, mencegah terjadinya penyakit jantung dengan menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL, meningkatkan metabolisme, dan mencegah peradangan, serta mengobati infeksi saluran pernapasan.

4. Daun sirsak

Sirsak adalah tanaman yang daunnya mengandung flavanoid. Kandungan ini dipercaya mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.

5. Bee pollen

Kandungan Bee pollen pada susu etawarich memiliki beberapa manfaat seperti menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memelihara fungsi hati, dan menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh dari flavaoid, quercetin, dan glutathione yang terdapat di dalam Bee Pollen.

6. Stevia

Gula Stevia adalah gula yang diperoleh dari tanaman stevia. Gula stevia diplih karena dipercaya lebih menyehatkan bagi tubuh jika dibandingkan dengan gula biasa yang selama ini Anda konsumsi. 

Itulah berbagai kandungan dan khasiat susu kambing etawarich yang perlu Anda ketahui. Mengonsumsinya dengan rutin akan sangat bagi bagi kesehatan tubuh dan tulang. Salah satunya untuk mencegah pengapuran tulang.

Manfaat susu etawa etawarich
susu etawarich

Selain memiliki banyak kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi susu etawarich secara rutin akan memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat susu etawa etawarich yaitu
  1. Memperlancar pencernaan
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Mencegah pengeroposan tulang sehingga bisa dijadikan susu tulang keropos.
  4. Mengatasi permasalahan sistem pernapasan
  5. Menjaga kesehatan sel tubuh
  6. Mencegah pengapuran tulang dan anemia

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu etawarich secara teratur sesuai dengan aturan pakai yang sudah disediakan.

Cara penyajian susu etawarich yang benar

susu kambing etawa
Dalam setiap penyajian makanan dan minuman terdapat aturan saji yang harus diikuti. Saran penyajian dibuat agar orang yang mengonsumsinya dapat mendapatkan manfaat minum susu etawarich secara optimal.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengonsumsi susu etawarich yang benar:
  1. Sediakan gelas kecil untuk menyajikan susu etawarich.
  2. Buka satu sachet susu kambing etawarich dan tuangkan ke dalam gelas.
  3. Tuangkan 120 ml air panas ke bubuk susu di dalam gelas.
  4. Aduk susu dan air di dalam gelas secara merata
  5. Susu kambing etawarich siap untuk dikonsumsi

Yuk hidup sehat susu kambing etawa

Susu kambing etawa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di antara manfaatnya yang didapat dari mengonsumsi susu etawarich adalah memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah pengeroposan tulang, mengatasi permasalahan sistem pernapasan, dan menjaga kesehatan sel tubuh

Bagi Anda yang mendambakan hidup sehat dengan tulang kuat dan bebas nyeri sendi dapat mengonsumsi susu etawarich secara rutin. Susu ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dari anak di atas umur 2 tahun hingga lansia, pekerja kantoran, pekerja berat, dan wanita hamil dapat mengonsumsi susu etawarich karena memiliki kandungan yang sangat berkhasiat.

Susu etawarich ini akan memberikan Anda pengalaman menikmati setiap seduhan susu untuk kesehatan yang berbeda dari biasanya. Hal ini karena susu etawarich terbuat dari 98% susu kambing etawa, tidak bau prengus, dan menggunakan Gula Stevia sebagai pemanis.

Tunggu apa lagi, segera beli dan rasakan manfaat minum susu etawarich secara rutin. Pastikan untuk membelinya distributor resmi etawarich official store di Shopee atau di Tokopedia agar terhindar dari membeli produk palsu.

Selamat menikmati hidup sehat bersama keluarga dengan susu etawarich.

Referensi
https://etawarich.id/
https://etawarich.id/susu-etawa/
https://etawarich.id/susu-kambing-etawa/
https://www.alodokter.com/10-manfaat-susu-kambing-etawa-dan-kelebihannya-dibandingkan-susu-sapi

47 comments

Comment Author Avatar
January 24, 2024 at 2:05 PM Delete
yang aku suka dari susu etawarich ini pakai pemanis alami dari daun stevia. jadi rasa manisnya pas, nggak terlalu pahit dan eneg manisnya seperti pemanis buatan pada umumnya
Comment Author Avatar
January 24, 2024 at 4:08 PM Delete
Belum pernah minum susu kambing Etawarich nih. Kayaknya enak. Usia 30+ butuh kalsium yaa dari susu kambing, biar tulangnya tetap kuat.
Comment Author Avatar
January 24, 2024 at 5:25 PM Delete
Saya udah nyobain susu kambing etawarich ini. Rasanya lezat dan gurih gurih gitu. Dan juga nggak bau prengus. Bahkan istri saya aja malah doyan, padahal dia nggak begitu suka minum susu. Manfaatnya memang banyak dan saya sendiri sudah merasakan khasiatnya secara langsung. Jadi pengen minum lagi deh. Kebetulan stock susu etawarich kemarin langsung ludes, hehehehe.....
Comment Author Avatar
January 24, 2024 at 6:42 PM Delete
susunya nggak bau prengus ya, kayaknya juga hangat karena ada kandungan kayu manis, ini bisa dikonsumsi mulai usia berapa yak, cocok nih untuk pengganti yang nggak bisa konsumsi susu sapi
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 3:27 AM Delete
manfaatnya susu kambing etawa emang nggak main-main ya buat tulang. cuma aku nggak sukanya karena bau prengus.

kalau susu etawarich nggak bau prengus sih makin rajin minum susu kambing etawa aku tuh...
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 5:37 AM Delete
Pantesan ibuku rajin minum susu kambing etawa. Ternyata manfaatnya banyak banget. Hm...aku jadi ikutan minum juga deh kalau begini, biar tetap sehat dan bisa meminimalkan risiko pengeroposan tulang.
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 8:00 AM Delete
Banyak sekali manfaat dari susu kambing ini. Hanya kadang orang tidak suka susu kambing, karena bau khasnya itu. Jadi kalau sudah hilang bau prengusnya, jadi semangat minum susu kambing yang sangat banyak manfaatnya.
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 8:57 AM Delete
kebetulan banget saya di rumah juga menggunakan susu kambing etawa Mas, karena ibu mengkonsumi ini juga karena memang sedang ada masalah di syarafnya, jadi saya pernah nyobain minum, ke badan memang enak sekali, diminum malam hari pas paginya itu kayak segar banget pas bangun itu
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 12:58 PM Delete
Saya juga minum susu kambing etawarich ini dan khasiatnya kalau di saya memang bisa untuk meningkatkan imun. Jadi yang biasanya pilek itu jadi udah nggak pilek lagi kalau kena udara dingin
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 1:55 PM Delete
Nggak nyangka, saya pikir susu kambing itu ya biasa saja. Seperti susu sapi juga. Ternyata pas kemarin baca-baca artikel di Google, susu kambing ini kandungannya lengkap seperti yang Mas Sugi sampaikan. Dan saya juga dapat artikel yang bilang kalau kandungan kalsium dan protein pada susu kambing lebih besar dari susu sapi Mas Sugi.
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 3:15 PM Delete
Manfaat dari konsumsi Susu etawarich ini bikin daya tahan tubuh baik, tulang dan sendi juga baik. Gaya hidup sehat dengan membiasakan minum minimal 1x sehari segelas Susu etawarich.
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 5:25 PM Delete
Susu kambing etawarich ini ternyata banyak banget manfaatnya yah, jadi pengen nyobain juga.
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 6:07 PM Delete
Ciamik ini ada kandungan daun sirsak sama kayu manisnya juga, bakalan jadi seger deh ya setelah mengonsumsinya.
Cuss jaga tulang sama sendi biar tetep bugar karena jadi aset masa depan
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 6:38 PM Delete
Karena kanfungan kalorinya yang kecil pergrlad 130 kalori, tentu saja susu kambing etawa etawarich ini bisa jadi sarana diet yaa. Saya biasa minum susu kambing etawa di malam hari sebsgsi ganti makan malam. Mengenyangkan dan menyehatkan.
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 7:22 PM Delete
wah mantap etawarich nih, buat orang-orang yang cukup sensitf dengan bau dan menemukan sukam yang anti bau prengus gini sangat bersyukur sekali. Apalagi sukam etawa banyak manfaatnya kan ya
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 8:28 PM Delete
Bener lho ini, susu etawarich ini sama sekali nggak prengus. Mana bikinnya praktis juga. Susunya udah dikemas untuk satu kali penyajian gitu. Trus rasanya juga enak
Comment Author Avatar
January 25, 2024 at 10:50 PM Delete
Saya sudah habis dua box
Ini mau re-order lagi karena lumayan tidak bikin pegal saat haid juga
Pastinya harga lumayan kudu nabung juga, hehe
Comment Author Avatar
January 26, 2024 at 9:26 AM Delete
Udah lama sih dengar berbagai manfaat dari susu kambing Etawa. Tapi aku belum pernah nyobain. Next boleh juga nih cobain susu kambing etawa dari etawarich☺
Comment Author Avatar
January 26, 2024 at 9:03 PM Delete
Lho asal usul kambingnya aku baru tau. Unik ya. Wah manfaatnya banyak bgt apalagi bagus buat tulang. Wajib dikonsumsi rutin sih ini. Biar selalu sehat bugar.
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 8:07 AM Delete
Kandungan etawarich banyak banget, lengkap. Selain susu ya memang udah bergizi, ditambah gamat, bee pollen, sirsak. Baru tahu kalau dalemnya bentuk sachet. Kirain sendok takar gitu. Sip...bagus nih, jadi produknya tetap bagus.
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 8:41 AM Delete
Karena terbuat dari 98% susu kambing murni dan beragam kandungan yang kaya manfaat, maka susu etawarich ini jadi rekomended untuk kesehatan ya, Kang. Apalagi tidka bau prengus. Jadi nyaman dikonsumsi.
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 12:14 PM Delete
Wah enak sekali disuguhi susu etawarich yang banyak manfaatnya 🤤 emang diumur segini harus lebih aware lagi sama kesehatan tulang biar nggak gampang sakit apalagi mengeluhkan nyeri sendi.
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 12:15 PM Delete
Wah seru banget sihh bertamu dapet suguhan susu kambing etawa hehehe. Tapi emang susu kambing etawa banyak banget manfaatnya buat menjaga kesehatan tubuh dan tulang. Apalagi etawarich nih, bisa banget bantu meningkatkan imun tubuh. Apalagi ngga bau prengus juga, anak2 bakal suka.
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 1:26 PM Delete
Saya bersyukur sudah ada susu kambing etawarich ini. Beneran jadi solusi buat yang gak suka bau prengus kambing.
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 2:49 PM Delete
Ga bau prengus utamanya susu kambing etawa sih. Etawarich kayaknya ga seprengus yg lain. Aku juga udah nyoba hehe
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 6:51 PM Delete
Susu kambing etawa emang enggak diragukan lagi sih, dulu pak suami pas kena HMP selain berobat ke medis juga konsumsi susu kambing etawa. Alhamdulillah sudah sehat kembali. Bisa dicoba nih kapan² produk ini untuk menjaga kesehatan
Comment Author Avatar
January 27, 2024 at 9:55 PM Delete
Sedari dulu memang susu kambing etawa ini banyak khasiatnya, cuma ya itu bau prengus. Untung banget sudah ada etawarich ya, jadi khasiatnya dapat dan tidak berbau.
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 1:41 AM Delete
Susu kambing etawa memang pilihan yang oke untuk menjaga kesehatan, apalagi dengan segudang nutrisi yang dikandungnya. Selain bikin tulang kuat, ternyata bisa juga ngebantu dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Jadi, semakin mantap deh buat jadi pilihan minuman sehat sehari-hari. 🐐🥛
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 6:14 AM Delete
Bener-bener kaya manfaat ya susu etawarich ini. Apalagi buat yang bermasalah dengan nyeri sendiri sepertiku :))
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 7:57 AM Delete
Selain jadi tahu tentang berbagai manfaat yang bisa didapat tubuh ketika rutin mengonsumsi Susu Kambing Etawa, senang banget karena saya jadi dapat pengetahuan baru tentang asal mula nama Kambing Etawa. Rupanya si kambing ini tinggal di daerah Etawah yang ada di Uttar Pradesh India. Kukira tadinya dari kawasan Asia Timur. Hihihi ... taunya aku salah paham.
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 1:55 PM Delete
Kebetulan saya akhir ini sering ngalamin nyeri sendi, mau langsung cobain Etawarich ah semoga bisa cepat sembuh
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 2:25 PM Delete
wah mantap nih susu kambing etawarich bisa juga buat yang kena nyeri sendi. bisa dicoba nih produknya buat menjaga kesehatan tulang dan sendi kita
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 3:18 PM Delete
Memang ya susu etawarich ini menurutku sesuai klaim semua. Kalau aku rutn konsumsi bisa agak ngurangi pilek alergi karena udara dingin atau debu
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 4:30 PM Delete
Susu kambing etawa ini selain punya banyak manfaat, juga bisa jadi minuman susu keluarga yaa karena bisa di konsumsi dari anak 2 tahun sampai lansia
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 4:58 PM Delete
Susu kambing memang terkenal punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh ya mas
Wajib konsumsi sehari hari agar tubuh sehat
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 6:47 PM Delete
susu etawarich, ternyata banyak banget manfaatnya. Pas banget aku memang lagi nyari susu untuk konsumsi sehari-hari karena masalah lambung kronis neh, sedikit banyak makan langsung berasa sesak
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 7:35 PM Delete
Banyak banget ya khasiat dari susu etawarich ini terutama buat jaga kesehatan sendi dan tulang. Plusnya lagi kalau konsumsi susu kambing etawarich gak perlu khawatir ya dengan baunya karena nggak ada bau prengus sama sekali
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 8:29 PM Delete
Susu etawarich sebagai susu kambing etawa memang bisa diandalkan sebagai susu untuk kesehatan. Yang paling penting itu rasanya harus enak dan nggak eneg serta bau prengus.
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 9:10 PM Delete
Banyak banget ya kang manfaat minum susu kambing etawarich ini. Mulai dari tulang hingga mencegah kolesterol. Kayaknya masalah penyakit orangtuanya bisa dicegah bahkan diobati dengan susu kambing etawarich ini deh. Mantap banget susu kambing etawarich ini. Manfaatnya nggak kaleng2.
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 9:16 PM Delete
asyikkk ada susu kambing yang gak bau prengus. Tantangan banget minum susu yang aromanya menyengat. Apalagi ada kandungan gula stevia nih
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 9:31 PM Delete
Saya juga suka konsumsi susu etawarich ini kak soalnya gak bau prengus dan rasa manis dari gula stevianya pas. Udah gitu lebih praktis juga buat bikinnya karena dikemas lagi per sachet
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 10:41 PM Delete
Diriku kayaknya harus mulai rajin konsumsi etawarich nih, sebelum terlambat nanti kena tulang keropos dan nyeri sendi.
Comment Author Avatar
January 28, 2024 at 11:50 PM Delete
setelah beberapa kali nyobain produk susu etawa, kok terasa badan lebih enak dan nyaman, sepertinya khasiat dari etawa utk kesehatan emang terbukti nih, jadi gk gampang lemas juga,
Comment Author Avatar
January 29, 2024 at 12:34 AM Delete
waah bisa juga nih nanti saya sediakan etawarich buat tamu, sekalian promo gitu ya, eh, hahahaha. gak lah, tamu saya kebanyakan juga pasti teman sebaya yang seusia yang sama-sama punya masalah yang sama katena faktor U, yaitu nyeri sendi
Comment Author Avatar
January 29, 2024 at 12:34 AM Delete
waah bisa juga nih nanti saya sediakan etawarich buat tamu, sekalian promo gitu ya, eh, hahahaha. gak lah, tamu saya kebanyakan juga pasti teman sebaya yang seusia yang sama-sama punya masalah yang sama katena faktor U, yaitu nyeri sendi
Comment Author Avatar
January 29, 2024 at 3:35 AM Delete
minum susu kambing secara rutin tuh bisa berpengaruh pada kesehatan tulang ya.. wanita usia 30an dan lansia sepertinya bagus nih minum susu etawa :D
Comment Author Avatar
January 29, 2024 at 7:51 PM Delete
Semoga kakinya gak keseleo lagi ya Kak.

Minum susu emang bagus buat kesehatan. Apalagi susu kambing Etawarich bener2 bisa jaga stamina dan memperkuat tulang. Plus bergizi tinggi.