5 Tips Waterproofing Dak Beton Rooftop untuk Hindari Bocor

Table of Contents
Waterproofing dak beton
https://www.pexels.com/photo/white-and-black-couch-2972890/
Punya rumah memiliki rooftop? Pasti menjadi dambaan. Rooftop dengan waterproofing dak beton menjadi salah satu tren dalam sebuah bangunan saat ini. Ada banyak bangunan yang menggunakan jenis atap ini. Penggunaan atap seperti ini bisa memperluas ruang pada sebuah bangunan karena memungkinkan area rooftop untuk dimanfaatkan secara optimal.

Dalam proses pembuatan atap dak beton seperti ini, dibutuhkan perhatian khusus dan kecermatan baik dalam perhitungan maupun perencanaan. Atap dak beton harus dibuat dengan proses yang tepat dan menggunakan material yang berkualitas. Selain itu, perlu juga dilakukan pelapisan kedap air untuk mencegah rembes air dan kebocoran.

Tips Waterproofing Dak Beton yang Efektif

Proses pelapisan material anti-air ini akan membantu atap dak beton terhindar dari bocor dan rembesan air. Selain itu, proses ini juga akan membuat atap bertahan lebih lama sehingga menjaga kualitas bangunan. Demi mendapatkan hasil optimal, berikut ini beberapa tips pelapisan kedap air atap dak beton yang bisa diterapkan:

1. Bersihkan Permukaan Area Dak Beton

Pertama, perlu dilakukan proses pembersihan pada permukaan area dak beton. Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel di bagian permukaan. Tujuannya agar material anti-air yang akan diaplikasikan ke permukaan bisa merata.

Tahap ini termasuk ke dalam bagian persiapan demi mendapatkan hasil pengaplikasian yang sempurna. Tidak hanya debu, proses ini juga akan membantu membersihkan minyak yang menempel di permukaan dak beton.

Debu dan minyak yang tidak dibersihkan nantinya bisa mengganggu proses pelapisan material anti-air. Meskipun sudah dilapisi anti-air, bisa saja hasilnya kurang optimal karena tidak menempel sempurna. Oleh sebab itu harus dilakukan pembersihan dengan sebaik mungkin.

2. Gunakan Fungicidal Wash

Selanjutnya ada pengaplikasian fungicidal wash. Ini merupakan cairan yang dipakai untuk membersihkan jamur, bakteri, serta lumut. Pemakaian bahan ini sebenarnya untuk menyempurnakan proses pembersihan yang sudah dibahas di tahap sebelumnya.

Pembersihan biasa mungkin tidak akan menghilangkan bakteri, jamur, maupun lumut yang menempel di permukaan dak beton. Padahal semua hal tersebut bisa menghalangi permukaan dak beton saat dilakukan proses pelapisan dengan material anti-air.

Pastikan untuk memakai produk fungicidal wash yang memang aman untuk digunakan. Selain itu pemakaiannya juga harus sesuai dengan aturan atau petunjuk yang tersedia. Tujuannya agar bahan ini tidak menimbulkan kerusakan dan bisa memberi hasil yang optimal.

Waterproofing
https://www.freepik.com/free-photo/empty-floor-modern-architectural-passageway_1175810.htm

3. Pakai Bahan Waterproofing Terbaik

Usahakan untuk memakai bahan pelapis anti-air yang berkualitas tinggi. Anda bisa saja menemukan banyak pilihan material pelapis anti-air namun tidak semuanya berkualitas. Bahan yang tidak berkualitas bagus tidak akan memberi perlindungan yang tahan lama.

Dalam hal ini usahakan untuk menggunakan bahan yang bisa menghasilkan waterproofing membrane kuat dan tahan lama terhadap air. Selain itu pastikan material tersebut mudah untuk diaplikasikan. Kemudahan pengaplikasian ini sangat penting untuk dipertimbangkan agar proses pelapisan lebih efektif.

Pastikan juga bahan tersebut aman untuk dipakai atau sudah teruji non-toksik. Ini juga tidak kalah penting untuk menjaga keamanan lingkungan di sekitarnya. Itulah mengapa sangat penting untuk menilai kualitas produk secara lengkap bahkan sampai ke kandungan bahannya apakah aman atau tidak.

4. Lakukan Pengecekan Ulang untuk Memastikan Dak Beton Aman

Tips berikutnya yang dapat dilakukan adalah mengecek kembali untuk memastikan apakah dak beton aman atau tidak. Pengecekan kembali ini sering sekali dilewatkan padahal sangat penting untuk dilakukan. Melalui proses ini bisa diketahui apakah proses pelapisan sudah sempurna atau belum.

Jika proses pelapisan dilakukan asal-asalan dan tidak diperiksa ulang, maka bisa jadi ada bagian yang belum terlapisi dengan sempurna. Bahkan bisa saja ada bagian yang masih mengalami rembes air dan kebocoran. Itulah mengapa harus dipastikan kembali lewat proses pengecekan ulang.

Ke depannya juga sangat disarankan untuk memeriksa kondisi dak beton rooftop secara berkala. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran. Jika ada bagian yang ditemukan rembes maka bisa langsung dilakukan tindakan sehingga tidak berlanjut ke kondisi yang lebih parah.

5. Gunakan Jasa Berpengalaman

Sebaiknya jangan mengerjakan sendiri proses waterproofing dak beton sendirian. Apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman apapun mengenai proses ini. Tentu akan jauh lebih baik dan efektif jika Anda bisa menggunakan jasa yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

Selain hemat waktu dan tenaga, hal ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan proses pelapisan anti-air. Tenaga ahli yang berpengalaman pasti bisa mengaplikasikan material ini dengan cara yang tepat dan hasilnya lebih optimal. Anda pun bisa mendapatkan hasil yang sempurna dengan waktu yang efisien.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat dipahami bahwa kebocoran atap dak beton bisa dihindari, asalkan menerapkan pembersihan permukaan area, menggunakan fungicidal wash, mengaplikasikan pelapis kedap air terbaik, mengecek ulang, hingga mengandalkan jasa berpengalaman.

Bicara tentang pelapis kedap air, Sikalastic®-590 Deckseal bisa menjadi pilihan produk yang tepat untuk melindungi atap dak beton. Produk ini berfungsi sebagai pelapis kedap air untuk konstruksi yang baru maupun perbaikan. Produk ini cocok untuk atap-atap berbentuk detail dan kompleks serta akses yang terbatas.

Sikalastic®-590 Deckseal menawarkan ketahanan yang baik terhadap air tergenang dalam jangka waktu yang tertentu, sambil tetap tahan terhadap sinar UV, yellowing, dan cuaca.

Selain itu, produk waterproofing dak beton ini mempunyai elastisitas yang tinggi dan kemampuan untuk menutupi retakan. Tidak hanya itu, formulanya tidak beracun dan sesuai dengan persyaratan VOC untuk lapisan berbasis air, serta tersedia dalam bentuk satu komponen yang siap untuk diaplikasikan.

Dengan daya rekat yang baik untuk permukaan yang berpori maupun yang tidak berpori, pelapis ini juga menjamin kedap air dengan permukaan yang mulus tanpa ada sambungan, sambil memungkinkan pelepasan uap air dari permukaan ke udara.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan Sikalastic®-590 Deckseal guna mencegah kebocoran! Anda tidak perlu ragu menggunakan produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Selain itu, Sika sudah telah menangani beragam proyek global dan memiliki pengalaman selama 113 tahun di bidangnya. Salah satunya yakni proyek Pertambangan Grasberg di Papua. Penasaran tentang detail produk waterproofing dak beton dari Sika? Klik di sini!

25 comments

Comment Author Avatar
June 14, 2024 at 4:04 PM Delete
Benar juga. Untuk memasang lapisan kedap air memang harusnya kita bersihkan dulu lapisannya. Biar saat pemasangan tidak ada yang menghalangi. Tentunya ini akan membuat lapisan kedap airnya lebih awet.
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 8:48 AM Delete
Sikalastic®-590 Deckseal ini rekomended untuk melapis bangunan dari air ya. Produk pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia dan sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 12:47 PM Delete
Sering banget menemukan atap yang bocor pas hujannya lebat, mungkin masalahnya sama ya kak, harus dibersihkan dulu dan utamanya milih bahan yang berkualitas serta tahan air.
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 4:33 PM Delete
Meskipun telah dilakukan waterproofing, dak beton tetap membutuhkan perawatan berkala untuk menjaga fungsinya. Lakukan pemeriksaan rutin. jangan lupa untuk bersihkan permukaan dak beton dari kotoran atau lumut yang dapat menyumbat saluran air. Lakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan pada lapisan waterproofing.
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 5:32 PM Delete
Kalau pakai bahan pelapis anti-air, jadinya semisal pas hujan gak bocor ya . Bagus ini punya dak yang waterproofing ini, apalagi buat di rumah
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 5:44 PM Delete
Saat pengerjaan dak beton ini, memang jangan asal-asalan. Karena harus kuat juga harus anti bocor. kalau terutama soal watwrproofing. Jadi lebih baik sekalian menggunakan bahan-bahan berkualitas. Kalau perlu pakai jasa yang berpengalaman.
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 7:34 PM Delete
Wah penting banget agar dak beton bebas bocor. Rooftop memang bisa dijadiin tempat ternyaman di rumah
Comment Author Avatar
June 15, 2024 at 10:23 PM Delete
Kalau saya lebih memilih untuk menggunakan jasa berpengalaman untuk mengerjakannya. Tapi sebagai owner kita bisa ikut andil dengan menentukan material yang akan digunakan, seperti memilih menggunakan Sikalastic®-590 Deckseal sebagai pelapis anti bocornya
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 5:11 AM Delete
Nah ini, akhirnya ketemu juga tips yang ok. Lha dak beton kok ya bocor, 'kan lucu. Semoga dengan menggunakan Sikalastic®-590 Deckseal ini bocornya segera teratasi.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 12:05 PM Delete
Percayakan saja pada Sika yaa karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. 113 tahun bukan waktu yang sebentar untuk jadi andalan. Solusi banget buat rumahnya yang suka bocor nih.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 2:53 PM Delete
wah iya nih, memastikan dak beton aman dan tidak bocor ternyata nggak bisa sembarangan ya. kalau bisa malah serahkan saja pada ahlinya, biar yakin aman
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 6:15 PM Delete
Ternyata memang ada ya pelapis buat dak beton biar gak bocor. Harusnya juga pake jasa profesional, biar gak asal pasang.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 7:22 PM Delete
Baca poin-poin awal langsung terpikir untuk melapisi dak atas dengan waterproofing. Bisalah dikerjakan sendiri. Ehhhh, pas sampai poin lima aku cuma bisa nyengir.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 8:24 PM Delete
Pernah baca tentang Sikalastic®-590 Deckseal ini untuk waterproofing dak beton. Hasilnya memang bagus, cuma memang kalo ngga punya pengalaman bisa pakai orang lain buat ngerjain
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 8:47 PM Delete
Persoalan dak beton yang bocor itu meresahkan. Apalagi kalau udah musim hujan. Perlu banget memang menggunakan waterproofing beton yang baik.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 8:51 PM Delete
Tipsnya berguna nih buat orang awam kayak diriku. Jd tahu gambarannya kalau mau nge-dak. Dan memang yg paling penting cari jasa yg berpengalaman. Biar hasilnya oke ga abal2.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 9:23 PM Delete
Telat nih baca artikslnya, baru kemarin bebenah atap yg rembes. Mantap nih rekomendasinya.. pemilihan tukang dan material emang penting bgt ya
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 10:49 PM Delete
Penggunaan dak beton untuk rooftop mempunyai banyak fungsi. Kalo aku sendiri punya rooftop model seperti ini, aku manfaatin buat berkebun. Tapi bener juga kita harus benar-benar memperhatikan bahan yang kita gunakan Agar tidak terjadi kebocoran.
Comment Author Avatar
June 16, 2024 at 11:51 PM Delete
Akutu salut sama tukang-tukang yang belajarnya otodidak.
Kalau tau tipsnya agar dak beton gak mudah bocor, kudu banget mengerjakannya dengan teliti dan tau tips-tips di atas. Termasuk menggunakan bahan pelapis kedap air, Sikalastic®-590 Deckseal yang aman dan cegah kebocoran tahan lama.
Comment Author Avatar
June 17, 2024 at 2:41 AM Delete
Semenjank nikah, jadi paham kalau tembok waterproffing itu bagus dan mencegah dari kerusakan-kerusakan bangunan rumah di kemudian hari
Comment Author Avatar
June 17, 2024 at 3:05 AM Delete
Walau bisa pasang sendiri, dak beton gini emg harus pake jasa profesional ya kang. Kalo salah malah bikin rumah kebocoran mulu tuh. Apalagi skrg msh ada tuh hujan kiriman. Jgn sampe deh ntr bocor mulu rumahnya hny krn salah pilih waterproof dak betonnya.
Comment Author Avatar
June 17, 2024 at 5:38 AM Delete
Kemarin sempat takut mau ngedak, karena khawatir bocor dan jamuran. Ternyata ada tipsnya, diterapkan fungicidal wash dan mengaplikasikan pelapis kedap air terlebih dahulu ya. Wah iya sih untuk pelapis kedap air harus yang terbaik.
Comment Author Avatar
June 17, 2024 at 1:13 PM Delete
Yang sering kelewatan fungicidal wash itu biasanya n bikin bangunan keliatan kusam ditumbuhi jamur n lumut
Comment Author Avatar
June 17, 2024 at 9:26 PM Delete
waah baru tahu ada yang namanya fungicidal wash, jadi beneran bersih ya, kalau kemudian dikasih pelapis antibocor dijamin anti bocor betulan..
Comment Author Avatar
June 19, 2024 at 5:29 AM Delete
perlu banget memilih material yang bagus dan kuat ubtuk dak beton rooftop dan ditambahkan lapisan kedap air yang bikin gak mudah bocor