5 Tips Waterproofing Dak Beton Rooftop untuk Hindari Bocor

Table of Contents
Waterproofing dak beton
https://www.pexels.com/photo/white-and-black-couch-2972890/
Rooftop dengan waterproofing dak beton menjadi salah satu tren dalam sebuah bangunan saat ini. Ada banyak bangunan yang menggunakan jenis atap ini. Penggunaan atap seperti ini bisa memperluas ruang pada sebuah bangunan karena memungkinkan area rooftop untuk dimanfaatkan secara optimal.

Namun penting sekali untuk memperhatikan dengan cermat proses pembuatan atap dak beton seperti ini. Atap dak beton harus dibuat dengan proses yang tepat dan menggunakan material yang berkualitas. Selain itu, perlu juga dilakukan pelapisan kedap air untuk mencegah rembes air dan kebocoran.

Tips Waterproofing Dak Beton yang Efektif

Proses pelapisan material anti-air ini akan membantu atap dak beton terhindar dari bocor dan rembesan air. Selain itu, proses ini juga akan membuat atap bertahan lebih lama sehingga menjaga kualitas bangunan. Demi mendapatkan hasil optimal, berikut ini beberapa tips pelapisan kedap air atap dak beton yang bisa diterapkan:

1. Bersihkan Permukaan Area Dak Beton

Pertama, perlu dilakukan proses pembersihan pada permukaan area dak beton. Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel di bagian permukaan. Tujuannya agar material anti-air yang akan diaplikasikan ke permukaan bisa merata.

Tahap ini termasuk ke dalam bagian persiapan demi mendapatkan hasil pengaplikasian yang sempurna. Tidak hanya debu, proses ini juga akan membantu membersihkan minyak yang menempel di permukaan dak beton.

Debu dan minyak yang tidak dibersihkan nantinya bisa mengganggu proses pelapisan material anti-air. Meskipun sudah dilapisi anti-air, bisa saja hasilnya kurang optimal karena tidak menempel sempurna. Oleh sebab itu harus dilakukan pembersihan dengan sebaik mungkin.

2. Gunakan Fungicidal Wash

Selanjutnya ada pengaplikasian fungicidal wash. Ini merupakan cairan yang dipakai untuk membersihkan jamur, bakteri, serta lumut. Pemakaian bahan ini sebenarnya untuk menyempurnakan proses pembersihan yang sudah dibahas di tahap sebelumnya.

Pembersihan biasa mungkin tidak akan menghilangkan bakteri, jamur, maupun lumut yang menempel di permukaan dak beton. Padahal semua hal tersebut bisa menghalangi permukaan dak beton saat dilakukan proses pelapisan dengan material anti-air.

Pastikan untuk memakai produk fungicidal wash yang memang aman untuk digunakan. Selain itu pemakaiannya juga harus sesuai dengan aturan atau petunjuk yang tersedia. Tujuannya agar bahan ini tidak menimbulkan kerusakan dan bisa memberi hasil yang optimal.

Waterproofing
https://www.freepik.com/free-photo/empty-floor-modern-architectural-passageway_1175810.htm

3. Pakai Bahan Waterproofing Terbaik

Usahakan untuk memakai bahan pelapis anti-air yang berkualitas tinggi. Anda bisa saja menemukan banyak pilihan material pelapis anti-air namun tidak semuanya berkualitas. Bahan yang tidak berkualitas bagus tidak akan memberi perlindungan yang tahan lama.

Dalam hal ini usahakan untuk menggunakan bahan yang bisa menghasilkan waterproofing membrane kuat dan tahan lama terhadap air. Selain itu pastikan material tersebut mudah untuk diaplikasikan. Kemudahan pengaplikasian ini sangat penting untuk dipertimbangkan agar proses pelapisan lebih efektif.

Pastikan juga bahan tersebut aman untuk dipakai atau sudah teruji non-toksik. Ini juga tidak kalah penting untuk menjaga keamanan lingkungan di sekitarnya. Itulah mengapa sangat penting untuk menilai kualitas produk secara lengkap bahkan sampai ke kandungan bahannya apakah aman atau tidak.

4. Lakukan Pengecekan Ulang untuk Memastikan Dak Beton Aman

Tips berikutnya yang dapat dilakukan adalah mengecek kembali untuk memastikan apakah dak beton aman atau tidak. Pengecekan kembali ini sering sekali dilewatkan padahal sangat penting untuk dilakukan. Melalui proses ini bisa diketahui apakah proses pelapisan sudah sempurna atau belum.

Jika proses pelapisan dilakukan asal-asalan dan tidak diperiksa ulang, maka bisa jadi ada bagian yang belum terlapisi dengan sempurna. Bahkan bisa saja ada bagian yang masih mengalami rembes air dan kebocoran. Itulah mengapa harus dipastikan kembali lewat proses pengecekan ulang.

Ke depannya juga sangat disarankan untuk memeriksa kondisi dak beton rooftop secara berkala. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran. Jika ada bagian yang ditemukan rembes maka bisa langsung dilakukan tindakan sehingga tidak berlanjut ke kondisi yang lebih parah.

5. Gunakan Jasa Berpengalaman

Sebaiknya jangan mengerjakan sendiri proses waterproofing dak beton sendirian. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman apapun mengenai proses ini. Tentu akan jauh lebih baik dan efektif jika Anda bisa menggunakan jasa yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

Selain hemat waktu dan tenaga, hal ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan proses pelapisan anti-air. Tenaga ahli yang berpengalaman pasti bisa mengaplikasikan material ini dengan cara yang tepat dan hasilnya lebih optimal. Anda pun bisa mendapatkan hasil yang sempurna dengan waktu yang efisien.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat dipahami bahwa kebocoran atap dak beton bisa dihindari, asalkan menerapkan pembersihan permukaan area, menggunakan fungicidal wash, mengaplikasikan pelapis kedap air terbaik, mengecek ulang, hingga mengandalkan jasa berpengalaman.

Bicara tentang pelapis kedap air, Sikalastic®-590 Deckseal bisa menjadi pilihan produk yang tepat untuk melindungi atap dak beton. Produk ini berfungsi sebagai pelapis kedap air untuk konstruksi yang baru maupun perbaikan. Produk ini cocok untuk atap-atap berbentuk detail dan kompleks serta akses yang terbatas.

Sikalastic®-590 Deckseal menawarkan ketahanan yang baik terhadap air tergenang dalam jangka waktu yang tertentu, sambil tetap tahan terhadap sinar UV, yellowing, dan cuaca.

Selain itu, produk waterproofing dak beton ini mempunyai elastisitas yang tinggi dan kemampuan untuk menutupi retakan. Tidak hanya itu, formulanya tidak beracun dan sesuai dengan persyaratan VOC untuk lapisan berbasis air, serta tersedia dalam bentuk satu komponen yang siap untuk diaplikasikan.

Dengan daya rekat yang baik untuk permukaan yang berpori maupun yang tidak berpori, pelapis ini juga menjamin kedap air dengan permukaan yang mulus tanpa ada sambungan, sambil memungkinkan pelepasan uap air dari permukaan ke udara.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan Sikalastic®-590 Deckseal guna mencegah kebocoran! Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Selain itu, Sika sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan telah menangani beragam proyek global. Salah satunya yakni proyek Pertambangan Grasberg di Papua. Penasaran tentang detail produk waterproofing dak beton dari Sika? Klik di sini!

Post a Comment