PAFI Hadir dengan PAFI Lanny Jaya Jangkau Papua

Table of Contents
Kesehatan adalah bidang penting dalam kehidupan yang perlu mendapatkan perhatian bersama. Perhatian besar pemerintah terhadap program kesehatan sangatlah besar. Namun demikian tetap membutuhkan sinergi, kolaborasi, dan peran serta dari berbagai pihak.

Untuk mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan ini Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) hadir dengan berbagai program kesehatan. Ini merupakan bentuk komitmen dari para ahli farmasi dalam mewujudkan Indonesia sehat.

Sebelum membahas bagaimana kontribusi PAFI dalam kesehatan di Indonesia dan seberapa luas jangkauannya, yuk kita simak ulasan sejarah PAFI.

apa itu pafi?

Apa itu PAFI?

PAFI merupakan akronim dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. PAFI adalahPAFI adalah sebuah organisasi profesi yang anggotanya adalah orang-orang yang aktivitas atau profesinya dalam bidang farmasi.

PAFI merupakan sebuah wadah untuk memfasilitasi terhubungnya orang-orang yang berprofesi di bidang farmasi agar bisa bersama memajukan profesinya. Tidak hanya itu, melalui PAFI ini diharapkan juga mampu berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa khususnya dalam bidang kesehatan dan farmasi di masyarakat.

Meskipun baru banyak dikenal masyarakat umum baru-baru ini, namun kenyataannya PAFI bukanlah organisasi yang baru muncul. Bahkan kiprahnya dalam pembangunan bangsa melalui dunia kesehatan sudah terlaksana sejak lama.

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia pertama kali dibentuk pada 13 Februari 2024. Organisasi yang berazaskan Pancasila dan bersifat kekaryaan dan pengabdian ini pertama kali didirikan di Yogyakarta.

Tujuan Didirikannya PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia


Secara umum tujuan dari didirikannya PAFI adalah ikut serta dalam pembangunan bangsa Indonesia. Tujuan ini berangkat dari peran pada ahli farmasi yang bahu membahu berjuang bersama semua golongan masyarakat untuk lepas dari penjajahan. Berjuang demi meraih kemerdekaan sehingga bisa terwujud masyarakat yang sejahtera.

Melansir dari laman resmi PAFI, secara khusus tujuan dari didirikannya PAFI sebagaimana ditetapkan bersama oleh pengurus dan anggota PAFI yaitu
  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan Farmasi Indonesia, dan
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota.
Tujuan yang telah ditetapkan bersama itu kemudian menjadi bagian dari cetak biru organisasi dalam menentukan program kerja yang memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebaran PAFI di Nusantara

Komitmen PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan umum melalui kesehatan ditunjukkan dengan membentuk PAFI di berbagai daerah. Ini dilakukan untuk menjawab tantangan dunia global yang semakin kompleks.

PAFI yang berkantor Pusat di Jakarta, saat ini memiliki banyak perwakilan yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Ada PAFI Aceh, PAFI Jawa Tengah, PAFI Jawa Timur, hingga di Papua pun ada, salah satunya adalah PAFI Lanny Jaya.

Keberadaan berbagai perwakilan PAFI di berbagai daerah, tidak hanya di provinsi namun hingga ke Kabupaten/Kota ini sangat membantu dalam pemercepatan program kesehatan di Indonesia. Baik dalam bentuk sosialisasi, edukasi, maupun aksi nyata dalam bidang kesehatan.

Program Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

PAFI dalam menjalankan programnya tidak hanya berdasarkan pada agenda kerja yang sudah ditetapkan. PAFI juga menyelaraskan program kerjanya dengan program kwsehatan yang dilaksanakan oleh pemeeinta.

Berbagai program yang dilakukan oleh PAFI di masyarakat di antara lain

Bakti Sosial

Dalam rangka melaksanakan tanggung jawab sosial di masyarakat, PAFI menyelenggarakan berbagai kegiatan melalui bakti sosial. Beberapa kegiatan bakti sosial itu berupa pemberian sembako bagi masyatakat, bakti sosial atau bakso pemberian bantuan Al Quran, dan juga pemeriksaan kesehatan gratis.

Seminar dan Webinar

Dalam rangka meningkatkan kemampuan setiap SDM dalam bidang farmasi, PAFI juga menyelenggarakan kegiatan seminar atau webinar secara berkala.

Sosialisasi program kesehatan

Dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan program kesehatan pemerintah, PAFI di berbagai wilayah ikut hadir dan bekerja sama dengan instansi terkait.

Ini dilakukan dengan ikut serta menyampaikan program pemerintah terkini dengan melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Seperti sosialisasi dan edukasi terkait imunisasi HPV yang baru-baru ini dilakukan di berbagai perwakilan PAFI di beberapa wilayah.

PAFI Menjangkau Daerah Terpencil Hingga Lanny Jaya

Kabupaten Lanny Jaya adalah sebuah Kabupaten yang berada di ujung timur Indonesia, yaitu di Papua. Untuk menjangkau daerah terpencil dan mempercepat penyampaian informasi kesehatan serta seputar farmasi, PAFI kini hadir di Lanny Jaya yang dikenal dengan Pafi Lanny Jaya.

PAFI Lanny Jaya berada di Kondena, Kecamatan Makki, Kabupaten Lanny Jaya Papua. Keberadaan PAFI di Lanny Jaya ini diharapkan dapat menjadi pendukung dari pilar kesehatan, khususnya mewujudkan masyarakat yang sehat dan mendapatkan informasi yang tepat. Informasi lebih lengkap seputar PAFI Lanny Jaya dapat diperoleh dengan mengunjungi halaman resminya di pafilannyjaya.

Post a Comment